7 Jenis Besi Tuang Dalam Kimia Industri

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 7 Jenis Besi Tuang atau Cast Iron yang sering dipakai untuk alat – alat rumah tangga khususnya alat – alat masak.

Konon sebelum datang dan terkenal di Amerika Serikat, Besi Tuang awalnya dipakainya di Tiongkok pada abad ke-6 SM dan diperkenalkan ke Inggris sekitar 1500. Pabrik besi pertama di Amerika didirikan di Sungai James, Virginia, pada 1619 hingga dipakai sampai sekarang dan tidak berubah.

Awalnya Pembuatan Wajan besi tuang dengan cara menuangkan logam cair ke dalam cetakan pasir. Logam akan saat wajan dingin yang dapat dibentuk menjadi wajan yang ibu kita gunakan di dapur. Jaman sekarang ini wajan besi tuang dibuat menggunakan mesin yang lebih modern.

Paduan besi tuang.

Jenis Besi Tuang Dalam Kimia Industri

Sifat-sifat yang dihasilkan unsur-unsur paduan pada besi tuang serupa dengan yang dihasilkan oleh unsur-unsur baja.

  • Nikel (Ni) Menghasilkan butiran-butiran halus juga menguletkan bagian tipis yang mudah retak.
  • Chromium (Cr). Menstabilkan karbid dan membentuk chromium karbid yang lebih keras dari pada sementit biasa. Untuk besi berdaya tahan tinggi.
  • Molybdenum (Mo) Menaikan kekerasan bagian yang tebal dan juga memperbaiki keuletan.
  • Vanadium (V) Meningkatkan keuletan dan kekerasan juga meningkatkan daya tahan panas dari besi Luang dengan menstabilkan cementite.
  • Copper (Cu) hanya sedikit pengaruhnya tetapi disini digunakan terutama untuk memperbaiki daya tahan karat.

Baca juga : 7 Jenis Pahat ukir Kayu

7 Jenis Besi Tuang (Cast iron)

Terdapat beberapa jenis Besi tuang, dan berikut ini adalah beberapa contohnya :

Besi tuang putih.

images 5 min
Sumber : struktur besi tuang putih

Namanya diambil dari warna bidang patahnya. Karbon berbentuk sementit yang keras sehingga besi menjadi keras. Dimana sebagian besar karbon yang terikat dalam besi sebagai zementite (Fe3C) yang keras. Hingga sulit dikerjakan menggunakan mesin.

Besi tuang kelabu.

images 2022 04 04T170647.020 min
contoh besi tuang kelabu

Jenis Besi tuang yang kedua adalah Besi Tuang Kelabu. Namanya diambil dari warna bidang patahnya. Karbon dalam keadaan bebas. Sifat mampu mesinnya baik. Strukturnya berupa ferrite dan lapisan graphite.

3 Jenis Besi Tuang kelabu.

Terdapat 3 jenis Besi tuang kelabu berdasarkan kekuatan besinya yaitu :

  • Besi tuang kekuatan rendah yang memiliki kekuatan tarik 12 – 21 kp/mm2. (kp/mm adalah kilopound per mililiter)
  • Besi tuang kekuatan sedang yang memiliki kekuatan tarik sampai dengan 40 kp/mm2.
  • Besi tuang kekuatan tinggi yang memiliki kekuatan tarik lebih dari 40 kp/mm2.

Besi tuang cil

Besi tuang cil adalah jenis besi tuang berikutnya. besi tuang yang permukaannya terdiri dari besi tuang putih dan bagian dalamnya terdiri dari besi tuang kelabu.

Besi tuang grafit bulat.

images 2022 04 04T171214.259
Contoh Wajan Besi Tuang Graphite

Besi tuang grafit bulat disebut juga besi tuang nodules. Dibuat dengan jalan mencampurkan magnesium, kalsium atau serium ke dalam cairan logam. Sifat-sifat kekuatan dan keliatan tinggi, tahan aus juga tahan panas.

Besi tuang inoculated

Besi tuang inoculated dibuat dengan menambahkan. kalsium silikon yang dicam pus sebelum penuangan guna menghasilkan butiran – butiran halos. Sifat-sifat permesinan diperbaiki.

Besi tuang kelas tinggi

Besi tuang kelas tinggi Mengandung sedikit karbon silikon dan grafit bebasnya lebih kecil dibandingkan dengan besi tuang kelabu.

Besi tuang mampu tempa

Besi tuang mampu tempa dibuat dari besi tuang putih yang dilunakan dengan heat treatment. Struktur sementit dari besi tuang putih berubah menjadi ferrit dan perlit serta karbon yang ditemper mengendap.

Sifat – sifat sangat baik jika dibandingkan dengan besi tuang kelabu tetapi harganya mahal.

Pengaruh unsur-unsur terhadap sifat-sifat besi tuang

Karbon yang berada dalam besi tuang berupa grafit atau besi karbid (sementit) yang rapuh. Bila besi tuang banyak mengandung sementit besi tuang menjadi rapuh dan sulit dimesin. Nah berikut ini adalah beberapa unsur yang berpengaruh terhadap sifat-sifat besi tuang.

  • Silikon (Si) mempermudah pemisahan grafit. Si, cenderung membentuk besi tuang kelabu dan membuat besi tuang mudah dimesin.
  • Mangan (Mn) mencegah panggrafitan dan menggalakkan kestabilan sementit dan larut didalamnya. la membuat butir-butir halus yang perlitis dan mencegah pengendapan ferrit, dengan penambahan mangan akan didapatkan struktur perlit dan grafit yang menguletkan & menguatkan besi.
  • Belerang (S) menstabilkan sementit sehingga menyebabkan besi menjadi rapuh.
  • Phospor (P) mengurangi kelarutan karbon dan memperbanyak sementit, akibatnya besi menjadi keras dan rapuh.

Selain itu Pengaruh kecepatan pendinginan juga berperan dalam besi tuang. Jika didinginkan dengan cepat karbon akan dipaksa jadi sementit yang keras.

Jika didinginkan dengan cepat karbon akan dipaksa jadi sementit yang keras. Jika didinginkan perlahan-lahan sementit terurai menjadi grafite.

Baca juga : Jenis Kertas Lukis Untuk Cat Air.

Dan itulah sobat jenis besi tuang atau Cast Iron, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com