7 Cara Merawat Kelinci Angora, Agar Besar dan Sehat

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Cara merawat kelinci angora, agar cepat besar dan sehat, hingga kita bisa mengetahui cara paling efektif dalam merawat Kelinci Angora.

Kelinci Angora adalah jenis kelinci tertua yang sering dijadikan hewan peliharaan. kelinci jenis ini dibiakkan karena memiliki bulu panjang seperti mantel, yang dikenal sebagai wol Angora.

Cara Merawat Kelinci Angora agar cepat besar dan sehat

Cara merawat kelinci anggora, sebenarnya sudah – susah gampang. Tapi jika kita dapat merawatnya dengan serius kelinci anggora kita dapat tumbuh besar dan sehat. Kamu pasti tidak ingin melihat kelinci kamu sakit apalagi mati, kan?

Tapi tenang kami sudah menyiapkan cara – caranya untuk kamu, seperti berikut ini.

Cara merawat kelinci anggora yang baik

Menentukan Jenis Kelinci Anggora untuk di Rawat

Sumber : faceboo.com

Setidaknya ada 11 ras kelinci Angora yang berbeda, empat di antaranya saat ini diakui oleh Asosiasi Breeders Amerika Serikat (ARBA), dan di Indonesia sendiri ada beberapa jenis Kelinci Angora yang dapat paling digemari diantaranya :

Kelinci Angora Inggris

Sumber : shopee.com

Kelinci Anggora Inggris adalah jenis kelinci yang paling kecil di bandingkan dengan lainnya. Berat badan jenis ini ketika dewasa bisa sekitar 2,3 sampai 3,0 kilogram.

Jenis ini adalah jenis yang menjadi paling favorit untuk dijadikan pertunjukan. Ciri – Ciri kelinci jenis bulunya yang sangat tebal dan tumbuh sampai telinga dan seluruh wajah kecuali di atas hidung, dan kaki depan.

Jenis ini umum menjadi hewan peliharaan karena bentuk wajah yang terlihat seperti anak anjing ataupun boneka beruang. Angora Inggris adalah satu-satunya ras Angora yang memiliki bulu menutupi matanya.

Kelinci Anggora Prancis

Sumber : petguide.com

Kelinci Perancis memiliki lapisan bulu bawah yang lebat. Jika ukuran bulunya besar, perawatannya lebih menjadi lebih sedikit sulit dibandingkan ras Angora lainnya.

French Angora adalah salah satu ras Angora besar dengan berat 3,5–4,5 kg dengan bentuk tubuh seperti kelinci lainnya (hanya bulunya berbeda).

Warna Angora Perancis ditentukan oleh warna kepala, kaki, dan ekornya yang biasanya semua warnanya akan sama.

Kelinci Anggora Giant/Raksasa

sumber : Wikipedia.com

Anggora Raksasa adalah ras Anggora terbesar yang diakui ARBA. Ini awalnya dikembangkan untuk menjadi Kelinci komersial. bulunya tidak mudah rontok dengan demikian akan lebih mudah untuk memanen bulunya.

Sesuai dengan namanya anggora giant memiliki tubuh yang besar ketika dewasa bisa mencapai berat 5 kilogram.

Kelinci Anggora Satin

Sumber : petguide.com

Kelinci Anggora Satin memiliki berat sekitar 3 sampai 5 kilogram. Kelinci Angora Satin dikembangkan pada akhir 1970-an oleh Mrs Meyer dari Holland Landing, Ontario, Kanada, yang menyilangkan Angora Prancis dengan kelinci jenis Satin.

Kelinci Anggora Jerman.

Kelinci Anggora Jerman memiliki berat badan 2 sampai 5 kg, bulunya lebat, halus dan panjang. Sehingga banyak masyarakat yang mengambil bulunya untuk dijadikan kain wool atau hanya sekedar ingin dipelihara di rumah.

Berikut ini Beberapa Ras kelinci Angora yang bisa jadi pilihan.

  • Kelinci Angora Cina
  • Kelinci Angora Finlandia
  • Kelinci Angora Jepang
  • Kelinci Angora Rusia
  • Kelinci Angora St Lucian
  • Kelinci Angora Swiss
  • Kelinci Angora Belanda
  • Kelinci Angora Lokal

Baca juga : Cara Memelihara Tarantula

Menentukan Harga Kelinci Angora

  • Harga kelinci Angora Inggris biasanya dijual dengan kisaran angka Rp 600 ribu untuk umur 1 – 3 bulan sedangkan untuk umur 4 bulan bisa mencapai umur Rp 2 juta.
  • Untuk Kelinci Angora jerman lebih mudah untuk ditemukan di Indonesia hingga harganya cenderung lebih murah. Anggora Jerman muda diumur 1-3 bulan berkisar 400 ribu, sementara anggora jerman dewasa diatas 4 bulan bisa mencapai 700 ribu.
  • Jika ingin mendapatkan kelinci Perancis ini, kamu harus menyiapkan dana sekitar 200 ribu rupiah untuk usia 1- 3 bulan, dan sekitar 500 ribu rupiah untuk usia 4 bulan keatas.
  • Untuk varian kelinci Angora Besar/Giant kamu merogoh kocek mencapai 300 rupiah untuk 1-3 bulan, dan diusia 4 bulan keatas harganya bisa mencapai 1 hingga 2 juta rupiah.
  • Sedangkan Kelinci anggora biasa atau campuran lokal di umur produktif sepasang sekitar dari Rp 500.000 ­–Rp 600.000.

Memberikan Makanan Favorit

Makanan anak Kelinci :

Cara Merawat anak kelinci Angora bisa di bilang susah-susah gampang. Karena anak kelinci yang baru lahir sangatlah sensitif dan lemah hingga sering stres.

Jadi cara untuk mengatasi stres yang dialami oleh anakan kelinci anggora tersebut maka kamu cukup dengan memberikan makanan favorit si induk agar mudah beradaptasi.

Karena kelinci anggora berumur beberapa Minggu masih memerlukan asi eksklusif dari indukan. Baru setelah 21 hari, anakan kelinci Angora akan mencari makanan yang bisa digigit.

Setelah mencapai 40 hari anak kelinci bisa di beri makanan tambahan seperti konsentrat atau pelet yang banyak nutrisi dan baik untuk pertumbuhan. Karena di usia 4 minggu, indukan akan mengurangi konsumsi susu untuk anak kelinci.

Kamu dapat menyapih anak kelinci jika dirasa sudah lahap makan dan terlihat sehat. Kamu juga dapat menyekat indukan dan anakan.

Makanan untuk Kelinci Dewasa :

Untuk kelinci dewasa, kamu bisa menyiapkan makanan dari sayur-sayuran atau rumput. Perhatikan makanan yang di berikan layu, kecuali kalau di umbar.

Dalam pemberian rumput kering juga harus sesuai umur dan takaran. Selain rumput kering anda bisa memberikan tambahan lainnya. Pelet bisa digunakan untuk makanan cadangan dan tambahan. Selain pelet bisa juga dengan ampas tahu, konsentrat, dan lainnya.

Jika ingin memberikan sayur dan buah, jangan dalam keadaan segar, karena dapat membuat kelinci kesayanganmu terkena penyakit kulit.

Pemberian makan bisa 3 kali, mulai dari pagi, siang dan sore hari. Kamu bisa memberikan minuman dengan mangkok atau dot yang di gantung di samping atau depan kandang.

Baca juga : Cara memelihara Kucing

Memilih Kandang yang Tepat dan Merawat Kandang Secara Rutin

Ukuran kandang minimal 50 kali 50 cm dan satu sama lain di sekat. Lubang-lubang kandang bisa kita buat dari bambu atau kawat. Kamu juga harus memperhatikan tempat makan agar jangan terlalu rendah agar tidak terinjak-injak oleh kelinci.

Siapkan kandang dengan ukuran yang cukup luas untuk kelinci beranak (jika beli sepasang). Jangan lupa siapkan sarang dan beri rumput, agar anak-anak kelinci tersebut merasa hangat.

Jauhkan kelinci muda dari tempat yang becek dan lembab karena dapat menyebabkan penyakit gatal. Jadi pastikan keberhasilan Kandang, kurangnya sinar matahari dan tidak lembab.

Terakhir pastikan kandang diberi alas, agar kotoran kelinci dapat turun kebawah kandang.

Cara memandikan kelinci angora

Seperti yang kita tahu, jika berbeda dengan kelinci jenis lain, Kelinci Angora memiliki bulu bulu yang panjang dan tebal. Dengan demikian bulu kelinci angora mudah sekali kotor.

Jadi kita perlu memandikan mereka agar tetap bersih dan terhindar dari penyakit.

Memandikan Anak Kelinci Angora

Anda bisa memandikan kelinci anggora ketika usia lebih dari 2 bulan. Di usia tersebut anak kelinci sudah mulai bisa mandiri atau tidak menggantungkan diri mereka pada induknya.

Jika anak kelinci masih di bawah usia dua bulan, jangan langsung dimandikan karena kelinci masih lemah dan rentan terkena penyakit. Jadi jika anak kelinci kotor cukup di semprot sedikit kemudian diusap dengan kain bersih atau tisu.

Memandikan Kelinci Angora Dewasa

Berikut ini adalah cara memandikan Kelinci Angora berusia diatas 2 bulan :

  • Siapkan 2 ember berisi air hangat. Jangan terlalu panas karena dapat melukai si kelinci.
  • Tutup telinga kelinci dengan kapas atau lainnya, supaya tidak kemasukan air.
  • Kemudian masukkan kelinci kedalam ember berisi air hangat pertama lalu basahi seluruh tubuhnya
  • Oleskan sampo bayi atau sampo khusus kelinci. Jangan biarkan mata kelinci sampai terkena karena membuat perih kelinci.
  • Setelah itu bilas kelinci dengan ember satunya.
  • keringkan kelinci dengan handuk, hair dryer atau bisa di jemur.
  • Sisir kelinci agar bulu kelinci anggora tertata rapi
  • Setelah kering kelinci bisa dimasukan kembali ke kandang.
  • Sediakan makanan favoritnya di dalam kandang

Rajin Sisir dan Potong Bulu Kelinci

Kelinci anggora harus rajin anda sisir agar bulunya tidak kusut dengan minimal 2 kali sehari. Karena bagi Kelinci Angora yang berbulu lebat perawatan buku adalah hal yang penting. Kamu juga harus rajin untuk memotong bulu kelinci. Dan untuk yang pertama kali kita bisa menyisakan sekitar 1-2 cm.

Memberikan Vitamin

Memberikan Suplemen vitamin untuk kelinci yang kurus akibat nafsu makan yang rendah yang dapat dicampurkan ke berbagai makanan kelinci (rumput hay, sayur-sayuran, serta pelet), serta dapat meningkatkan anti-bodi dan nafsu makan kelinci dan mencegah kelinci sakit.

Baca juga : Cara Memelihara Ikan Cupang

Semoga bermanfaat dan bisa kamu praktekkan di rumah. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di sini.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version