7 Cara Menghilangkan Kurap Secara Alami

Halo sobat, kali kita akan membahas tentang bagaimana cara menghilangkan kurap secara alami, yang dapat kamu lakukan tanpa bantuan dari obat – obatan. Meski begitu, jika terjadi iritasi selalu tetap siaga dan selalu cek ke dokter terdekat.

Kadas, atau yang lebih dikenal dengan kurap adalah penyakit yang menyerang lapisan teratas kulit. Bernama latin Tinea corporis, kurap terdiri dari ruam dan bercak-bercak merah.

Selain kadang mengakibatkan gatal, kurap juga tidak sedap dipandang mata.

Kurap umumnya hanya timbul pada area kecil di kulit. Namun, dapat menyebar apabila kamu garuk atau kamu biarkan tidak diobati dalam waktu yang lama.

Tapi jangan risau, kamu sudah menyiapkan cara menghilangkan kurap secara alami yang bisa kamu coba di rumah.

7 Cara Menghilangkan Kurap Secara Alami

Menggunakan Minyak kelapa

Cara menghilangkan kurap dengan minyak kelapa
sumber : Wikipedia.com

Minyak kelapa merupakan pengobatan alami paling ampuh sebagai cara mengobati infeksi kulit akibat jamur yang bersifat ringan hingga sedang, yang dapat kamu coba untuk membersihkan kadas dan kurap.

Cara menggunakannya, mudah tinggal mencuci bagian kurap sampai bersih dengan sabun, lalu kamu dapat menghangatkan minyak kelapa terlebih dahulu dalam microwave atau di atas kompor.

Lalu, oleskan minyak kelapa pada kulit yang terkena kurap sebanyak tiga kali sehari.

Kunyit.

Kunyit
sumber : Wikipedia.com

Cara menghilangkan kadas dan kurap dengan menggunakan kunyit dapat kamu lakukan dengan berbagai cara, mulai dengan mengoleskan olahan kunyit yang sudah di haluskan dan dicampur dengan minyak kelapa dan dengan mengkonsumsinya sehari-hari dengan menyeduhnya dengan air hangat.

Kunyit terbukti mengandung antibakteri dan antiradang yang dapat menghentikan pertumbuhan jamur pada kulit.

Baca juga : Cara menanam Bunga Anggrek.

Lidah Buaya.

Lidah buaya
sumber : healthline.com

lidah buaya dikenal karena memiliki sifat anti jamur dan bakteri, juga mengandung antinflamasi yang dapat mengobati rasa panas dan radang.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Indian Journal of Dermatology menyebutkan jika kandungan antibakteri, antijamur, dan antivirus dalam lidah buaya dapat menjadi alternatif untuk mengatasi gatal dan radang akibat kurap.

Cara menghilangkan kurap dengan menggunakan Lidah buaya sangatlah mudah. Hanya dengan menggunakan gelnya tiga kali sampai lima kali sehari.

Tapi lebih disarankan untuk menyimpan lidah buaya di dalam kulkas, hingga kamu akan mendapatkan rasa dingin yang dapat meringankan gatal.

Cuka Apel.

Cuka apel
sumber : healthline.com

Cuka apel memiliki kandungan antijamur dan antibakteri yang ampuh dalam memerangi infeksi kadas dan kurap di kulit kamu.

Cukup dengan mengoleskan cuka apel pada area kulit yang bermasalah, lalu diamkan selama beberapa menit. Dijamin jamur di kulitmu akan mati. Lakukan sebanyak tiga kali dalam sehari untuk mempercepat masa penyembuhan.

Baca juga : Tips Pertolongan Pertama

Akar manis (licorice).

Licorice
Sumber : Bukalapak.com

Akar manis adalah tanaman obat yang mengandung antimikroba, antivirus, dan antiradang yang tentunya dapat membantu untuk meringankan gejala dan Menghilangkan kadas dan kurap.

Caranya pun cukup simple, dengan cara mencampurkan dan merebus 3 sendok makan bubuk akar manis dengan air. Lalu ketika sudah mendidih, kecilkan api dan biarkan campuran mendidih selama 10 menit.

Setelahnya, aduk campuran sampai menjadi kental dan gunakan sebagai salep kurap. Lalu setelah menjadi dingin, kamu oleskan pada kulit yang mengalami kurap dan didiamkan selama kurang lebih 10 menit. Lakukan selama 2 kali sehari.

Air garam.

Air garam

Kamu juga dapat mengurangi dan menghilangkan infeksi kurapmu menggunakan air garam. Caranya, hanya perlu menyiapkan wadah berisi air hangat. Lalu, tuangkan ½ atau ¼ cangkir garam ke dalamnya.

Aduk hingga merata, kemudian usapkan air garam ke area kulit yang terinfeksi kurap menggunakan kapas, lalu diamkan selama 5 sampai 10 menit.

lakukan secara rutin, sebanyak 3 kali sehari. Hingga infeksi kurapmu sembuh.

Baca juga : Cara meredakan batuk.

Bawang putih

Bawang putih

beberapa hasil studi membuktikan keefektifan bawang putih dalam membasmi berbagai infeksi jamur, seperti jamur Candida, Torulopsis, Trichophyton, dan Cryptococcus.

Cara mengobati kurap dengan bawang putih adalah dengan menumbuk halus beberapa siung bawang putih sampai menjadi pasta. Kemudian, gunakan pasta tersebut untuk menutup area kulit yang terkena kurap 3 kali dalam sehari. Lalu, tutup menggunakan kain kasa.

Setelah selesai bersihkan salep bawang tersebut dengan air bersih. Lakukan sampai kurap mereda.

Dan itulah kawan, cara menghilangkan kurap secara alami. Semoga dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah kurap. Sampai jumpa di Pembahasan menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com