7 Peradaban yang Hilang di Dunia, Masih Misteri

Halo sobat, pernahkah kamu mendengar tentang peradaban yang hilang, Atlantis ? Pasti pernah iya, meski banyak peneliti yang menyatakan jika Atlantis itu hanyalah kisah fiksi tapi banyak juga yang meyakini keberadaannya.

Bahkan ada peneliti asal Brazil yaitu Profesor Santos dalam bukunya “Atlantis Finally Founded” menyatakan jika peradaban Atlantis itu kemungkinan berada di Indonesia dilansir kumparan.

Tapi sebelum kita membahas lebih jauh, apa sih Peradaban itu ? Peradaban adalah suatu kumpulan hasil kebudayaan manusia, yang mencakup keseluruhan aspek kehidupan manusia, baik itu secara fisik (misalnya bangunan, jalan), ataupun juga non-fisik (nilai-nilai, tatanan, seni budaya, dll).

Tapi tahukan kamu jika selain Atlantis ternyata terdapat beberapa peradaban – peradaban kuno yang di yakini pernah ada di dunia ini, tapi menghilang begitu saja, ada yang menghilang tanpa jejak tapi ada juga diantaranya yang masih meninggalkan beberapa peninggalan seperti Batu Besar di pulau Easter.

Kami telah merangkum semuanya dalam materi berikut ini :

7 Peradaban yang Hilang di Dunia

Peradaban Atlantis

Peradaban yang hilang
Sumber : wikipedia.com

Nama Atlantis pertama kali muncul dalam sebuah karya bernama Timeus dan Critias hasil karya dari seorang filsuf terkenal asal Yunani yaitu Plato. Dalam tulisannya itu Plato menceritakan jika Athena mendapatkan serangan dari negara kepulauan bernama Atlantis.

Dalam ceritanya itu Atlantis digambarkan sebagai negara yang kebudayaan dan teknologi yang sangat tinggi hingga terdengar seperti sebuah Utopia. Tapi sayang karena tingginya peradaban di sana hingga membuat orang – orang di sana menjadi sombong. Hingg para Dewa – dewi marah dan menghancurkannya tanpa sisa.

Kisah peradaban Atlantis ini terus menjadi buah bibir bahkan setelah Plato tiada. Bahkan cerita banyak diangkat menjadi film – film di Hollywood.

Meski begitu belum ada temuan – temuan dan bukti adanya peradaban Atlantis. Hingga banyak peneliti menganggap jika Atlantis adalah sebuah Alegori atau kisah Fiksi yang dibuat Plato untuk menyindir masyarakat Athena tempo dulu yang terkenal sombong.

Bangsa Maya

Suku maya
Sumber : dw.com

Siapa yang tak heboh pada tahun 2012 lalu karena sebuah kalender peninggalan bangsa satu ini. Iya, Pada 2012 lalu banyak orang yang merasa ketakutan mendengar ramalan bangsa Maya tentang akhir zaman.

Bangsa Maya sendiri adalah sebuah kebudayaan kuno dari tahun 600 M dan dipercaya sebagai salah satu kebudayaan dan peradaban paling maju di Amerika Tengah, bagaimana tidak bersamaan, dengan Borobudur di Indonesia. Bangsa Maya telah membuat Piramida mereka sendiri.

Itulah yang membuat hilangnya kebudayaan mereka menjadi sangat misterius, karena sampai para peneliti belum memiliki cukup bukti bagaimana peradaban besar seperti Maya, bisa menghilang tanpa jejak.

Baca juga : Hukum paling aneh di dunia

Peradaban Catalhöyük

Catalhöyük
Sumber : dailysabah.com

Peradaban yang hilang selanjutnya adalah Peradaban kota Catalhöyük, yang dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia karena diperkirakan ada pada tahun sekitar 3000 SM di tempat yang sekarang kita kenal sebagai Turki.

Meski kota ini berada sebelum ditemukannya besi dan praaksara. Tapi para peneliti menemukan jika di kota ini, orang – orang sudah menguburkan jenazah di tanah dan di temukan juga beberapa temuan bekas ritual – ritual agama dan kesenian.

Yang paling menakjubkan dari kota ini adalah kota ini memiliki tata kota yang unik bangunannya dibangun seperti sarang. Diyakini orang – orang yang tinggal di sini sudah mulai melakukan kegiatan pertanian.

Peneliti masih belum menemukan bukti, tentang alasan bagaimana peradaban Catalhöyük menghilang dan di tinggalkan begitu saja.

Peradaban EL Dorado

El Dorado
sumber : Wikipedia.com

Selama ratusan tahun setelah Christoper Columbus menginjakan kaki di Amerika, banyak sekali petualang – petualang dan pencari harta Karun yang Maria – Matian berkeliling di lebatnya hutan Amazon untuk mencari sebuah peradaban dan kota yang Hilang di sebut El Dorado.

El Dorado sendiri berasal dari kata El Hombre Dorado dalam bahasa Spanyol yang berarti Manusia Emas. Menurut legenda di Amerika pernah hidup seorang Raja yang seluruh tubuhnya dilapisi oleh emas, selain itu seluruh kota tempat dia tinggal pun semuanya dari emas.

Legenda El Dorado sendiri selalu berubah ubah, mulai dari Raja Emas, Kota Emas hingga Peradaban Emas. Tentu saja membuat banyak orang berlomba – lomba untuk mencarinya. Meski begitu sampai saat ini belum ada bukti jika El Dorado ini benar – benar ada.

Baca Juga : 10 Standar kecantikan paling aneh di dunia.

Peradaban Bangsa Troya

Perang troya
Sumber : ancient.eu

Untuk kamu yang menyukai legenda Yunani pasti pernah mendengar tentang Perang Troya. Perang ini bercerita tentang sebuah perang besar antara bangsa Yunani melawan Bangsa Troya di karenakan Ratu Helen dari Yunani di culik oleh Pangeran dari Troya.

Dalam Perang itu terkenal karena cerita kematian legenda Yunani bernama Achilles dan Strategi Kuda Troya. bangsa Troya sendiri diyakini berasal dari daerah Turki. Perang ini di abadikan oleh penulis asal Yunani bernama Homer pada pada 700 SM.

Setelah berakhirnya perang Troya ini, bangsa Troya tak langsung hilang di telan bumi, banyak peneliti menyebut jika Bangsa Troya ini terus ada sampai benar – benar menghilang saat periode berkuasanya Kerajaan Babilonia.

Peradaban Göbekli Tepe.

Göbekli Tepe
Sumber : aa.com.tr

Göbekli Tepe mungkin salah satu bangunan paling misterius yang pernah di buat manusia. Dibangun sekitar pada tahun 10.000 SM, dan terletak di Turki selatan, Göbekli Tepe diliputi oleh dinding dan prasasti melingkar dan seperti sarang, atau monolit, yang dipenuhi oleh ukiran binatang.

Banyak yang Peneliti percaya jika tempat ini awalnya berfungsi sebagai kuil untuk para suku nomaden dan tidak menjadi tempat tinggal permanen, meskipun mungkin ada beberapa pendeta yang tinggal di sana sepanjang tahun.

Masih banyak yang belum diketahui tentang tempat ini, apa yang disembah di sini dan kenapa sampai di tinggalkan dan peradabannya bisa hilang begitu saja.

Peradaban Pulau Easter

Patung pulau easter
Sumber : express.co.uk

Peradaban yang Hilang terakhir adalah peradaban Pulau Easter yang terkenal karena patung kepala batu besar di sekitar pulaunya. Patung Kepala Raksasa itu di kenal dengan nama Moui. Mereka di buat oleh orang – orang Rapa Nui yang para ahli mengatakan datang ke pulau itu sejak 800 SM.

Saat pelayar Eropa datang ke sana, pulau itu di huni oleh 12000 orang, tapi waktu berlalu dan ketika pelayar Eropa datang kembali kesana Pulau itu hanya di huni oleh kurang dari 100 orang saja.

Belum ada pendapat mutlak tentang kejadian ini, meski ada pendapat peneliti yang meyakini alasan pulau itu ditinggalkan adalah karena pulau itu terlalu kecil untuk menampung banyak penduduk dan kekurangan sumber daya alam.

Dan demikian lah 7 Peradaban yang hilang di dunia, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu semua. Sampai jumpa di materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com