Hari Valentine, adalah hari dimana muda – Musi yang kasmaran merayakan hari kasih sayang. Tapi belum banyak orang yang tahu tentang fakta unik tentang hari Valentine.

Tentang bagaimana awal mula tanggal 14 Februari dianggap sebagai hari kasih sayang, atau bagaimana Cupid dianggap sebagai perlambang dewa cinta.

Mudah – mudahan dengan mengetahui fakta unik tentang hari Valentine ini, kamu bisa lebih mengerti dan memahami lebih banyak tentang hari Valentine, yang di tulis oleh History.com.

Jadi mari kita cari tahu sama – sama tentang :

7 Fakta unik tentang hari Valentine

Valentine Berawal dari Perayaan kaum Pagan

Fakta unik tentang hari Valentine
sumber : freepik.com

Asal-usul Hari Valentine awalnya berasal dari perayaan festival Lupercalia. Festival ini adalah Festival yang diadakan pada tanggal 15 Februari di Kerajaan Romawi kuno untuk menyembah Lupercal.

Lupercal sendiri adalah Serigala wanita yang dianggap sebagai ibu angkat dari pendiri kerajaan Roma Romulus dan Remus. Lupercalia adalah festival kesuburan wanita dan juga merayakan musim semi.

Dalam perayaan Lupercalia pendeta Agama Romawi akan mengorbankan kambing dan anjing, lalu menggunakan kulit mereka yang berlumuran darah untuk menampar wanita di jalanan, sebagai berkah kesuburan.

Menurut legenda, perempuan yang mendapatkan berkah dari pendeta akan memasukkan nama mereka ke dalam guci dan untuk dipasangkan dengan laki-laki selama setahun.

Perayaan ini terus di sebut Lupercalia, sampai agama Kristen di bawah Paus Gelasius I pada abad ke-14 menggantinya menjadi hari Valentine, sebagai penghormatan kepada Santo Valentinus.

Cupid adalah Dewa Bangsa Yunani

Cupid
sumber : freepik.com

Cupid atau Bayi gemuk dengan sayap dan busur di punggungnya dan menembakkan panah cinta telah dikaitkan dengan Hari Valentine selama berabad-abad lamanya. Tapi tahukah kamu jika Cupid berasal dari Dewa Kuno Bangsa Yunani dan dulu namanya bukan Cupid ?

Cupid dulunya dikenal oleh orang Yunani kuno sebagai Eros, Dewa cinta. Eros, putra dari dewi kecantikan, Aphrodite, akan menggunakan dua anak panah — satu untuk cinta dan satu lagi untuk benci. Dia dianggap sering bermain-main dengan emosi targetnya.

Dan dulunya Eros tidak berbentuk bayi loh ? Sampai bangsa Romawi datang, mengganti bentuk Eros menjadi seperti Cupid yang kita kenal sekarang.

Baca juga : Fakta unik tentang perayaan Halloween

Sekotak Cokelat di Hari Valentine

Sekotak cokelat Valentine
sumber : freepik.com

Sobat, tahukah kamu jika tradisi memberi cokelat di hari Valentine berasal dari Inggris di abad pertengahan ?

Tradisi dalam memberikan sekotak permen cokelat di hari Valentine ini dimulai pada abad ke-19 oleh Richard Cadbury, keturunan dari keluarga produsen cokelat besar di Inggris.

Karen perusahaan membuat banyak sekali varietas cokelat baru saat itu. Cadbury memanfaatkan peluang untuk menjual cokelat sebagai bagian dari perayaan hari Valentine.

Nama Valentine berasal dari Santo Valentinus Roma

Meskipun ada beberapa tokoh Kristen bernama Valentine, nama hari kasih sayang ini mungkin diambil dari seorang santo yang dihukum penggal sekitar tahun 270 Masehi oleh kaisar Romawi bernama Claudius II Gothicus.

Beberapa literatur umum lainnya menyatakan bahwa St. Valentinus yang menentang perintah kaisar dan diam-diam menikahkan pasangan suami istri untuk menyelamatkan sang suami dari kewajiban berperang. Karena alasan inilah hari Valentine dikaitkan dengan cinta.

“Valentinus” sendiri berasal dari kata Latin yang bermakna berharga, tegar, atau kuat.

Baca juga : fakta unik tentang ninja

Memberi “Vinegar” Valentine berarti Anda Menolak

Vinegar Valentine
sumber : atlasobscura.com

Vinegar Valentine adalah tren yang berkembang pesat di Inggris pada jaman Ratu Victoria. Vinegar di sini bukan cuka ya sobat, melainkan kartu ucapan Valentine bernada mengejek dan penuh kata – kata dan gambar yang asam seperti cuka.

Biasanya kartu ini dikirim kepada orang yang ingin anda tolak di hari Valentine. (Sedih dan sedikit kejam iya)

Kartu Valentine pertama di tuliskan dalam Penjara

Kartu ucapan Valentine

Selain cokelat, Valentine day itu identik dengan kartu ucapan dan surat cinta. Nah, ternyata kartu Valentine pertama yang tercatat dalam sejarah dibuat oleh bangsawan asal Inggris bernama Charles, Duke dari Orleans, Inggris.

Charles menulis surat cinta untuk istri keduanya pada usia 21 saat ditangkap di Battle of Agincourt. Sedihnya adalah dia tak bisa melihat reaksi istrinya, karena dia harus di tahan selama lebih dari 20 tahun, sampai akhir hayatnya.

Pada tahun 1840-an, Esther A. Howland asal Amerika Serikat mulai menjual Kartu Valentines yang diproduksi secara massal di Amerika. Howland, yang dikenal sebagai “Ibu Valentine,” membuat kreasi kartu rumit dengan renda, pita, dan gambar berwarna.

Hari Valentine populer di berbagai negara

Hari Valentine sangat populer di Amerika Serikat, Australia, Argentina, Meksiko, Prancis, hingga Korea Selatan dan Kanada.

Di Filipina, bahkan pada tanggal 14 Februari selalu diadakan berbagai massal dengan berbagai ratusan pasangan.

Bahkan menurut CNN, 145 juta kartu Hari Valentine dikirimkan setiap tahunnya, dan itu menjadikan Hari Valentine sebagai hari dengan pengiriman kartu ucapan terbesar kedua setelah hari Natal.

Dan itulah kawan ke-7 fakta unik tentang hari Valentine. Meski kita tak merayakannya, paling tidak kita menghargai orang yang merayakannya.

Tapi berbagi cinta tak harus menunggu hari Valentine, kita bisa berbagi kasih sayang kita tiap hari.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks