7 Robot Terunik di Dunia, Dari Robot Ikan Hingga Astronot

Halo sobat, hari kita akan membahas tentang 7 Robot Terunik di Dunia yang pernah diciptakan oleh para ilmuwan. Robot – robot ini sampai sekarang masih ada loh, bahkan beberapa ada yang masih beroperasi dan bekerja dengan baik.

Karena kita tahukan jika perkembangan teknologi dan pengetahuan tentang Robot telah memompa semangat para ilmuwan untuk menciptakan berbagai robot yang mungkin berguna bagi umat manusia, mulai yang berguna sebagai robot pekerja di pabrik hingga robot antariksa.

Seperti ke tujuh robot di bawah ini, yang pastinya sangat unik daripada robot lainnya.

7 Robot Terunik di Dunia

Lovot, Robot Pemberi Pelukan

Lovot, robot terunik di dunia
sumber : jpnn.com

Di jaman modern ini, banyak sekali orang yang mengalami gangguan kejiwaan, entah itu yang ringan seperti stress dan tekanan kerja hingga trauma yang amat berat. Dikarenakan tuntutan jaman yang begitu tinggi, hingga kadang manusia kesulitan menemukan pasangan untuk menghilangkan kesepiannya.

Bahkan kebutuhan yang sangat mendasar seperti sebuah pelukan hangat saja sangatlah sulit. Untuk itulah para peneliti di Jepang membuat sebuah Robot Terunik yang dinamakan Lovot (Love Robot)

Dengan bentuknya yang unik dan bahan yang sangat nyaman untuk di peluk, Lovot diciptakan untuk kamu – kamu jomblowan dan Jomblowati yang sering mengalami kesepian. Jika kamu berminat dapat mengunjungi websitenya disini

Robot, Translator Untuk Ikan dan Lebah

Ya, kamu tidak salah baca. Sekelompok Peneliti Asal Swiss dari Swiss Federal Institute of Technology, Lausanne, menciptakan sebuah penemuan yang sangat unik, mereka menciptakan sebuah Robot terunik di dunia yang mungkin dapat membantu kita memahami Ikan dan Lebah.

Robot Penerjemah ini dapat mengeluarkan perintah untuk setiap spesies kemudian menerjemahkan tanggapan mereka itu menjadi sinyal untuk kelompok lainnya.

Mereka juga dapat menerjemahkan bahasa lebah melalui getaran atau perubahan suhu yang dapat membuat lebah berpindah ke area yang berbeda.

Meskipun terdengar seperti eksperimen yang aneh, berkomunikasi dengan hewan sangatlah bagus untuk kepentingan masyarakat umum. Bayangkan jika kita bisa menghentikan burung agar tidak terbang di atas bandara atau membuat kucing peliharaan kamu berhenti buang air besar sembarangan.

Baca juga : Cara menghilangkan Bau mulut saat Ramadhan

Robot dengan Otak Cacing

jika kamu memiliki kemampuan untuk memindahkan otak hewan ke dalam sebuah robot, hewan apakah yang akan kamu pilih, Anjing kah ? atau Kucing yang lucu ? atau kamu mau memindahkan otak burung ? Bagaimana dengan cacing ?

Tapi ini lah yang dilakukan oleh para peneliti di perusahaan bernama Open Worm pada tahun 2014 lalu, mereka berhasil memindai otak cacing dan melakukan mind mapping hingga dapat memindahkan semua kebiasaan cacing pada tubuh robot.

Bisa di bilang para ilmuwan gabut ini berhasil menciptakan makhluk digital pertama di dunia dengan otak cacing.

Robot Polisi Lalu Lintas

Robot polisi
globaltime.cn

Dunia mulai menggantikan peran manusia dengan robot secara perlahan – perlahan, seperti yang terjadi di China pada 2019 lalu.

Pada 2019, China mulai menggunakan robot untuk menjadi polisi lalu lintas. Kepolisian daerah Handan sekarang menggunakan tiga jenis robot yang membantu petugas untuk menjaga ketertiban berlalu lintas. Ketiga robot ini memiliki desain yang serupa, tetapi masing-masing menjalankan fungsi yang berbeda.

Robot yang pertama adalah mencari dan mendokumentasikan pelanggaran di jalan raya. Robot kedua memberi peringatan kecelakaan, dan terakhir robot yang membantu mengarahkan pengemudi di stasiun manajemen kendaraan, sekaligus mengawasi risiko pelanggaran keamanan.

Orang – orang di China sebenarnya sudah tidak asing dengan Robot polisi, karena pada 2016, Telah menggunakan robot keamanan di Bandara Shanghai.

Baca juga : Fakta Sejarah Android.

Robot ikan dengan Darah Sintetis.

Mungkin judul tadi terdengar seperti sebuah film science fiksi tapi Robot yang memiliki darah sintetis ini benar – benar ada dan masih berfungsi sampai sekarang. Robot ikan ini menggunakan Darah Sintetis itu untuk bergerak.

ikan robot menggunakan cairan hidrolik – mirip dengan darah di dalam ikan sungguhan – dan memiliki tenaga yang cukup untuk berenang selama 36 jam. Sayangnya ikan ini berenang cukup lambat.dan hanya bisa berenang dengan kecepatan hanya 1,5 panjang tubuh si ikan per menit.

Meski begitu Robot ciptaan dari Profesor Rob Sheppard ini menjadi sebuah kemajuan pesat bagi ilmu pengetahuan.

Skybot F-850, Robot Astronot

images 8 copy 1280x853 min
Sumber : space.com

Skybot F-850 adalah astronot android, robot yang dirancang oleh badan antariksa Rusia untuk hidup Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Para Insinyur dan Peneliti menghabiskan waktu lima tahun untuk mengembangkan dan mempersiapkan Skybot untuk tantangan pergi ke luar angkasa. Android enam kaki dibangun dari bahan kokoh untuk dapat bertahan dari ledakan dan gravitasi nol, dan secara khusus diprogram untuk menghentikannya secara tidak sengaja merusak pusat ruang angkasa.

Jadi jika kamu berkesempatan mengunjungi ISS, kamu mungkin dapat bertemu dengan Skybot ini.

Aquanut, Robot Penjelajah Lautan

Dan Robot Terunik di Dunia yang terakhir adalah Aquanut, yang diciptakan oleh perusahaan Houston Mechatronics untuk dapat menjelajahi kedalaman laut. Bahan di Aquanut ini sudah dipersiapkan agar dapat bertahan di tekanan besar di bawah laut.

Dibangun dengan anggaran $ 23 juta, Aquanaut dirancang untuk digunakan pada jaringan pipa minyak dan gas laut dalam. Robot ini memiliki “mode kapal selam” yang efisien untuk menyelam hingga ke laut dalam.

Aquanaut membawa berbagai peralatan canggih. Kepalanya telah dilengkapi dengan sensor 3D, kamera stereo, dan sistem sonar.

Baca juga : Cara meningkatkan Rasa Percaya diri.

Dan itulah kawan artikel mengenai Robot terunik di dunia, semoga informasi ini bermanfaat dan menambahkan wawasan kamu.

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com