7 Fakta Tentang Deep Web, Misterius dan Rahasia

Halo sobat kali ini kita akan membahas fakta tentang Deep Web. Sebuah “tempat” misterius yang berada di internet yang memiliki banyak mitos dan berbagai macam informasi yang simpang siur tentang tempat tersebut karena di sangkut pautkan dengan Dark Web.

Deep Web sendiri sering disebut juga dengan nama Hidden Web atau Invincible Internet karena tidak bisa di akses dengan mudah menggunakan mesin pencari dan harus menggunakan cara – cara khusus.

Nama Deep Web sendiri pertama kali di gunakan oleh seorang ilmuwan komputer bernama Michael K. Bergman dalam jurnal yang berjudul White paper (2001) yang membahas tentang teknologi internet secara khusus.

Tapi apa sih Fakta Tentang Deep web dan Dark Web itu sendiri ? Mari kita simak sama – sama.

7 Fakta Tentang Deep Web, Misterius dan Rahasia

Pengertian Deep Web Adalah

Fakta tentang Deep Web adalah
Sumber : digitypes.dk

Deep Web adalah adalah bagian dari tersembunyi dari World Wide Web (WWW) yang isinya tidak diindeks oleh website pencarian mesin. Ini berbeda dengan ” web permukaan “, yang dapat diakses oleh siapa saja yang menggunakan Internet.

Jadi pada dasarnya Deepweb hanyalah bagian dari internet yang tidak dapat dilihat dengan cara biasa. Bahkan alamat email kita adalah termasuk ke dalam bagian dari Deep Web itu sendiri.

Tapi bukan berarti kita tidak bisa mengakses Deep Web karena ada beberapa cara untuk masuk dan mengakses bagian Deep web itu sendiri.

Baca juga : Teknologi perang Masa Depan.

Bisa Diakses dengan Browser Khusus bernama Onion Router (alias TOR)

images 60
Sumber: www.neowin.net/

Menjelejahi Deep Web tidak bisa kita lakukan menggunakan browser biasa seperti Mozilla Firefox ataupun Google chrome. Tapi menggunakan Browser Khusus yang bernama Onion Router.

Onion Router (TOR) mungkin merupakan browser populer yang digunakan untuk menjelajahi Deep web dan dark web. Ini fitur jenis fungsi enkripsi yang mirip dengan jaringan pribadi virtual (VPN).

Namun, itu jauh dari satu-satunya bentuk keamanan yang diperlukan untuk menjelajahi web gelap. Beberapa peretas telah menemukan cara untuk mengatasi enkripsi pada TOR, jadi lebih aman menggunakan TOR dalam kombinasi dengan VPN.

Dark Web Adalah

Dark web adalah
Sumber : blockonomi.com

Banyak orang awam menyangka jika Deep Web = Dark Web, padahal fakta yang sebenarnya Dark web tidak sama dengan DeepWeb.

Karena Dark web adalah website yang mengacu pada halaman yang digunakan untuk berbagai tindakan terlarang ataupun tindak kejahatan. Seperti Judi, Penipuan, Phissing ataupun tindakan kejahatan berat seperti penjualan manusia, Narkoba, Senjata ilegal hingga Terorisme.

Karena Deepweb mencakup hampir semua hal yang tidak diindeks mesin pencari yang berarti 60 persen keseluruhan Internet, maka Dark Web hanyalah sebagian kecil (0,9) dari Deepweb itu sendiri. menurut Britannica.com.

Situs Dark Web Menggunakan Domain Khusus Berakhiran (.onion)

images 62 min
Hidden Wiki (Sumber : geeksforgeeks.org)

Kamu pasti sudah sangat akrab dengan Domian yang populer seperti (.com), (.net) (.co.id), (.gov) atau (.xyz). Tapi tahukah kamu jika Dark Web yang berada di Deep Web menggunakan Domian Khusus yang disebut .onion yang hanya bisa diakses oleh Onion Routes (TOR) Akibatnya, situs .onion jauh lebih sulit untuk dilacak dan dilaporkan.

Salah satu Website Darkweb yang terkenal yang mungkin bisa kamu datangi (menggunakan Tor) adalah Hidden Wiki dimana menyimpan berbagai link – link menuju website yang legit dan terpercaya dan juga website terlarang.

Link Hidden Wiki : (http://zqktlwiuavvvqqt4ybvgvi7tyo4hjl5xgfuvpdf6otjiycgwqbym2qad.onion/wiki/index.php/Main_Page)

Tidak Semua Orang Mengakses Deep web untuk kejahatan

images 63 min
Sumber : abcnews.go.com.

Mungkin banyak orang selalu mengasosiasikan Deep Web dengan Dark Web yang penuh dengan kejahatan dan aksi kriminalitas. Tapi nyatanya Deep Web juga banyak digunakan oleh hal lain.

Seperti untuk komunikasi Intelejen, Komunikasi para pejuang kebebasan ataupun digunakan untuk orang – orang yang mencari perlindungan dari kejaran Pemerintahan Tirani yang mengontrol kebebasan mengakses Internet.

Karena di Deep Web Identitas seseorang lebih terjaga dan lebih privasi di forum tertentu di Deepweb/ Dark Web. Hingga, mereka dapat berdiskusi lebih terbuka tentang berbagai hal daripada di Internet terbuka yang kadang dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah yang berlaku.

Bitcoin dulu digunakan sebagai Alat Pembayaran di Dark Web

images 64 min
Sumber : finance.yahoo.com

Sebelum menjadi populer dan harganya melambung seperti sekarang. Bitcoin pertama kali digunakan untuk pembayaran transaksi jual-beli di Deep Web ataupun di Dark Web.

Karena Bitcoin dinilai lebih aman dan tidak bisa dilacak oleh Badan Keuangan yang Berwenang ataupun pihak kepolisian.

Sebuah Situs Paling Populer di Dark Web yaitu Silk Road sebelum di tutup oleh FBI pada 2013 lalu menjadi tempat Transaksi segala macam dari yang legal seperti peralatan Komputer sampai berbagai macam Senjata dan Narkoba menggunakan bitcoin sebagai salah satu alat pembayarannya.

Bahkan menurut Imf.org (2019) Transaksi Bitcoin di Dark Web diprediksi mencapai nilai 1 Milyar Dollar pada tahun 2018 lalu dan jumlahnya akan terus bertambah seiring bertambahnya nilai dari Bitcoin itu sendiri.

Sebagai Besar Situs Dark Web adalah Penipuan, Virus dan Hacker.

Berbeda dengan di internet biasa yang mana kamu dapat mencari apapun yang kamu mau dengan bantuan Google ataupun mesin pencari lainnya. Di Dark web ataupun Deep Web kamu memerlukan alamat yang benar-benar.

Karena banyak sekali situs – situs palsu yang digunakan untuk menipu dan meneror orang awam yang tidak mengetahui tentang cara untuk melindungi data pribadinya.

Tidak sedikit kejadian dimana Penjual kabur dengan uang dan harga diri kamu setelah kamu membeli barang ilegal di dark web. 

Apalagi banyak sekali operasi – operasi intelejen seperti CIA ataupun FBI yang dilakukan untuk menangkap aktivitas ilegal di dark web seperti penutupan Silk Road oleh FBI dan Penutupan Alpha Bay dan Hansa oleh Polisi Eropa dilansir dari bbc.com (2017).

Baca juga : Cara Mining Bitcoin.

Dan itulah kawan fakta tentang Deep Web, semoga informasi ini menarik dan bermanfaat bagi kamu. Jika kamu ingin menjelajahi Deep Web dan Dark Web, selalu hati – hati dalam menjaga identitas kamu. Always Anonymous and Keep Save.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com