7 Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa, Ikonik!

Halo sobat, kali ini kita akan membahas tentang 7 Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa, yang bukan hanya legendaris tapi juga menjadi sebuah ikon dari industri Video Game dan teknologi audio Visual.

Perjalanan industri video game memang tidak mudah, mulai dari banyaknya penolakan hingga menjadi sebuah industri besar yang menghasilkan banyak uang.

Mulai dari Atari hingga yang terakhir PS5, Konsol game manakah yang pantas disebut sebagai konsol game terlaris di dunia menurut ilmusaku.com, mari kita cari tahu sama – sama.

7 Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa, Ikonik!

Nintendo Entertainment System.

Konsol game terlaris sepanjang masa Nintendo Nes
Sumber : Wikipedia.com
  • Tahun Rilis: 15 July 1983
  • Penjualan. : 67 Juta
  • Game Terbaik : Zelda, Mario, Metroid, and Mega Man.

Video game tidak akan seperti sekarang ini tanpa kehadiran Konsol buatan Nintendo, NES. Pada saat itu, untuk pertama kalinya gamer mendapatkan pengalaman memainkan game arcade di rumah dan merevolusi ide video game secara keseluruhan.

Meskipun konsol rumah sudah ada sebelumnya, melalui Atari, Tapi NES memberikan orang kesempatan bermain game di rumah dengan harga terjangkau.

Konsol ini juga tempat bagi banyak video game legendaris saat ini, seperti Zelda, Mario, Metroid, dan Mega Man. Meski konsol lain menjualnya lebih banyak dari NES, tetapi dampak penting Nintendo masih terlihat sampai saat ini.

Xbox 360

Xbox 360
sumber : gamestop.com
  • Initial release date: 22 November 2005
  • Terjual: 85 juta
  • Highest-rated games: Halo, Gears Of Wars, BioShock

Xbox 360 merevolusi cara kami bermain game. Ini mempopulerkan visual HD, memberikan kita layanan dan pengalaman bermain online yang bertahan hingga hari ini.

Meskipun konsol lain memiliki fungsi untuk bermain online sebelumnya, Xbox 360 membuat game online multiplayer menjadi lebih di kenal dan populer sampai sekarang.

Judul seperti Gears of War, Halo 3, Grand Theft Auto IV, Fallout 3, BioShock, dan Mass Effect hanyalah beberapa dari jajaran game keren yang dimiliki oleh sistem satu ini.

Baca juga : Sejarah Video Game

PlayStation 3

PlayStation 3
sumber : Wikipedia.com
  • Tahun Rilis : 11 November 2006
  • Terjual : 87.5 Juta
  • Games Terbaik: Last Of US, Grand Theft Auto V, Uncharted 2: Among Thieves

Konsol game kebanggaan Sony ini harus mengalami masa sulit di awal rilis. Dikarenakan terlalu percaya diri mengingat Bagaimana PS2 menguasai Pasar, Sony menjual PS3 dengan harga yang tinggi yaitu 600 dollar atau sekitar 8 juta rupiah, yang saat itu dianggap terlalu mahal untuk sebuah gaming konsol.

Tetapi melalui kebijakan yang baik dan game berkualitas, di akhir penjualan PS3, Sony berhasil membalikkan keadaan untuk menjual lebih banyak dari pesaingnya Xbox 360, buatan Microsoft.

PS3 memiliki ide-ide yang fantastis, seperti trilogi Uncharted, Metal Gear Solid 4, God of War 3, Gran Turismo 5, dan The Last of Us yang memberikan pemain alasan untuk membeli konsol ini.

Meski memiliki banyak kekurangan, PS3 merupakan tolok ukur penting dalam sejarah video game.

Nintendo Wii

Nintendo Wii
sumber : amazon.com
  • Tahun Rilis: 19 November 2006
  • Terjual : 101 Juta
  • Game Terbaik : Super Mario Galaxy, Super Mario Galaxy 2, The Legend of Zelda: Twilight Princess

Sampai sekarang belum ada Konsol game yang seperti Wii. Banyak yang bilang jika Wii bahkan bisa dimainkan oleh nenek. Hingga wajar jika semua orang menginginkannya, dan di tahun pertama atau kedua setelah diluncurkan, konsol satu ini selalu terjual habis di mana-mana.

Meskipun ditujukan untuk segala kalangan (umum), dengan fokus pada game kasual seperti Wii Sports dan Wii Fit, sistem ini juga memiliki beberapa game untuk pemain setia Nintendo.

Game Super Mario Galaxy masih dianggap sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa, sementara game lain seperti The Legend of Zelda: Twilight Princess dan Skyward Sword sampai sekarang dikenang karena gameplay yang berkualitas.

Baca juga : Museum Aneh di dunia.

PlayStation

PlayStation
sumber : Wikipedia.com
  • Tahun Rilis: 13 December 1994
  • Terjual : 102 Juta
  • Game Terbaik: Tony Hawk’s Pro Skater 2, Final Fantasy 7, Gran Turismo

Pertama kali dibuat oleh Sony setelah terjadi kegagalan kesepakatan antara Sony dan Nintendo untuk membuat konsol game Nintendo terbaru saat itu, Sony menciptakan sebuah konsol legendaris.

Sony menciptakan PlayStation, konsol berbasis CD pertama. Yang memiliki berbagai judul legendaris seperti Crash Bandicoot, Spyro, Resident Evil, Tekken, Silent Hill, Metal Gear Solid, dan Final Fantasy VII.

Sebagai awal tumbuh dan menjamurnya industri rental PS pada jamannya di Indonesia, saya yakin jika banyak diantara kamu yang tumbuh bersama Konsol ini.

PlayStation 4

PlayStation 4
sumber : dreamland.co
  • Tahun Rilis: 15 November 2013
  • Terjual : 115.2 Juta
  • Game terbaik: Ghost of Tsushima, God of War 4, The Last of Us 2

Konsol Game Terlaris kedua jatuh lagi ke tangan Sony PlayStation 4. Sejak awal peluncurannya pada tahun 2013, Sony PS4 memiliki yang harganya tepat, dan berbagai permainan monumental.

Jajaran game yang dimiliki oleh PS4 bisa dibilang salah satu yang terkuat dalam sejarah, game seperti Bloodborne, God of War, Marvel’s Spider-Man, Red Dead Redemption 2, Persona 5, Uncharted 4, dan Horizon Zero Dawn. telah memikat jutaan pemain di seluruh dunia.

Jadi tak salah jika konsol ini masuk jajaran konsol game terlaris sepanjang masa.

Baca juga : Evolusi android.

PlayStation 2

PlayStation 2
sumber : Wikipedia.com
  • Tahun Rilis : 4 Maret 2000
  • Terjual : 160 juta
  • Game Terbaik: Tony Hawk’s Pro Skater 3, Grand Theft Auto San Andreas, Resident Evil 4

Sampai sekarang belum ada Konsol yang dapat menggantikan PlayStation 2 sebagai konsol game dengan penjualan terbanyak sepanjang masa, bagaimana tidak ? Konsol ini terjual 160 juta unit, itu belum dengan unit ilegal dan refurbish di pasaran.

Pada jamannya, PS2 adalah pemutar DVD paling murah dan juga memiliki lebih dari 3.500 judul game yang bisa kamu mainkan.

Itu adalah waktu yang luar biasa karena PS 2 memiliki berbagai macam game yang kamu butuhkan sebut saja mulai dari – Gran Turismo 4, Final Fantasy X, Metal Gear Solid 3, God of War, atau bahkan Grand Theft Auto San Andreas.

Sony membutuhkan waktu lebih dari satu dekade untuk merancang, membangun, dan merilis PS2. Jadi wajar saja jika konsol ini adalah konsol game terlaris sepanjang masa.

Dan itulah kawan, pembahasan tentang 7 Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa, semoga informasi ini dapat memberikan wawasan baru untuk kamu.

Sampai jumpa di materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com