Ads ad-300x250

7 Kegiatan Utama dalam Manajemen dan Fungsinya

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang kegiatan Utama dalam Manajemen dan juga fungsinya. Untuk mempelajari hal-hal tersebut ada baiknya kita mengetahui sedikit tentang apa itu manajemen.

Pengertian Manajemen adalah

Manajemen adalah terdiri dari fungsi-fungsi yang saling terkait untuk menciptakan kebijakan dan tujuan dari perusahaan. Mulai dari mengorganisir, merencanakan, mengendalikan, dan mengarahkan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan dari kebijakan itu.

Menurut Fredmund Malik manajemen adalah “transformasi sumber daya menjadi sebuah utilitas atau daya guna.

Sedangkan Handoko (2012) mendefinisikan manajemen sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan atau sebuah usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Baca juga : 5 Teori Manajerial Grid.

7 Kegiatan Utama dalam Manajemen.

Untuk dapat menjalankan visi dan misi sebuah organisasi, manajemen secara efektif harus mampu menjalankan 7 Kegiatan Utama dalam Manajemen seperti berikut ini.

  1. Planning, atau Perencanaan yaitu tugas untuk merencanakan tentang target/tujuan yang harus dicapai, bagaimana strategi yang diterapkan, program kerja, serta merencanakan kapan dan biaya untuk mencapai tujuan.
  2. Organizing, atau pengorganisasian yaitu tugas mengorganisir atau mengoptimalkan berbagai sumber daya dan aset yang dimiliki (mam, money, machine, building, technology), mendapatkan sumber daya yang belum dimiliki atau menentukan struktur organisasi sesuai strategi, pemberian tugas atau wewenang guna mencapai tujuan organisasi.
  3. Staffing, tugas penyeleksian staf atau SDM, yaitu tugas untuk mendapatkan dan menempatkan karyawan sesuai dengan kualifikasi/ kualitas, jumlah/kuantitas dan waktu yang dibutuhkan organisasi untuk dapat mencapai tujuannya secara efisien.
  4. Actuating, atau menggerakkan, yaitu tugas untuk memberi dorongan motivasi serta antusiasme kepada para karyawan dalam bekerja sama mencapai tujuan organisasi.
  5. Directing, atau memimpin dan mengarahkan, yaitu tugas untuk memimpin dan memberikan pengarahan kepada para karyawan, partner bisnis, rekanan dalam menjalankan tugas-tugasnya.
  6. Controlling, atau pengawasan, yaitu tugas untuk mengawasi dan memastikan bahwa karyawan, mitra usaha, ataupun pemasok Untuk mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan guna mencapai tujuan organisasi.
  7. Evaluating, atau mengevaluasi, yaitu tugas untuk mengevaluasi, membandingkan antara hasil yang direncanakan dengan hasil yang dicapai dan melakukan langkah-langkah perbaikan (corrective actions) yang diperlukan.

Fungsi Manajemen.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang fungsi manajemen. Secara garis besar, fungsi manajemen itu berkaitan dengan singkatan POAC (Planning, Organizing, actuating dan Controling). Maksudnya dalam proses manajerial selalu ada perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian.

Tugas manajemen berdasarkan posisi di dalam Organisasi

Untuk mengetahui lebih dalam tentang fungsi manajemen berdasarkan posisi di dalam organisasi sebagai berikut.

Tugas Manajemen Sumber Daya Manusia/ SDM (Human Resource management).

Divisi SDM dalam organisasi, secara garis besar memiliki tugas sebagai berikut ini.

  • Membuat rencana kebutuhan SDM, melakukan perekrutan, penyeleksian dan mempertahankan karyawan sesuai dengan jumlah dan spesifikasi atau kualitas yang dibutuhkan perusahaan, dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
  • Membuat sistem kompensasi/penggajian, tunjangan, bonus, dan komisi yang adil, menarik dan sesuai dengan tujuan, posisi serta kemampuan organisasi.
  • Merencanakan dan menyelenggarakan program-program pelatihan dan pengembangan, termasuk perencanaan karir bagi karyawan
  • Menyelenggarakan program kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan.
  • Menjalankan program untuk menciptakan hubungan kerja yang harmonis dalam organisasi.
  • Mengkoordinasi pelaksanaan penilaian prestasi kerja karyawan (secara objektif).

Tugas Pokok Manajemen Pemasaran (Marketing Management).

Divisi pemasaran dalam suatu perusahaan secara garis besar menjalankan tugas-tugas pokok sebagai berikut.

  • Merencanakan konsep dan spesifikasi produk/jasa, yang sesuai dengan kebutuhan dan selera segmen konsumen/pasar yang dibidik.
  • Membuat kebijakan harga produk/jasa sesuai dengan kemampuan daya beli dari target pasar.
  • Membuat rencana distribusi (distribution plan) dari produk/jasa yang dihasilkan organisasi, sesuai dengan penyebaran lokasi konsumen/pasar yang menjadi target pemasaran.
  • Membuat dan mengimplementasikan rencana untuk pengiklanan dan promosi produk serta rencana penjualan.

Tugas pokok manajemen pemasaran di atas, biasa disingkat dengan 4 P, yaitu membuat rencana dan implementasi tentang; produk(product), harga (price), distribusi (place), dan promosi (promotion).

Tugas Manajemen Produksi.

Tugas manajemen divisi produksi/operasi dalam suatu perusahaan secara garis besar menjalankan tugas pokok sebagai berikut:

  • Membuat rencana dan jadwal produksi sesuai target waktu yang telah ditetapkan.
  • Menyiapkan bahan baku dan peralatan produksi.
  • Memproduksi produk/jasa sesuai dengan konsep dan spesifikasi produk/ jasa yang telah ditetapkan oleh divisi pemasaran, yang berorientasi pada selera dan kebutuhan konsumen.

Tugas Pokok Manajemen Keuangan

Tugas Pokok manajemen keuangan suatu perusahaan secara garis besar menjalankan tugas pokok sebagai berikut:

  • Membuat perencanaan modal kerja dan investasi.
  • Membuat perencanaan anggaran (budget) dan aliran dana (cash flow) perusahaan.
  • Mendapatkan sumber-sumber dana (source of find) dengan biaya risik rendah/dapat ditanggung perusahaan.
  • Mengoptimalkan penggunaan dan penempatan dana perusahaan, antara lain melalui fungsi kontrol terhadap penggunaan dana perusahaan.
  • Melakukan pekerjaan akuntansi (accounting).
  • Membuat laporan rugi-laba (profit & loss statement).

Baca juga : Teori X dan Y Motivasi Karyawan.

Dan itulah kawan Pembahasan tentang 7 Kegiatan Utama dalam Manajemen Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi lainnya hanya di ilmusaku.com.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By