7 Pahlawan Super Masa Lalu, Superhero Jaman Kuno

Halo sobat, kali ini kami akan membahas tentang 7 Pahlawan Super Masa Lalu, yang kisah kepahlawanannya tak kalah hebat dari pahlawan super – pahlawan super modern yang sering kita lihat di film, komik ataupun televisi.

Kisah para Superhero Jaman Kuno ini menjadi telah legenda dan cerita rakyat yang telah diceritakan ataupun tertulis di berbagai naskah kuno, bahkan telah dipercaya kebenarannya selama puluhan ataupun ratusan tahun.

Mulai dari kisah kehebatan Raja Gilgamesh yang melawan kematian, Hercules yang gagah berani hingga Pahlawan Super yang terkenal di Indonesia Gatotkaca!!

Untuk mengetahui lebih banyak, mari kita sama – sama ceritanya tentang para pahlawan super ini.

7 Pahlawan Super Masa Lalu, Superhero Jaman Kuno

Gilgamesh (Mesopotamia/ Sumeria)

Sumber : edwardterry.co.uk

Gilgamesh adalah kisah Raja Pahlawan yang berasal dari peradaban Bangsa Mesopotamia dan Sumeria Kuno dan dipercaya sebagai cerita Manusia Super dan Superhero pertama yang pernah dibuat oleh manusia.

Kisahnya diceritakan dalam sebuah naskah kuno dan puisi berjudul Epic Of Gilgamesh. Banyak yang Peneliti percaya jika sosok Raja Pahlawan Gilgamesh adalah Sosok Raja yang nyata dari kota Uruk yang telah didewakan oleh warganya.

Kisah legendaris Raja Gilgamesh diriwayatkan dalam lima puisi dalam bahasa Akkadia (bahasa yang dipakai oleh bangsa Sumeria) yang bercerita tentang perjalanan sang Raja menuju ke Netherworld (Dunia Bawah/ Akhirat) untuk melawan kematian.

Bersama Dewa Enkidu, dia membantu Dewi Inanna mengusir para makhluk jahat yang mencoba menyerang pohon huluppu (tempat bersemayamnya sang Dewi).

Saking terkenalnya kisah ini, Di jaman Bangsa Babilonia pun kisah ini tetap mendapatkan tempat di hati banyak orang dan di era modern pun sosok Gilgamesh kembali muncul dalam serial Fate/ Series.

Gilgamesh dalam Fate Series

Hercules/ Heracles (Yunani/Romawi)

Sumber : thought.co

Hercules atau Herakles (dalam bahasa Yunani) adalah seorang Manusia setengah Dewa dan cerita mitologi Romawi dan Yunani Kuno yang dianugerahi kekuatan yang luar biasa oleh Jupiter/Zeus.

Menurut Cerita Hercules adalah anak dari Dewa Jupiter atau Zeus (Yunani) seorang pemimpin para dewa di kepercayaan orang Yunani dan Romawi dan seorang manusia biasa.

Dalam mitologi Romawi, Hercules dianggap sebagai Pahlawan dari orang-orang lemah dan pelindung rakyat kecil, tapi ujian selalu datang menyertai hidupnya, mulai dari kecemburuan ibu Tirinya, Hera istri dari dewa Jupiter dan 12 “ujian” yang harus dilaluinya untuk diakui menjadi dewa.

12 Ujian Hercules itu antara lain :

  • Membunuh Singa Nemea .
  • Membunuh Hydra berkepala sembilan .
  • Mengambil tanduk Emas Rusa Milik Dewa Artemis
  • Menangkap Babi Erymanthian .
  • Membersihkan kandang milik raja Augean yang sangat luas dalam satu hari.
  • Bunuh Burung Stymphalian .
  • Menangkap Banteng Kreta .
  • Mencuri sekumpulan kuda milik Diomedes .
  • Mendapatkan korset Hippolyta milik Ratu Amazon
  • Dapatkan ternak monster Geryon .
  • Mencuri apel dari Hesperides .
  • Menangkap kembali Cerberus

Kisahnya sangat legendaris hingga banyak diangkat ke berbagai media modern termasuk dalam film animasi Disney berjudul ” Hercules”.

Baca juga : Dewa dan Dewi Yunani.

Samson / Sam’un (Israel / Islam)

Sumber : pinterest.com

Samson atau Sam’un (Islam) adalah salah satu hakim terakhir bangsa Yahudi sebelum datangnya para raja yang kisahnya tertulis dalam Book Of Judge, selain itu dia juga dikenal sebagai seorang nabi (bukan rasul) dalam agama Islam.

Samson atau Sam’un ini juga dikenal sebagai tokoh pahlawan oleh bangsanya juga beberapa wilayah di timur tengah.

Samson karena kasalehannya dikaruniai kekuatan yang besar oleh Tuhan, untuk membantunya melawan musuh-musuhnya.

Salah satu cerita kehebatannya adalah ketika beliau berhasil mengalahkan seekor singa dengan tangan kosong dan mengalahkan pasukan musuh hanya menggunakan tulang rahang dari keledai.

Tapi kekuatan yang besar itu akan hilang dan lenyap jika rambutnya di potong. Dan itu terbukti setelah dia dikhianati boleh kekasihnya Delilah yang ternyata saudari dari musuhnya.

Samson yang dikhianati ditangkap oleh musuh, disekap dab matanya di buat buta. Dalam keadaan lemah dia berdoa pada Tuhan yang Maha Esa yang langsung mendengar doanya, dan mengembalikan kekuatannya.

Dengan kekuatannya itu dia merobohkan kuil tempat musuhnya berada mengubur dirinya sendiri dan semua musuh – musuhnya.

Dalam islam kisah Sam’un sedikit berbeda, dia tidak dikhianati boleh kekasihnya tapi oleh istrinya sendiri yang tergiur oleh iming – iming Raja yang Dzalim, seperti kisah diatas, setelah mendapatkan kekuatannya kembali Nabi Sami’un menghancurkan Istana milik sang Raja dengan Tangannya.

Perseus (Yunani)

Sumber : worldhistory.org

Perseus adalah seorang pahlawan legendaris dari Bangsa Yunani Kuno dan juga dikenal sebagai pendiri dari dinasti Perseid.

Dalam mitologi Yunani kuno, Perseus bisa dibilang adalah Superhero terbesar kedua setelah Heracles karena kemampuannya mengalahkan Medusa Gorgon dan Menyelamatkan Dewi Andromeda dari Monster laut Ganas Cetus.

Sama seperti Hercules, Perseus adalah anak dari Zeus dan Manusia biasa.

Baca Juga : 7 Iblis Penggambaran Dosa Besar.

Raja Arthur ( Britania Raya)

Sumber : worldhistory.org

Raja Arthur adalah sebuah kisah kepahlawanan populer di abad pertengahan yang menceritakan tentang seorang anak yang ditakdirkan untuk menguasai kerajaan Inggris Raya setelah mencabut pedang suci, Excalibur dari atas sebuah batu.

Raja Arthur di temani oleh seorang Penyihir Legendaris bernama Merlin dan 13 Ksatria meja bundar (Jumlahnya berubah tergantung penulis dari 13, 50, 60 hingga paling banyak 366 anggota) dan tinggal di istananya yang megah bernama Camelot.

Ke 13 Ksatria Meja Bundar yang banyak di kenal antara lain :

  • Sir Accolon
  • Sir Gallahad,
  • Sir Lancelot,
  • Sir Percival,
  • Sir Tristan,
  • Sir Gawain,
  • Sir Agravaine,
  • Sir Gareth,
  • Sir Bedivere,
  • Sir Bleoberis de Gannes,
  • Sir Brunor le Noir,
  • Sir Lucan,
  • Sir Palomedes.

Raja Arthur dikenal sebagai Raja yang tak terkalahkan dan berhasil memukul mundur pasukan Saxon dalam perang antara British dan Saxon. Di akhir cerita beliau harus kalah di tangan anaknya sendiri Mordred.

Meski cerita Raja Arthur ini penuh dengan cerita Fantasi, tapi beberapa peneliti sepakat jika Raja Arthur diangkat dari seorang Tokoh Sejarah yang Asli.

Sun Wu Kong (Tiongkok)

Sumber : hero.fandom.com

Sun Wu Kong atau Sun Gokong (dikenal juga dengan nama Son Goku) adalah seekor kera yang memiliki kesaktian luar biasa tapi memiliki tabiat nakal hingga Buddha sendiri turun tangan untuk menjinakkannya.

Kisah Journey to the West adalah kisah kepahlawanan yang di buat pada abad ke-16 oleh seorang penulis dari dinasti Ming bernama Wu Cheng-en.

Kisah Journey to West sendiri bercerita tentang perjalanan seorang biksu bernama dari dinasti Tang yang berjalan ke Barat ( India ) untuk mendapatkan kitab Sutra bersama tiga orang muridnya.

Murid-murid ini adalah Sun Wukong , Zhu Bajie dan Sha Wujing , bersama dengan seorang pangeran naga yang bertindak sebagai tunggangan Tang Sanzang, seekor kuda putih.

Selama perjalanan mereka harus mengalami banyak cobaan dan rintangan sambil menolong berbagai orang yang mereka temui.

Kisah legenda Sun Wukong ini sangatlah terkenal karena menjadi salah satu inspirasi Anime Dragon Ball.

Gatotkaca ( India/ Indonesia)

Sumber : awake777.wordpress.com

Gatotkaca adalah seorang tokoh dalam sebuah epik cerita Mahabharata. Dia adalah putra dari Bimasena (Bima) dari keluarga Pandawa.

Gatotkaca dikisahkan memiliki kekuatan yang luar biasa. Dalam perang besar Mahabarata, ia berhasil mengalahkan banyak sekali sekutu dari Kurawa sebelum akhirnya harus gugur di tangan Karna.

Di Indonesia sendiri tokoh Gatotkaca adalah tokoh pewayangan yang sangat populer dikenal karena Kesaktiannya hingga mampu terbang di angkasa tanpa menggunakan sayap, serta terkenal dengan julukan “otot kawat tulang besi”.

Baca juga : Makhluk Mitologi Asli Nusantara.

Dan itulah kawan ke 7 Pahlawan Super dari Masa Lalu, semoga informasi ini menarik dan menambahkan wawasan kamu.

Sampai jumpa di Pembahasan menarik lainnya hanya di sini.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version