7 Spirit Dolls Paling Seram di Dunia – Tak kalah dari Annabelle

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 7 Spirit Dolls Paling Seram yang ada di Dunia, fenomena Boneka Arwah ini sebenarnya telah ada sejah dahulu kala, bahkan di Indonesia sendiri ritual menggunakan Boneka seperti Jelangkung sendiri telah menjadi tradisi leluhur kita.

Spirit doll sendiri memiliki arti boneka arwah. Boneka arwah yang diyakini sebagai tempat bersemayamnya arwah atau ruh atau jin yang menjadikan boneka sebagai mediumnya.

Sejak awal 2022, boneka arwah atau spirit Dolls mendapatkan perhatian publik setelah banyak sekali selebriti yang “mengadopsi” boneka tersebut dan juga banyak bertebaran toko – toko online yang menjual boneka – boneka sejenis.

Padahal fenomena “Boneka” sebagai medium selain jelangkung (Indonesia) sudah sering sekali diangkat ke layar lebar dengan cerita paling favorit yaitu Chucky dan Annabelle.

ternyata selain mereka ada beberapa cerita Spirit Dolls Paling seram yang ada di dunia yang kami siapkan untuk menemani malam – malam kamu. Apa saja boneka – boneka seram itu. Mari kita simak bersama – sama.

7 Spirit Dolls Paling Seram di Dunia.

Annabelle (Amerika Serikat)

Annabelle di film dan yang Asli

Kita mulai list ini dengan boneka hantu yang paling terkenal Annabelle. Boneka yang di temukan oleh pasangan paranormal asal Amerika Serikat yaitu Ed dan Lorraine Warren ini menjadi terkenal setelah menjadi film dalam Serial Conjuring dan Annabelle.

Tapi berbeda dari film, Boneka Annabelle sendiri awalnya adalah boneka berambut merah dari karakter Raggedy Ann yang sering muncul dalam cerita pendek buatan penulis Jonny Gruelle.

Menurut Kedua Pasangan Keluarga Warren, cerita Annabelle ini bermula saat seorang siswa perawat diberikan boneka Raggedy Ann ini pada tahun 1970. Tapi setelah dia membawa boneka itu pulang ke asrama, mulai lah timbul gangguan.

Mulai dari suara anak kecil berlari di koridor, hingga teror – teror menakutkan seperti meninggalkan catatan minta tolong, hingga akhirnya suster tersebut pergi ke tempat cenayang yang memberi tahunya tentang arwah anak kecil bernama ” annabelle” yang terjebak di dalam boneka tersebut.

Hingga akhirnya pasangan Ed dan Lorraine Warren datang untuk mengambil boneka tersebut, dan menyimpannya di museum pribadi di rumah mereka.

Robert the Doll (Amerika Serikat)

Sumber : Wikipedia

Jika kamu penikmat serial Chucky dan Child Play pasti sangat kenal dengan boneka hantu yang suka membunuh chucky, bukan. Nah, si Chucky ini ternyata diangkat dan terinspirasi oleh boneka keramat di kisah nyata loh! Yaitu kisah dari boneka Robert The Dolls.

Kabarnya boneka Arwah bernama Robert The Dolls ini dibuat oleh oleh perusahaan mainan ternama asal Jerman bernama Steiff Jerman. Dan Bonek ini diberikan kepada seniman asal Florida bernama Robert Eugene “Gene” Otto sebagai hadiah ulang tahun ketika dia masih kecil pada tahun 1904 oleh Kakeknya saat dalam perjalanan ke Jerman.

Cerita aneh tentang boneka itu bermula saat boneka ini dapat berubah ekspresi dan bergerak sendiri di sekitar rumah. Mereka yang tinggal di rumah bercerita jika mereka mendengar Gene berbicara dengan Robert the Dolls (mungkin bukan hal yang aneh bagi pencinta boneka), tetapi yang membuat merinding adalah Robert membalas ucapan dari pemiliknya itu.

Lalu seiring berjalannya waktu, gangguan yang diterima karena ulah boneka Robert ke orang – orang di rumah semakin menjadi. Hingga menyebabkan banyak kesialan terhadap pemilik rumah mulai dari kecelakaan mobil, hingga kebangkrutan menimpa keluarga Gene.

Ada teori mengatakan bahwa Gene sendiri yang membuat boneka itu kerasukan, karena menyalahkan kesalahan masa kecilnya pada boneka itu dan juga memakaikan pakaian dan memberikan namanya sendiri.

Sampai sekarang Boneka Robert berada di Museum Key West di Florida dan selalu menggangu pengunjung yang datang ke sana.

Mandy The Dolls (Kanada)

Sumber : cbc.ca

Jika di Amerika Serikat mereka memiliki hantu boneka Annabelle, di Kanada terdapat boneka hantu yang tak kalah seramnya yaitu Boneka Mandy yang sekarang berada di Museum Quesnell, Kanada.

Menurut horrorsociety.com, boneka yang dibuat antara tahun 1900 dan 1920 ini diberikan ke museum oleh seorang donor yang tidak ingin disebutkan namanya pada tahun 1991, karena dia sering diganggu oleh boneka ini.

Menurut kabar, si Pendonor sering mendengar suara tangis bayi di ruang bawah tanah rumahnya, tapi yang membuat merinding adalah suara tangis tersebut bukan berasal dari seorang bayi, melainkan dari sebuah boneka bernama Mandy.

Karena pengalaman mengerikan tersebut akhirnya pendonor tersebut membuang Mandy ke luar rumah tapi anehnya Boneka Mandy tersebut selalu berhasil kembali ke Rumahnya. Hingga suatu ketika dia memutuskan untuk mendonorkan boneka tersebut kepada pihak museum.

Awal Kedatangan Mandy dia di simpan bersama kumpulan boneka lainnya di Museum Quesnel ini. Tapi mulai memunculkan gangguan kepada pihak staf museum dan pengunjung.

Banyak staf yang melaporkan bahwa makan siang mereka hilang, hanya untuk muncul dengan rapi terselip di laci berbeda beberapa jam kemudian. Selain itu beberapa Buku dan alat tulis juga mulai hilang secara rutin. Hingga akhirnya pihak museum memisahkan Mandy dari Boneka lainnya.

Menurut ahli supranatural, boneka tersebut dirasuki oleh arwah anak kecil hingga di ingin perhatian dari orang – orang.

Baca juga : Tempat Paling Seram di Dunia.

Luk Thep/ Khuman Tong (Thailand)

Sumber : coconut.co

Kali ini kita bergeser ke Thailand dimana terdapat sebuah ritual ataupun kebiasaan bernama Luk Thep yang berarti Malaikat kecil atau Dewa Anak. Dalam ritual tersebut mereka menjadikan boneka sebagai pengganti penyembahan roh anak-anak.

Luk Thep diperlakukan seperti bayi atau anak lainnya, mereka diberi makan, berpakaian, dan digendong dan dipercaya akan mendapatkan keberuntungan bagi orang yang memilikinya hingga menjadi trend di negara asalnya Thailand dan membuat heboh negera tetangga seperti Indonesia, apalagi setelah Ivan Gunawan dikabarkan memiliki Boneka tersebut.

Sebelum Luk Thep menjadi viral di Thailand, sebenarnya terdapat sebuah ritual yang sama bernama Khuman Tong di Thailand. Dilansir Culturetrip.com, Kuman Thong adalah tradisi menyimpan janin yang telah meninggal sebelum dilahirkan dan diyakini menjadi kendaraan bagi arwah anak yang telah meninggal itu. Dan Luk Thep mengganti Janin itu dengan Boneka.

Baca juga : Hantu paling Seram Korea

OKIKU (Jepang)

Sumber : viguide.com

Beralih ke Jepang, dimana terdapat salah satu Spirit Dolls paling Seram bernama OKIKU yang berasal dari negara matahari Terbit, Jepang. Boneka Okiku berada di Kuil Mannenji di Hokkaido, di mana pendeta akan secara bergiliran memangkas rambut Okiku yang sampai saat ini terus tumbuh.

Cerita tentang Boneka Okiku ini berawal pada tahun 1918, ketika Eikichi Suzuki membeli sebuah boneka perempuan dari Hokkaido untuk adik perempuannya, yang bernama Okiku. (Adiknya itu memberi namanya sendiri pada boneka itu).

Dengan tinggi sekitar 40cm dan mengenakan kimono tradisional, boneka itu sangat indah. Rambutnya berwarna hitam pekat dan dipotong kira-kira sebahu, dengan gaya rambut tradisional ‘ okappa ‘. membuat semua orang yang melihat boneka tersebut akan terpana.

Okiku bermain dengan boneka itu hampir setiap hari, membawanya ke mana-mana, dan memperlakukan boneka Okiku seperti adik perempuannya sendiri. Tapi setahun kemudian, tragedi terjadi. Pada tahun 1919, Okiku meninggal karena penyakit kuning.

Ketika Okiku meninggal, keluarganya percaya bahwa roh Okiku menghuni boneka itu karena rambut di boneka itu terus tumbuh seperti seorang anak perempuan.

Barbie Pulau Ubin (Singapura)

Sumber : asiaone.com

Jika kamu berkunjung dan berwisata ke Singapura kamu dapat mengunjungi sebuah kuil di daerah selatan Pulau Ubin, Singapura, yang menyimpan boneka Barbie keramat. Boneka Barbie itu disebut juga sebagai Barbie Pulau Ubin.

Kuil yang disebut sebagai The German Girl Shrine atau Kuil Gadis Jerman ini telah berusia 110 tahun dan menyimpan sebuah boneka Barbie yang dibuat untuk menghormati seorang gadis Jerman (namanya tidak diketahui) yang meninggal disana pada tahun 1914.

Setelah pembangunan kuil tersebut, Para penjudi dari Singapura dan semenanjung Melayu sering sekali mengunjungi kuil tersebut dengan membawa persembahan dengan harapan bahwa roh Gadis Jerman yang bersemayam di boneka Barbie akan memberkati mereka dengan keberuntungan dan bahkan beberapa orang mengaku menjadi lebih cantik saat mengunjungi kuil tersebut.

Sampai saat ini boneka tersebut telah menjadi objek wisata yang selalu sering dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Jenglot (Indonesia)

Jenglot

Oke boneka Hantu yang terakhir adalah Jenglot yang tentu saja berasal dari Indonesia. Di saat orang – orang “modern” yang mengadopsi boneka Arwah atau Spirit Dolls untuk mendapatkan kebahagiaan dan keuntungan. Leluhur kita telah mengadopsi boneka Mitologi yaitu Jenglot untuk mendapatkan keuntungan.

Berbeda dengan Spirit Dolls yang dipercaya diisi oleh Roh anak-anak. Jenglot dipercaya sebagai mantan manusia sakti yang berubah menjadi jenglot karena mempelajari ilmu Kanuragan yang disebut Batara Karang.

Berbeda dengan Spirit Dolls yang meminta “Offering” makanan – makanan manusia (katanya minta makanan anak – anak) Jenglot membutuhkan darah untuk makanannya. Tapi seperti versi modern Jenglot tidak memakan darahnya secara langsung, tapi hanya menyerap sari darahnya.

Jenglot pun bisa kamu temukan di hampir semua wilayah Indonesia khususnya di daerah Jawa dan Sumatera. Jadi bagi kamu pencinta spirit Dolls yang import mungkin gak ada salahnya mengadopsi jenglot yang asli Indonesia. Cintailah produk – produk Indonesia he he he.

Baca juga : Makhluk Mitologi Asli Indonesia.

Dan itulah kawan Pembahasan materi tentang 7 Spirit Dolls Paling Seram di dunia, semoga informasi ini menambah wawasan dan menjadi bahan introspeksi dan pertimbangan untuk kamu.

Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version