Halo sobat, Tak sedikit dari kita pernah merasakan minder karena bau badan, terutama bau ketiak. Dan perlu cara jitu menghilangkan bau ketiak agar kamu bisa beraktivitas dengan nyaman.

Tapi tahukan kamu jika bau ketiak itu berasal dari bakteri yang ada di kulit ketika bakteri tersebut memecah protein dari keringat.

Dan ketiak yang lembab adalah tempat yang sangat rentan dengan bakteri. Dan sebenarnya seseorang memiliki bau tubuh alami hanya saja jika tidak sedap. Beuh menggangu! Bukan hanya orang lain tapi juga diri sendiri.

Berbagai cara jitu menghilangkan bau ketiak tidak sedap sering bermunculan di internet, entah itu menggunakan bahan alami ataupun dengan metode tradisional.

Tapi tak semua cara dapat kamu lakukan. Nah, kami dari ilmusaku.com telah menyiapkan untuk kamu cara untuk menghilangkan bau ketiak tidak sedap secara alami dan mudah. Pokoknya wajib di coba deh !

7 Cara jitu menghilangkan Bau Ketiak Tidak Sedap

Rajin Mandi, Paling Tidak Dua Kali Sehari

Cara jitu menghilangkan bau ketiak
sumber : Kohler.co.uk

Tips yang pertama adalah Mandi. Yap, banyak orang yang menyepelekan mandi, tapi dengan kamu mandi tepat waktu apalagi menggunakan sabun antibakteri, kamu dapat mengurangi bau badan alami mu dan akan membuat ketiak mu jadi lebih segar hingga tak perlu berkeringat.

Intensitas berapa kali kamu mandi tersebut tidak perlu harus ketat. Hanya saja kamu harus lebih sering mandi setelah melakukan banyak kegiatan yang berkeringat dan bergerak atau beraktivitas.

Apalagi bagian ketiak adalah bagian paling mudah untuk berkeringat dan lembab. Jika tidak segera kita bersihkan maka bakteri-bakteri penyebab bau tersebut akan berkembang biak dan menjadikan ketiak kita semakin mudah mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Memakai Deodorant ataupun Bedak Ketiak (Tawas).

Deodorant
sumber : wsj.com

Ini mungkin adalah solusi paling simpel untuk menghilangkan bau ketiak dan bau badan bahkan dapat membuat tubuhmu menjadi lebih wangi.

Sekarang banyak kok pilihan deodorant di pasaran, bahkan jika kamu tidak suka menggunakan deodorant kamu bisa menggantinya dengan tawas atau bedak ketiak.

Tapi sebelum kamu memakai Deodorant ataupun Bedak Ketiak, pastikan kamu sudah membersihkan ketiakmu dengan sabun antibakteri hingga bersih dan sudah kamu keringkan dengan handuk. Agar kamu yakin telah menghilangkan kuman biang bau badan.

Mengantisipasi keringat berlebih dapat mencegah datangnya bakteri biang bau badan. Jika deodorant tidak membantu kamu bisa menghubungi dokter kulit.

Pakai Baju yang Mudah Menyerap Keringat

Ketiak yang basah memang adalah salah satu faktor utama kenapa Ketiak kita menjadi bau tidak sedap. Maka dari itu jika kamu akan melakukan aktivitas fisik ataupun jika kamu mudah berkeringat. Cobalah menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa katun memiliki kapasitas yang lebih baik untuk menyerap keringat dan bau dibandingkan dengan pakaian poliester dan sintetis. Dan pakaian tekstil sintetis dapat menyebabkan badanmu lebih mudah menjadi bau.

Baca juga : Cara merawat t-shirt

Cobalah Mencukur Bulu Ketiak

Mencukur bulu
Sumber : goodmenproject.com

Rambut-rambut halus pada daerah tertutup di tubuh kita, seperti pada ketiak dapat menjadi ‘sarang’ bakteri apalagi ketika saat lembap atau berkeringat setelah beraktivitas ataupun berolahraga raga.

Apalagi Bakteri dikenal cenderung tumbuh di batang rambut di ketiak kita dan ini menyebabkan ketiak kita jadi lebih berbau.

So, Cukur dan singkirkan rambut ketiak kamu untuk meminimalkan bau ketiakmu.

Kurangi Konsumsi Makanan Pedas dan Penyebab Bau Badan.

Makanan pedas
sumber : kumparan.com

Makanan dan minuman yang kita santap juga mempengaruhi bau badan dan ketiak kita Loh!! Terutama makanan pedas yang dapat membuat kamu berkeringat

Selain itu makanan seperti bawang – barangan, junk food dan gorengan juga dapat membuat badanmu bau tidak sedap.

Baca juga : Cara merawat kulit wajah

Menggunakan Lemon atau Cuka Apel.

Mengunakan cuka dan jeruk lemon

Lemon memiliki rasa sangat asam dan memiliki sifat bakterisidal yang dapat membantu mengurangi pH kulit, dan cuka Apel mengandung sifat antimikroba. Cuka sari apel dapat menetralkan lingkungan di area ketiak dan membantu dalam menghancurkan bakteri penyebab bau ketiak.

Jadi kamu bisa memilih untuk menggunakan lemon ataupun cuka apel untuk menghilangkan bau ketiak yang tidak sedap

Cara menggunakan Lemon :
  • Potong lemon jadi dua bagian
  • Gosokan lemon pada kulit ketiak
  • Biarkan lemon menempel di kulit ketiak.
  • biarkan kering
  • Mandi
  • Lakukan beberapa kali hingga dirasa bau berkurang
Sedangkan Cara Menggunakan Cuka Apel :
  • Ambil cuka sari apel dalam mangkuk kecil.
  • Celupkan bola kapas ke dalamnya
  • Oleskan langsung ke ketiak
  • Lakukan dua kali sehari, setelah mandi dan sebelum tidur.

Sering Mengkonsumsi Daun Kemangi

Daun kemangi
sumber : blibli.com

Cara jitu menghilangkan bau ketiak terakhir adalah dengan sering Mengkonsumsi Daun kemangi. Karena minyak atsiri yang terkandung dalam daun kemangi dapat memberikan aroma yang segar bagi tubuh.

Kita dapat mengonsumsinya sebagai lalapan atau kita dapat membuat teh daun kemangi dengan cara menjemur daun kemangi hingga kering, lalu tumbuk daun-daun kering tersebut hingga halus, kemudian seduh Menggunakan air hangat.

Biasanya hal ini dilakukan oleh para pendaki gunung sebelum mereka mendaki agar tubuh mereka segar.

Jika Belum Berhasil Coba Cek Ke Dokter.

Jika kamu merasa kamu memproduksi keringat berlebih dari biasanya, waspadalah mungkin kondisi tersebut adalah gejala penyakit yang lebih serius dari sekadar bau badan tidak sedap. Segera konsultasikan kepada dokter apabila kamu mengalami gejala ini:

  • Banyak berkeringat di malam hari
  • Berkeringat lebih banyak daripada biasanya, tanpa alasan logis
  • Timbul keringat dingin
  • Keringat menghambat rutinitas sehari-hari
  • Badan berbau, tidak seperti bau badan kamu biasanya

Dan itulah kawan cara jitu menghilangkan bau ketiak, semoga informasi ini bermanfaat. Dan Sampai jumpa di tips dan trik yang lainnya.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks