7 Monster Bawah Laut Paling Seram dalam Mitologi

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 5 Monster Bawah laut Paling Menyeramkan dalam Mitologi – mitologi dunia. Dimana para monster – monster ini digambarkan sebagai makhluk raksasa yang meneror perairan yang luas.

Sejak zaman dahulu kala. Para Pendongeng sepanjang sejarah berbicara tentang makhluk yang hidup di laut. Itu wajar karena manusia telah mencoba menjelajahi samudra, laut, dan permukaan air secara umum sejak zaman dahulu.

Menurut cerita masyarakat para Monster Bawah laut telah menghuni perairan sejak awal mula bumi tercipta. Monster laut raksasa ini bisa mendatangkan malapetaka di permukaan kapan saja.

Nah, beberapa Monster Laut ini dianggap sangat menyeramkan seperti 7 makhluk berikut ini.

7 Monster Bawah Laut Paling Seram dalam Mitologi

Cetus (Yunani)

Monster Bawah laut
Sumber : wikimedia.com

Cetus adalah monster laut dalam mitologi Yunani. Beberapa penulis mitologi Yunani bahkan menyebut semua monster menyeramkan dari laut sebagai Cetus.

Berdasarkan beberapa petunjuk dan cerita, Cetus adalah sejenis ular/naga, hiu, paus, atau ikan yang berukuran raksasa. Dalam salah satu cerita paling terkenal tentang makhluk itu, Poseidon mengirim Cetus untuk melahap Andromeda.

Di mitologi Yunani, Andromeda adalah putri dari Raja Aethiopia, Cepheus, and istrinya, Cassiopeia. Poseidon ingin menghukum Ratu Cassiopeia karena telah menghina para Nereid karena menyebutkan Anaknya lebih cantik dari semua Nereid.

Tapi disaat saat terakhir Perseus datang menyelamatkan Andromeda, dia bisa mengalahkan Cetus yang ganas dengan menggunakan kepala Medusa.

Finfolk (Skotlandia)

images 24 1
Sumber : fandom.com

Finfolk atau Finnfolk adalah Monster dan penyihir pengubah bentuk yang katanya tinggal di laut, ras yang hidup di Finfolkheem sering muncul di laut Finfolk ke Kepulauan Orkney di Skotlandia.

Finfolk entah itu Finman (sebutan untuk finfolk pria) dan Finwife (finfolk wanita) akan menculik para nelayan yang tidak curiga, atau pemuda yang galau di dekat pantai dan memaksa mereka menjadi budak para Finfolk ini seumur hidup.

Tapi berdasarkan Mitologi para Makhluk Finfolk ini pergi setelah kedatangan Kristen ke Pulau Orkney.

Baca juga : 7 Iblis Lambang Dosa Besar.

Jörmungandr (Skandinavia)

images 25 min
Sumber : Fandom.com

Jörmungandr atau World Serpent (Ular Dunia) adalah Ular Laut Besar (sebesar Dunia) dari Mitologi Skandinavia. Dipercaya sebagai anak dari Dewa penipu terkenal Loki dan raksasa Angrboða.

Menurut Edda, anak – anak Loki di tangkap dan dibuang oleh Odin. Jörmungandr dibuang oleh Odin ke lautan hingga membuatnya menjadi berubah menjadi lebih besar bahkan mengelilingi dunia hingga dia disebut sebagai Ular Dunia.

Salah satu tanda kedatangan Ragnarök (Kiamat di Mitologi Skandinavia) adalah jika terjadi kerusuhan hebat di laut saat Jörmungandr melepaskan ekornya dari mulutnya.

Laut akan berubah banjir dan ular laut besar itu akan menerjang ke darat. Saat Ragnarok terjadi Jörmungandr menjadi lawan dari sang Dewa Petir, Thor Odinson.

Kraken (Skandinavia)

images 26 min 1

Kraken adalah Monster Bawah laut berukuran raksasa dengan penampilan seperti Gurita Raksasa dalam kisah rakyat Nordik dan langsung menjadi legenda di kalangan para Pelaut. Menurut kisah, kraken berdiam di lepas pantai Norwegia dan Greenland dan meneror pelaut di sekitarnya.

Kraken telah menjadi ketakutan utama para pelaut yang melewati Laut Atlantik Utara dan terutama pelaut dari negara-negara Nordik. Selama berabad-abad, kraken telah menjadi takhayul dan mitos yang menakuti pelaut .

Kraken digambarkan memiliki paku pada pengisapnya hingga mirip kepiting. Beberapa penulis dan peneliti menilai jika kemunculan Kraken ini dipengaruhi oleh penampakan gurita raksasa (hewan yang benar – benar nyata) oleh para nelayan.

Kisah Kraken Semakin Populer setelah sering muncul dalam Serial Film Populer “Pirates Of Carribean”.

Leviathan (Ibrani)

images 29
Sumber : fandom.com

Leviathan adalah adalah ular laut yang dicatat dalam berbagai kitab – kitab Ibrani. termasuk Kitab Mazmur , Kitab Ayub , Kitab Yesaya , Kitab Amos dan kitab Henokh.

Leviathan disebut sebagai perwujudan dari kekacauan dan dia bertugas untuk memakan orang – orang terkutuk setelah kematian. Selain itu Leviathan juga menjadi perwujudan dari 7 Iblis dosa besar yang mewujudkan Envy atau kecemburuan.

Tiamat (Mesopotamia)

images 27 min 1
Sumber : Wikipedia.com

Tiamat adalah Dewi Laut sekaligus monster dari Mitologi Mesopotamia. Tiamat dianggap sebagai salah satu Dewi Pertama dalam mitologi Mesopotamia dan menikah dengan Dewa Tanah Abzu.

Tapi meski dianggap sebagai Dewi yang memberikan kehidupan, Tiamat juga memiliki sisi yang dianggap sebagai makhluk Primordial yang melambangkan Kekacauan. Beberapa sumber mengidentifikasi dia dengan gambar ular laut atau naga. Bahkan dalam Permainan Dungeon and Dragon, Tiamat digambarkan sebagai naga berkepala sembilan.

Cthulhu (Lovecraftian)

images 28 min

Cthulhu adalah monster Bawah Laut Raksasa dari mitologi Lovecraftian yang diciptakan oleh penulis H.P Lovecraft. Lovecraft menggambarkannya sebagai entitas raksasa yang dipuja oleh pemuja, dalam bentuk seperti penggabungan antara gurita, naga, dan manusia raksasa.

Dalam cerita “The Call of Cthulhu”, HP Lovecraft menggambarkan Cthulhu sebagai: “Monster dengan bentuk antropoid yang samar-samar, tetapi dengan kepala seperti gurita, wajahnya berupa kumpulan antena, bersisik, cakar yang luar biasa pada kaki belakang dan depan, dan sayap panjang dan sempit di belakang.

Cthulhu sendiri adalah the Great Old One, Pantheon Dewa Cosmic dalam Mitologi Lovecraftian, hingga dia disembah dan dipuja oleh para hambanya.

Baca juga : Dewa Mitologi Nordik.

Dan itulah kawan 7 Makhluk bawah laut paling seram dalam mitologi semoga informasi ini menarik dan bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock