Halo semua, siapa yang tak suka minuman hitam satu ini. Dengan menjamurnya banyak coffer shop dan kebiasaan minum kopi di pagi hari. Kopi menjadi salah satu jenis minuman yang banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia karena khasiat kopi hitam. Khusunya Indonesia.

Apalagi di Indonesia sendiri memiliki banyak varietas kopi yang tumbuh di hampir seluruh daerah di Indonesia. Yang tentunya memiliki khasiat masing – masing. Khususnya khasiat kopi hitam tanpa gula. Yang walaupun pahit ternyata memiliki banyak manfaat.

Seperti dilansir dari timesofindia.com, berdasarkan beberapa penelitian ilmiah

7 Khasiat kopi hitam menurut penelitian.

Mengandung Antioksidan Bermanfaat

Khasiat kopi hitam
sumber : crossfittiltiii.com

Kopi adalah sumber antioksidan. Antioksidan di dalam kopi yaitu quinines. Mereka dapat membantu seseorang dalam menangani berbagai masalah kesehatan.

Antioksidan lain yang ada di kopi adalah hydrocinnamic acid dan polyphenols. Mereka bisa melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Selain itu Kopi hitam mengandung Vitamin B2, B3, B5, Mangan, kalium dan magnesium.

Menurunkan risiko Diabetes

Diabetes
sumber : diabetes.co.uk

Minum kopi hitam setiap hari membantu mengurangi risiko penyakit diabetes atau gula darah. yang di kemudian hari menjadi menyebabkan banyak sekali sumber penyakit termasuk kerusakan organ dan penyakit jantung.

Kopi membantu dalam mengendalikan diabetes dengan meningkatkan produksi insulin. Baik kopi berkafein dan tanpa kafein bisa membantu mencegah diabetes. Tapi ini khusus kopi hitam tanpa gula ya!!, Karena meski kopi baik untuk mencegah diabetes, jika kamu menambahkan banyak gula semua khasiatnya akan hilang.

Baca juga : Cara bertanam hidroponik

Meningkatkan Ingatan

Ingatan
sumber : bizjournal.com

Rutin meminum kopi hitam di pagi hari, ternyata dapat meningkatkan fungsi otak kita loh!

Penelitian Universitas Johns Hopkins baru-baru ini menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan daya ingat jangka panjang.

Peserta penelitian yang sudah diberi tablet kafein 200 miligram dapat membedakan gambar dari gambar serupa saat diuji keesokan harinya di sebuah tes rangkaian tes gambar selama dua hari.

Sumber : hopkinsmedicine.org

Mengurangi Stress dan Membuatmu Bahagia

Minum kopi
sumber : thelist.com

Tekanan dan stress yang berlebihan dapat menyebabkan depresi pada akhirnya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius.

Tetapi dengan meminum secangkir kopi hitam hangat saat kamu merasa stress dapat meningkatkan moodmu secara instan dan membuat segalanya menjadi lebih baik.

Karena Kopi dapat merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi hormon dopamin, serotonin, dan noradrenalin, hormon penting yang meningkatkan suasana hati dan dapat membuatmu bahagia.

Jadi mulailah Minum 2 cangkir kopi hitam setiap hari untuk mencegah depresi dan membuat suasana hatimu lebih baik.

Baca juga : Tips berbicara di depan umum

Membersihkan Perut

images 6 copy 1280x853 min
sumber : unh.edu

Kawan pernahkah kamu sering sekali buang air kecil setelah meminum kopi hitam ? jangan panik, karena kopi bersifat diuretic. Yang berarti mendorong tubuhmu untuk membuang kotoran dari dalam tubuh.

Disaat inilah, racun-racun dan bakteri dalam tubuh akan keluar dalam bentuk urin. Ini membantu kamu membersihan perutmu dari berbagai macam bakteri jahat yang ada di perutmu.

Meningkatkan fokus

Dengan meminum Kopi hitam, kamu dapat mengaktifkan neurotransmitters yang ada di dalam otak, karena kafein menstimulasi jantung dan metabolisme tubuh saat kamu meminumnya.

Dengan ini, fokus otak kita akan semakin meningkat dan secara otomatis akan meningkatkan tingkat kewaspadaan, hingga kita dapat bekerja dengan lebih fokus.

Makanya banyak orang yang menyempatkan waktu untuk minum kopi sebelum bekerja.

Menurunkan Resiko Kanker

Kanker
sumber : indiatimes.com

Dilansir oleh klikdokter.com, dengan mengkonsumsi kopi 1–2 cangkir kopi sehari dapat mengurangi resiko kanker. Studi di tahun 2017 menemukan hubungan antara konsumsi 1 cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko kanker hati dan kanker dinding rahim (endometrium).

Bahkan studi di tahun 2018 menemukan hubungan antara konsumsi kopi dengan menurunnya risiko kematian pada penderita kanker usus besar dan menurunnya risiko kanker payudara setelah menopause.

Efek Samping Kopi

Tentu tidak jujur dan fair namanya jika setelah kita melihat 7 khasiat kopi hitam, kita tidak melihat efek samping yang dimilikinya nya. Agar kamu dapat memilih dan menimbang dengan adil, manfaat dan efek sampingnya untuk tubuh kamu.

Dan efek samping kopi diantaranya :

  • Terlalu banyak meminum kopi malah dapat menyebabkan stres dan kecemasan. Karena terlalu banyak kafein.
  • Sering Begadang, Terlalu banyak kopi dapat mengganggu rutinitas tidur Anda.
  • Terlalu banyak kopi dalam tubuh dapat membuat tubuh Anda sulit menyerap nutrisi dari makanan.

Dan itulah kawan ke 7 Manfaat Kopi hitam untuk kesehatan tubuh kamu, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Sampai jumpa di Pembahasan Menarik lainnya, hanya di Ilmusaku.com.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks