7 Manfaat Kunyit Asam, Sehat dan Enak

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Kunyit Asam, sebuah ramuan jamu tradisional turun – temurun dari nenek moyang bangsa yang katanya memiliki berbagai macam manfaat, untuk kita, dari kesehatan hingga kecantikan.

Kunyit Asam Sendiri terbuat dari perpaduan dua rempah – rempah asli Nusantara seperti Kunyit dan Asam Jawa. Yang sampai sekarang masih sangat populer dan menjadi minuman kesehatan yang banyak diminati oleh banyak kalangan.

Makanya sekarang, sudah banyak jamu kunyit asam dalam botol kemasan yang dijual di minimarket ataupun di toko online favorit kamu.

Nah, untuk mengetahui lebih banyak tentang manfaat kunyit asam, mari kita simak materinya bersama – sama.

7 Manfaat Kunyit Asam, Sehat dan Enak.
Manfaat kunyit asam
Sumber : cookpad.com

1. Membersihkan Racun di dalam Tubuh

Setiap hari tubuh kita menghirup udara yang tercampur dengan polusi udara dan asap. Hingga racun dapat masuk ke dalam tubuh kita dan juga dapat mengendap melalui makanan atau obat yang sedang dikonsumsi.

Jika racun tersebut tidak dibersihkan maka akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Hal ini bisa dinetralisir dengan mengonsumsi kunyit asam sebagai detoks alami yang dapat membersihkan semua racun dalam tubuh.

2. Meredakan Nyeri Saat haid

Salah satu khasiat Kunyit Asam yang sudah terbukti adalah Menurunkan nyeri saat haid. Dilansir halodoc, kunyit memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi rasa nyeri saat sedang menstruasi. Dan juga zat kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga bisa menghambat hormon yang menyebabkan rasa nyeri dan peradangan.

Tak hanya itu, Asam jawa dalam jamu kunyit asam juga dapat berpengaruh terhadap sistem saraf serta otak. Dengan demikian, otak bisa mengirim sinyal ke tubuh agar kontraksi rahim bisa mereda dan nyeri haid berkurang.

Baca juga : Khasiat Kopi untuk Kesehatan.

3. Meningkatkan fungsi otak

Curcumin dalam jamu kunyit asam dapat meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF) sehingga otak tidak rentan terkena penyakit.

Dengan begitu, fungsi otak dapat meningkat dengan baik sehingga dapat menghindarkan dari penyakit depresi, Alzheimer dan penyakit yang menyerang otak lainnya. Kamu dapat mendapatkan khasiat kunyit asam ini dengan sering mengonsumsinya secara rutin.

4. Mengurangi Bau Badan

Manfaat kunyit asam yang lain juga dikenal dapat mengatasi masalah bau badan. Bau badan memang menjadi masalah sebagian orang, terlebih pada orang yang memiliki produksi keringat berlebih.

Rutinkan minum Kunyit asam paling tidak seminggu sekali untuk membersihkan wajah, menghilangkan bau badan, dan membuat tubuh jadi makin cerah. Sebagai antioksidan, jamu kunyit asam sangat bermanfaat untuk mencegah proses penuaan.

5. Mencegah Jerawat

Ramuan Kunyit Asam juga berguna untuk kecantikan, salah satunya adalah mencegah timbulnya jerawat. Kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam kunyit ternyata menjadi zat ampuh yang dapat menghambat munculnya jerawat pada wajah.

kandungan yang terdapat dalam minuman kunyit asam juga dapat mengatasi rasa gatal yang ditimbulkan oleh masalah kulit lain seperti ruam, kurap dan kudis.

6. Mencegah Penuaan Dini

Mengkonsumsi Jamu kunyit asam juga dapat membuat kamu lebih muda dengan cara mencegah munculnya keriput pada wajah. Bukan tanpa alasan, kunyit mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi yang baik untuk melindungi kulit dari ancaman radikal bebas.

Jadi untuk kamu yang ingin, awet muda dan memiliki kulit kencang, rajin – rajin deh mengkonsumsi minum kunyit asam ini.

7. Menurunkan berat badan

baik kunyit maupun asam jawa sama-sama berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Khasiat ini tentu semakin maksimal dengan menggabungkan dua bahan alami tersebut.

Kurkumin, yaitu suatu antioksida pada kunyit berfungsi untuk menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta kondisi metabolik lainnya akibat obesitas.

Selain itu, tubuh Anda juga menjadi lebih fokus saat menurunkan berat badan karena minimnya reaksi peradangan pada tubuh setelah minum kunyit asam.

Cara Membuat Resep Kunyit Asam yang Enak

Cara membuat kunyit asam sebenarnya mudah, tapi jika kita salah dalam pengolahannya rasa Kunyit asam yang kita dapat tidaklah begitu enak.

Tapi tenang kami menyiapkan untuk kamu resep Kunyit Asam yang Sehat dan Enak.

Bahan:

  • 300 ml air
  • 60 gram gula jawa (bisa gunakan gula pasir)
  • 10 gr asam jawa
  • 4 buah kunyit ukuran
  • 1/4 sendok teh garam.
  • 1 sendok teh madu.

Cara Membuat

  • Bersihkan kunyit lalu blender hingga halus
  • Rebus air bersama kunyit yang sudah diblender
  • Campurkan asam jawa, gula merah hingga benar-benar menyatu.
  • Tambahkan garam secukupnya.
  • lalu tambahkan satu sendok teh madu.
  • Tambahkan batu es.

Baca juga : Khasiat Jahe Merah.

Dan itulah kawan Khasiat dan Manfaat Kunyit Asam semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu. Sampai jumpa di Pembahasan menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com