7 Makhluk Mitologi Asli Indonesia

Halo sobat, kali ini kita akan membahas tentang Makhluk Mitologi Asli Indonesia yang keberadaannya masih misteri dan menjadi cerita turun-temurun dalam masyarakat kita.

Makhluk Mitologi ini sering kita temukan dalam berbagai cerita – cerita lisan rakyat yang menjadi legenda berbagai tempat di Nusantara, hingga sering dianggap sebagai penunggu asli sebuah tempat tertentu.

Nah, Untuk mengeksplorasi dan mengetahui lebih banyak tentang berbagai makhluk mitologi asli Indonesia ini, mari kita simak sama – sama materi berikut ini.

7 Makhluk Mitologi Asli Indonesia

Buta Ijo

Makhluk mitologi asli Indonesia Buto ijo
sumber : shopee.com

Buto Ijo dikenal sebagai makhluk astral yang suka menampakkan wujudnya pada manusia. Makhluk ini dikenal memiliki ciri fisik bertubuh tinggi besar seperti raksasa, gigi yang runcing, mata Belo besar dan memiliki kulit yang berwarna hijau. Beberapa orang pernah mengaku bertemu dengan Buto Ijo.

Meskipun memiliki bentuk fisik yang menyeramkan, beberapa orang yang percaya hal – hal mistis dipercaya menjadi makhluk satu ini sebagai peliharaan untuk mendapatkan berbagai kekayaan.

Kisah Buto Ijo sendiri muncul dalam legenda lokal Timun Mas.

Ahool

Ahool
sumber : wikia.com

Orang pertama yang mengaku melihat ahool adalah Dr. Ernest Bartels, seorang ahli burung asal Amerika Serikat. Makhluk Kelelawar besar ini dinamakan Ahool dikarenakan mengeluarkan suara yang berseru “Ahoool”.

Diceritakan Dr Ernest Bartels, bertemu dengan makhluk ini ketika sedang melakukan penelitian di air terjun di lereng Pegunungan Salak dan Sungai Ciejngkol di Jawa Barat.

Laporan Bartels mengenai Ahool itu diteliti kembali oleh cryptozoologist Ivan T. Sanderson oleh Bernard Heuvelmans, dan penelitian itu menyimpulkan bahwa Ahool adalah bentuk kelelawar yang belum teridentifikasi.

Meski begitu Legenda Kalong Besar Ahool ini masih menjadi misteri sampai sekarang.

Baca Juga : Dewa – Dewa Yunani.

Ular Naga Erau

Naga eru
sumber : wikia.com

Ular Naga Erau adalah makhluk mitologi asli dari Kalimantan. ular raksasa berkepala seperti lembu atau kerbau itu, di kawasan Serawak disebut Nabau atau di pedalaman Mahakam dan wilayah Kutai Kartanegara disebut Ular Naga Lembu.

Konon ular naga ini memiliki ukuran yang sangat besar dan disebutkan bahwa kepalanya ada di Kota Tenggarong dan ekornya sampai Kota Samarinda.

Sebagai wujud kepercayaan masyarakat terhadap makhluk mitologi asli Indonesia ini, maka diadakanlah ritual peluncuran Naga Erau di anak Sungai Mahakam yang menjadi bagian dari rangkaian upacara adat Erau di Kota Tenggarong, Kab Kutai Kartanegara.

Ebou Gogo

eBu gogo
sumber : Tarumanagarafoundation.org

Ebu Gogo adalah makhluk mitologi asal Flores, Nusa Tenggara Timur, yang berwujud layaknya peri dengan tinggi sekitar 1 meter. Menurut cerita makhluk bisa berjalan dengan dua kaki seperti manusia dan dapat berlari dengan sangat cepat.

Masyarakat Flores menggambarkan Ebu Gogo sebagai pejalan kaki yang handal dan pelari yang sangat cepat. Memiliki tinggi sekitar 1,5 m. Mereka dilaporkan memiliki hidung lebar dan rata, wajah lebar dengan mulut besar dan tubuh berbulu.

Mereka juga memiliki bahasa mereka sendiri dan bahkan dapat mengerti bahasa kita dan mengulanginya seperti burung beo.

Baca juga : Makhluk Purba terganas.

Lembuswana

Lembuswana
Sumber : Wikipedia.com

Menurut cerita, Lembuswana merupakan sebuah makhluk penunggu dan penjaga dari Sungai Mahakam, Kalimantan.

Makhluk mitologi asli Indonesia ini memiliki badan seperti lembu, berkepala singa, memiliki sayap garuda, bersisik seperti naga, bertaji seperti ayam, memiliki belalai gajah, berjenggot seperti kambing, bertanduk seperti sapi, dan memiliki ekor seperti singa.

Konon Lembuswana adalah Hewan kesayangan dari Prabu Mulawarman, Raja dari Kerajaan Kutai dan menjadi lambang kebanggaan dari kota Kutai Kartanegara.

Barong

Barong
sumber : Wikipedia.com

Barong adalah makhluk dalam mitologi Bali. Dia digambarkan memiliki bentuk seperti singa berkepala merah, ditutupi bulu tebal berwarna putih, dan memakai perhiasan berlapis emas yang dihiasi pecahan cermin.

Barong konon adalah raja roh, pemimpin tuan rumah yang baik dan musuh dari Rangda , ratu iblis dan ibu dari semua roh jahat dalam tradisi mitologi Bali.

Dalam mitologi Bali, roh yang baik diidentifikasikan sebagai Banas Pati Raja. Banas Pati Raja adalah “saudara” atau anak roh keempat yang mendampingi seorang anak sepanjang hidupnya, dan digambarkan dalam sosok Barong.

Asal – Usul Barong, sampai saat ini masih menjadi perdebatan, tapi yang jelas Barong identik dengan pulau Dewata, Bali.

Baca juga : Organisasi Rahasia paling Berbahaya.

Babi Ngepet

Babi ngepet
sumber : Wikipedia.com

Babi Ngepet adalah Makhluk halus seperti babi hutan dalam mitologi Indonesia. makhluk itu diyakini perwujudan dari seseorang yang mempraktikkan ilmu hitam pesugihan.

Konon Babi Ngepet ini bekerja berdua, satu orang bertugas menjadi babi dan berkeliling untuk mencuri uang sedangkan seorang lagi bertugas untuk menjaga lilin yang menjadi sebuah tanda bahaya.

Jika nyala lilin bergetar, pudar atau hampir padam, itu tandanya Babi Ngepet dalam bahaya, tertangkap basah oleh ulah warga, atau kembali ke wujud manusia.

Sampai saat ini kepercayaan ini masih dipercaya, bahkan menjadi berita nasional seperti yang terjadi baru – baru ini.

Dan itulah kawan makhluk mitologi asli Indonesia semoga informasi ini menarik dan memberimu informasi yang relevan dan menambah wawasan.

Sampai jumpa di bahasan menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com