5 Kode Rahasia Tak Terpecahkan dalam Sejarah

Halo sobat, kali ini ilmusaku akan membahas tentang 7 Kode Rahasia Tak Terpecahkan yang ada dalam Sejarah. Mulai dari tulisan orang Mesir Kuno dan beberapa kode – kode lainnya hanya beberapa orang saja yang mampu memecahkan kode – kode misterius tersebut.

Salah satu Kode Rahasia yang berhasil dipecahkan saat ini adalah Voynich Manuscript, yang selama 600 tahun menjadi sebuah misteri karena memiliki huruf dan abjad yang aneh. Tapi Dr Gerard Cheshire dan rekan – rekan peneliti di Bristol berhasil memecahkannya pada tahun 2019 lalu dilansir expresss.co.uk.

Ada banyak upaya dan usaha untuk menguraikan kode – kode ataupun bahasa kuno, meski belum berhasil banyak orang-orang tertantang untuk memecahkan 5 Kode Rahasia Tak Terpecahkan dalam Sejarah sampai sekarang berikut ini.

7 Kode Rahasia Tak Terpecahkan dalam Sejarah.

Chinese Gold Bar Cipher ((Kode Rahasia Emas Batangan China)

Kode Rahasia Tak Terpecahkan dalam Sejarah Chinese Gold Bar Cipher

Pada tahun 1933, tujuh batangan emas diduga dikeluarkan untuk Jenderal Wang di Shanghai, Cina. Batangan emas ini tampaknya mewakili sertifikat logam yang terkait dengan setoran bank dengan Bank A.S.

Tapi yang aneh di emas – emas batangan tersebut terpahatkan berbagai macam kode rahasia tak terpecahkan. Batangan emas itu sendiri memiliki gambar, tulisan Cina, beberapa bentuk tulisan skrip, dan kriptogram dalam huruf latin.

Tulisan Cina dalam emas batangan itu telah di diterjemahkan, yaitu membahas transaksi lebih dari $300.000.000. Ini juga mengacu pada emas batangan yang beratnya total 1,8 kilogram. Tapi hal yang lain dalam emas batangan tersebut masih menjadi misteri sampai sekarang.

The Dorabella Cipher (Kode Dorabella)

images 2

Kode Rahasia Tak Terpecahkan selanjutnya adalah The Dorabella Cipher. Kode Rahasia ini adalah surat terenkripsi yang ditulis oleh komposer Edward Elgar kepada Dora Penny bersama surat lainnya di tanggal 14 Juli 1897.

Elgar mengirim surat kepada temannya, Nona Dora Penny, yang saat itu berusia 22 tahun seorang putri dadi Pendeta Alfred Penny, Rektor St Peter, Wolverhampton.

Tapi Elgar yang dikenal senang kepada misteri dan kode rahasia, mengirimkan surat tak biasa. Surat itu memiliki fitur yang tidak biasa dari surat lainnya yaitu surat memiliki sandi yang sampai sekarang masih menjadi misteri dan dianggap tantangan bagi orang yang ingin memecahkannya. Bahkan Nona Dora Penny sendiri yang dikirimi oleh Elgar tak mengetahui isi Surat tersebut sampai ia wafat.

Beale Ciphers (Kode Beale)

Beale Chiper

Cipher Beale adalah satu set tiga surat berisi Kode yang, salah satunya diduga menyimpan lokasi harta Karun terpendam seperti emas, perak dan permata yang diperkirakan bernilai lebih dari US$43 juta.

Kode rahasia tak terpecahkan ini pertama kali dimuat pada tahun 1885, ketika sebuah pamflet kecil yang diterbitkan di Virginia berisi cerita dan tiga pesan terenkripsi atau memiliki kode rahasi.

Menurut pamflet tersebut, sekitar tahun 1820 seorang pria bernama Beale mengubur dua gerobak penuh harta karun di sebuah lokasi rahasia di kota Bedford County, Virginia.

Sampai saat ini Kode Beale ini masih menjadi misteri dan belum terpecahkan sampai sekarang.

Baca juga : Lukisan Termahal di Dunia

Linear A.

images 41

Linear A adalah salah satu dari kode rahasia tak terpecahkan selanjutnya, kode ini dikenal dengan nama Linear A sebuah sistem penulisan yang digunakan oleh orang Minoa di Kreta, Yunani Kuno dari tahun 1800 hingga 1450 SM untuk menulis hipotesis bahasa atau bahasa Minoa.

Menurut sejarahnya, Alphabet ini Itu digantikan oleh Linear B, yang digunakan oleh Mycenaeans untuk menulis bentuk awal bahasa Yunani. Ditemukan oleh arkeolog Sir Arthur Evans. Tidak ada teks dalam Linear A bisa diuraikan dan dipecahkan sampai sekarang.

The Phaistos Disk

images 42

The Phaistos Disk adalah Kode Rahasia Tak Terpecahkan terakhir yang bersama dengan linear A di temukan di Yunani dan dipercaya menjadi peninggalan bangsa Manoan di Crete pada tahun 1000 sampai 1600 SM.

Tje Phaitos Disk ini berisi tulisan hieroglif. Beberapa urutan hieroglif berulang seperti refrein dalam lagu – lagian hingga banyak yang mengira jika disk atau tablet batu ini adalah sebuah himne agama, dan juga isi teks sebagai ritual.

Yang lain berpendapat bahwa teks itu adalah daftar tentara, dan akhir-akhir ini disarankan untuk menjadi dokumen dalam bahasa Het di mana menceritakan tentang kisah raja dalam pendirian Istana Phaistos.

Baca juga : Museum Unik di Dunia.

Dan itulah kawan ke 5 Kode Rahasia Tak Terpecahkan, Mungkin diantara kalian yang tertarik dengan misteri – misteri ataupun kode rahasia layaknya detektif, bisa dicoba untuk memecah kode – kode tak terpecahkan di atas.

Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock