7 Hewan Pengerat Terbesar di Dunia yang Jarang di Ketahui

Halo sobat, apa yang ada di bayanganmu jika mendengar tentang hewan pengerat ? Mungkin Tikus dan Hamster yang terlintas di kepala. Mengingat bentuk mereka yang mungil tak jarang banyak orang menganggap hewan pengerat sebagai hewan pengganggu saja. Tapi bagaimana jika kamu mendengar tentang Hewan Pengerat Terbesar di dunia ?

Hewan Pengerat atau Rodent (Inggris) adalah sejenis Mamalia dari Ordo Rodentia. Dengan ciri khas memiliki gigi depan atas dan bawah berukuran lebih besar dari lainnya.

Menurut Britannica, Ada 2050 jenis Hewan Pengerat yang ada di dunia. Dan Diantaranya terdapat hewan pengerat terbesar di dunia yang ukurannya lebih besar dari seekor anjing ataupun kucing!

Dan banyak di antaranya yang belum banyak diketahui oleh orang, seperti tujuh hewan pengerat terbesar berikut ini. Yuk, kenalan!

Hewan Pengerat Terbesar di Dunia

Kapibara ( Hydrochoerus hydrochaeris)

Hewan Pengerat Terbesar
Sumber : Britannica.com

Jika kamu menyebutkan hewan pengerat paling besar di dunia tak akan afdol jika tak menyebutkan hewan satu ini yaitu Kapibara.

Meski berkerabat dekat dengan marmut dan Tikus, Kapibara lebih dikenal sebagai hewan semi-akuatik karena kemampuannya dalam berenang dan hidup di sebuah ekosistem di tepian sungai.

Karena kemampuannya berenang di dalam air inilah yang memungkinkan mereka untuk sesekali memakan berbagai tumbuhan yang tumbuh di dalam air atau vegetasi air, selain memakan makanan utama mereka yaitu rumput.

Meski berukuran sangat besar (hampir sebesar kambing dewasa) Kapibara adalah tergolong hewan yang pemalu. meski begitu Kapibara mudah sekali bersosialisasi dengan hewan – hewan di ekosistem yang sama seperti mereka. Yaitu di sungai. Tepatnya di Sungai Amazon, Amerika Selatan.

Patagonia mara (Dolichotis patagonum)

Patagonia Mara
sumber : worldlandtrust.org

Meski terlihat seperti Kelinci berukuran raksasa, Patagonia mara (Dolichotis patagonum) adalah hewan pengerat yang masih bagian keluarga Covidae, seperti Capybara.

Patagonia Mara hidup secara bebas di hutan hujan di Argentina. Dilansir idntimes, mereka bisa berjalan, melompat layaknya kelinci, dan bahkan bida berlari dengan seperti rusa!

Meski terlihat begitu, Mara itu hidup Monogami (satu pasangan) Meski mereka sering bergonta-ganti pasangan. (Etdah kayak orang aja)

Baca juga : Hewan Prasejarah mengerikan di dunia.

Paca (Cuniculus paca)

Paca
Sumber : Wikipedia

Paca adalah hewan pengerat dengan penampilan yang tampak seperti babi. Paca berhabitat di dekat perairan, tapi mereka juga bisa ditemukan di kawasan hutan. Mereka jago berenang dan merupakan herbivor pemakan buah, daun, serta umbi-umbian.

Mereka terdiri dari dua spesies dalam genus Cuniculus dan Paca bisa kita temukan di Amerika Selatan.

Tikus Berbulu Bosavi (Mallomys sp)

Tikus Berbulu Bosavi
Sumber : okezone.com

Hewan satu, ini adalah hewan yang baru – baru ini ditemukan oleh para peneliti di Papua Nugini dan Filipina. Pertama kali ditemukan di kawah gunung berapi Gunung Bosavi.

Terlepas dari kemiripannya dengan tikus yang lebih kecil, ia jelas menonjol dari yang lain sebagai salah satu tikus terbesar yang diketahui.

Bosavi Woolly Rat atau Tikus Berbulu Bosavi menunjukkan perilaku jinak yang tidak biasa, menunjukkan bahwa spesies ini tidak pernah berhubungan dengan manusia.

Hal ini mungkin disebabkan jarang sekali manusia

Fakta ini terjadi karena jarang sekali manusia mendaki Gunung Bosavi yang tangguh untuk menyelidiki kawah vulkaniknya, sehingga hewan pengerat berbulu ini tidak terganggu habitatnya.

Nutria – (Myocastor coypus)

Nutria
Sumber : livescience.com

Nutria (Myocastor coypu) adalah hewan pengerat yang mirip berang-berang, meski sebenarnya sangatlah berbeda. Seperti berang – berang dan Kapibara, mereka adalah mamalia semi-akuatik. Karena kelompok besar mereka hidup dekat sungai dan sumber air lainnya.

Meskipun sering dijuluki Berang-berang Amerika Selatan, kemiripan Nutria hanya dangkal. Nutria memiliki ekor yang tipis, lebih mirip dengan ekor tikus.

Nutria adalah pembiak yang produktif dan dapat berkembang biak dengan cepat bahkan di daerah baru. Hingga tak jarang kehadiran mereka dalam jumlah banyak dapat menyebabkan masalah ekosistem

Baca juga : Ekosistem

Landak Cape (Hystrix africaeaustralis)

Landak
sumber : idnnews.com

Duri dari landak Cape ini dapat mencapai panjang hingga 20 inchi, yang menjadi mekanisme pertahanan yang sangat efektif. Ujung duri ini berlubang, hingga memungkinkan landak mengguncang sasaran untuk mengeluarkan bunyi peringatan saat terancam.

Landak bisa hidup sampai usia sangat tua untuk ukuran hewan pengerat, mereka dapat mencapai usia 15 tahun di alam liar.

Saat baru lahir lahir, duri landak sebenarnya lembut – duri itu mengeras dengan cepat begitu terpapar udara, membentuk duri yang keras.

Berang-berang Amerika Utara (Castor canadensis)

Berang-berang

Berang-berang Amerika Utara memiliki ekor yang panjanganya hingga 14 inci dari ukuran tubuhnya yang besar. Ekor panjang dan pipih ini memungkinkan berang-berang untuk berenang dengan sangat efisien di dalam air, tempat ia menghabiskan sebagian besar waktu mereka.

Kemampuan paling menarik dan menakjubkan dari berang – berang ini adalah kemampuan mereka membangun bendungan. Hah, membangun bendungan ? Iya, kamu tak salah dengar, berang – berang memiliki kemampuan untuk membuat sebuah bendungan di tepi sungai tempat mereka tinggal.

Mereka berkembang biak selama musim dingin, dan menjaga anak-anak mereka tetap aman di dalam bendungan yang mereka buat.

Dan itulah kawan ke 7 hewan pengerat terbesar di dunia, semoga informasi ini menarik untuk kamu iya. Sampai jumpa di materi dan info unik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com