7 Ikan Paling Berbahaya di Dunia Bagi Manusia

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 7 Ikan Paling Berbahaya di Dunia. Meski kita tahu ikan – ikan ini berenang di kedalaman laut, Sungai ataupun Danau bukan berarti kita tidak berlaku waspada untuk menghadapi mereka.

Dengan diperkirakan terdapat lebih dari 35.000 jenis spesies ikan yang ada di dunia (yang baru ditemukan iya) tidak mengherankan jika ada beberapa diantara ikan – ikan yang terlihat perenang tak berdosa itu adalah jenis ikan mematikan bagi manusia.

Beberapa ikan mengandung racun yang cukup untuk membunuh orang dewasa dalam waktu kurang dari satu jam ada pula yang memiliki rahang besar yang dapat mencabik orang dewasa dengan beberapa kali gigitan.

Nah itu mengenal 7 ikan Paling Berbahaya Bagi Manusia mari kita simak penjelasannya berikut ini.

7 ikan Paling Berbahaya di Dunia Bagi Manusia

Puffer Fish (Ikan Buntal)

7 Ikan Paling Berbahaya di Dunia Bagi Manusia ikan buntal

Puffer Fish atau ikan Buntal ini dikenal sebagai salah satu menu makanan di restoran sushi paling digemari di Jepang, Korea dan China.

Tapi meski rasanya enak ikan ini hanya boleh di olah oleh Chef yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi saja, dikarenakan kandungan Racun berbahaya di tubuhnya.

Karena Mayoritas spesies ikan buntal dikenal beracun apalagi di organ dalam, seperti hati, dan terkadang kulit yang mengandung tetrodotoxin. Tetrodotoxin adalah racun neurotoxin yang sangat kuat terdapat di spesies ikan buntal, ikan landak dan ikan mola – mola.

Seperti yang terjadi pada tahun 2021 lalu, ketika satu keluarga di NTT, harus menerima nasib nahas setelah menyantap hidangan ikan buntal dilansir oleh Kompas.com

Jadi meski banyak orang mengatakan jika Ikan ini memiliki rasa yang enak, akan lebih baik kita menyantap makanan yang lebih aman saja iya, jika tak tahu cara mengolahnya.

Stone Fish (Ikan Batu)

Ikan batu
sumber : siladen.com

Ikan paling berbahaya selanjutnya adalah Stonefish atau ikan batu. Ikan Batu adalah ikan laut yang memiliki penampilan luar seperti batu karang atau batu laut dan menjadi ikan paling berbisa yang dapat kamu temukan di perairan dangkal di sekitaran Indo – Pasifik. Racun dari ikan batu di banyak temukan di dalam duri dan kulitnya.

Serangan dari racun ikan batu ini dapat menyebabkan efek fatal kepada manusia, mulai dari bengkak hingga rasa sakit yang menyiksa. Kemudian, gejala ini juga akan menyebabkan kelumpuhan, nekrosis jaringan, dan bahkan gagal jantung yang mengakibatkan kematian.

Walaupun Berbahaya ikan batu ini, tergolong ikan yang lamban dan hanya tinggal di dasar dan hidup di antara bebatuan atau karang dan di dataran lumpur dan muara.

Karena suka bersembunyi membuat ikan ini sangat berbahaya bagi manusia, apalagi jika tidak sengaja menginjak duri ikan tersebut.

Jadi jika kebetulan kamu berada di perairan laut yang penuh batu karang habitat ikan ini, untuk selalu berhati – hati dan menggunakan alas kaki agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : Serangga Paling Berbahaya.

Manta Ray (Pari Manta)

images 60
Sumber : https://kkp.go.id/djprl/artikel/21048-mengenal-pari-manta

Pari manta adalah salah satu dari jenis ikan Pari Terbesar di dunia dan berasal dari famili Mobulidae (kelas Selachii). Memiliki bentuk Pipih dan lebar daripada panjangnya, pari manta memiliki sirip besar yang terlihat seperti sayap. Selain itu mereka memiliki dua sirip kepala yang seperti tanduk hingga wajar jika disebut juga sebagai Ikan Pari Setan.

Pari manta juga memiliki ekor pendek seperti cambuk, pada beberapa spesies, dengan satu atau lebih duri yang sangat menyengat. Sengatan dari durinya yang sangat tajam ini dianggap sangat berbahaya bagi manusia.

Meski besar dan menakutkan mereka hanya memakan plankton dan dan ikan-ikan kecil yang mereka sapu dengan sirip mereka ke dalam mulutnya.

Lion Fish (Ikan Singa)

images 61 min
Sumber : greeners.co

Ikan paling berbahaya selanjutnya adalah Lionfish atau ikan singa yang juga sering ditemukan disekitar tanaman terumbu karang di Samudera Pasifik. Mereka adalah ikan yang berbisa.

Mereka terkenal karena memiliki duri siripnya yang berbisa dan mampu menghasilkan luka tusukan yang menyakitkan bagi orang dewasa meski tidak fatal tapi dapat berakibat buruk bagi anak – anak dan orang lanjut usia.

Meski awalnya hanya berasal dari perairan Pasifik, tapi ikan ini memiliki sifat yang invasif hingga mulai menyebar sampai sepanjang pantai Atlantik dan perairan Karibia.

Candiru

images 62
Sumber : Quora.com

Ikan Candiru adalah ikan endemik dari sungai Amazon, Mereka adalah lele air tawar kecil yang memiliki sifat parasit, sulit dilihat karena tubuhnya tembus cahaya dan ukuran tubuhnya tak lebih dari 2,5 cm untuk ukuran dewasa.

Yang menjadikannya, ikan paling berbahaya ialah karena sifat parasitnya. Dimana dia dapat menyerang manusia dengan masuk ke dalam saluran kencing orang ataupun hewan yang mandi dan berenang.

Begitu mereka memasuki uretra, mereka akan sangat sulit dikeluarkan karena memiliki duri yang berada di insangnya dan duri itu menancap ataupun mengarah ke belakang.

Lalu ikan jahat ini kemudian akan memakan darah dan selaput lendir dan bahkan akan bertelur di kandung kemih, hingga akhirnya induk semang yang sial dapat mengalami kematian kecuali ikan parasit jahat itu dikeluarkan.

Piranha

images 64
Sumber : treehugger.con

Siapa yang tak kenal dengan ikan satu ini. Ikan pemakan segalanya ini sering sekali muncul dalam berbagai tayangan media entah itu televisi, YouTube, komik ataupun film dan semuanya menggambarkan keganasannya.

Ikan yang menjadi identitas sungai Amazon ini memiliki banyak jenis dan tak semuanya menyerang ataupun membunuh mangsa mereka. Sebagian lebih menyukai bangkai ataupun memakan sirip ikan lain.

Sedangkan untuk ikan Piranha yang sering menyerang dan menyantap manusia adalah ikan Piranha perut merah yang cenderung menyerang manusia saat musim kemarau ketika makanan langka dan tingkat air rendah.

Piranha memiliki rahang yang kuat dengan gigi yang tajam dan merupakan predator yang tangguh, tapi berbeda dengan predator lain piranha memiliki kecenderungan hanya memangsa yang telah terluka karena mereka mengikuti aroma darah.

Great White Shark (Hiu Putih Besar)

images 66
sumber : https://www.floridamuseum.ufl.edu/discover-fish/species-profiles/carcharodon-carcharias/

Sebenarnya hampir semua ikan Hiu (dan keluarganya) pantas dimasukkan ke dalam list sebagai ikan paling berbahaya di dunia tapi untuk mendapatkan banyak pilihan, kami memilih Hiu Putih Besar sebagai ikan Hiu Paling berbahaya di Dunia.

Sama seperti Piranha, Ikan Hiu Putih Besar sering muncul ke dalam berbagai bentuk film seperti film legendaris Jaws hingga Film Paling absurd sepeti Sharknado menggunakan ikan Hiu putih besar sebagai model mereka.

Mereka jenis Predator yang luar biasa karena memiliki indera penciuman yang sangat baik hingga dapat mendeteksi darah calon korbannya dari jarak seperempat mil.

Jenis Mangsa mereka ialah Penyu, Paus, Lumba – Lumba dan Anjing laut. Meskipun tak jarang beberapa orang yang bernasib naas harus mengalami serangan dari ikan hiu raksasa yang menjadi akhir dari ikan paling berbahaya.

Baca juga : Bunga Paling Beracun.

Dan itulah kawan artikel kami terkait Ikan Paling Berbahaya di Dunia Bagi Manusia, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Jika informasi ini bermanfaat untuk kamu, jangan lupa untuk share ke sosial media kamu.

Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya. Hanya di ilmusaku

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock