7 Manfaat Jahe Merah, Sehat dan Berkhasiat

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 7 manfaat Jahe Merah untuk kesehatan dan daya tahan tubuh kita. Hingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit ataupun meningkatkan ketahanan tubuh dari virus.

Maka tak heran jika permintaan pada rempah – rempah, Jahe Merah dipasaran meningkat sangat tinggi pada saat – saat Pandemi Covid-19 ini seperti dilansir oleh jakartapost.com (2020) lalu. Karena dipercaya menambahkan imunitas.

Tapi selain itu, Jahe Merah memiliki 7 manfaat lain seperti berikut ini.

7 Manfaat Jahe Merah, Sehat dan Berkhasiat

Mencegah masalah pencernaan

Manfaat Jahe merah
Sumber : tokopedia.com

Selain Rasa hangat yang kita dapatkan setelah mengonsumsi jahe merah. Ternyata jaherl merah ini bermanfaat pula untuk menghangatkan badan, mencegah pilek dan flu, dan bahkan melegakan pencernaan.

jahe merah juga dikenal dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah penyakit pencernaan melalui kandungan antibakterinya. Penyebaran bakteri berbahaya seperti E. coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus semuanya dapat dicegah dengan sering mengkonsumsi jahe merah.

Menjaga daya tahan tubuh

Khasiat Jahe merah
Bunga jahe merah (Sumber : Walmart.com)

Dengan kita sering mengonsumsi jahe merah kita dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan jahe merah, khususnya gingerol dan shogaol, merupakan senyawa yang bertanggung jawab atas efek immunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Jahe merah juga diketahui memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan, sehingga bisa membantu meredakan gejala penyakit yang berkaitan dengan aktivitas peradangan atau inflamasi.

Tapi untuk mendapatkan khasiat Jahe Merah kamu harus mengkonsumsi secara sering.

Baca juga : Cara Pertolongan Pertama.

Mengurangi peradangan luka

Jahe merah juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan di dalam tubuh karena memiliki efek anti inflamasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak jahe merah dapat membantu mengurangi gejala osteoarthritis, seperti nyeri otot. Efeknya diduga lebih efektif daripada mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang biasa digunakan untuk mengatasi peradangan seperti dilansir oleh pub.med.gov.

Komponen aktif yang terkandung dalam jahe merah, seperti gingerol, gingerdione, zingeron, dan oleoresin lebih lanjut dapat membantu peradangan seperti nyeri otot sampai asam urat.

Mengurangi risiko terkena asam urat

Bagi orang yang telah berumur asam urat adalah sebuah masalah rutin yang sering menggangu kehidupan. Bahkan jika kita tak benar merawat diri, Asam urat juga dapat menyerang kamu yang berusia muda.

Asam urat sendiri adalah suatu kondisi di mana terjadi penumpukan asam urat di persendian sehingga menyebabkan rasa sakit dan bengkak di sekitar area tersebut.

Tapi tenang, Khasiat jahe merah juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, termasuk asam urat, dengan membersihkan penumpukan asam urat pada persendian dengan meningkatkan aliran darah yang lebih sehat. Oleh karena itu, dengan sering mengkonsumsi jahe merah, asam urat dapat dicegah dan diobati secara alami.

Meningkatkan kesehatan seksual pria

Ternyata selain menambah kekebalan tubuh dan mengurangi rasa nyeri. jahe merah juga dapat digunakan sebagai afrodisiak atau penambah vitalitas pria loh!!.

Bahkan penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi herbal yang sering dapat membantu memperbaiki dan mengobati disfungsi seksual pada pria.

Meskipun efeknya mungkin tidak sebesar ramuan afrodisiak lainnya, jahe merah mampu meningkatkan aliran darah dalam tubuh, yang dapat berkontribusi untuk meningkatkan ereksi pada pria.

Selain itu, aktivitas antioksidan dan androgenik yang ditemukan dalam jahe merah juga dapat meningkatkan produksi testosteron, yang mempengaruhi kesuburan pria.

Meringankan Gejala Batuk

Menurut Deltomed.id, Jahe merah dapat digunakan untuk meringankan batuk. Caranya gunakan sekitar 2 sendok teh jahe merah dan rebus dalam air hingga mendidih selama beberapa menit.

Saring air jahe itu untuk mendapatkan sarinya dan masukkan teh dan madu ke dalamnya. Minumlah teh jahe untuk obat batuk ini selagi hangat.

Khasiat Jahe Merah mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Pasalnya, jahe merah dapat menghancurkan lemak jahat yang ada dalam tubuh dan mencegah munculnya penyakit kolesterol tinggi. Jadi, tak hanya bermanfaat bagi penderita penyakit tersebut, orang sehat pun dapat mengonsumsi jahe merah agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi.

Baca juga : Cara menanam Jahe Merah.

Dan itulah kawan Manfaat Jahe merah, semoga dengan informasi mengenai manfaat dan khasiat jahe merah ini dapat bermanfaat bagi kamu dan kita semua.

Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com