7 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Halo sobat, pernah kah dari kamu merasakan jika mulutmu terasa berbau tidak sedap saat berpuasa ? Lalu kamu mencari cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa agar kamu bisa tampil pede dan beraktivitas lebih baik saat berpuasa Ramadhan, tapi hasilnya kurang memuaskanmu.

Meski orang menyebut jika bau mulut orang berpuasa itu layaknya bunga kasturi, bukan berarti mulut kamu haru bau bukan ?

Tapi tenang sobat, masih banyak cara kok untuk menjaga kesehatan mulut dan tips menghilangkan bau mulut yang bisa kamu coba, seperti 5 cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa berikut ini :

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Bersihkan Mulut dan Gigi Secara Rutin

Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa
sumber : theguardian.com

Saat kamu berpuasa, bukan berarti kamu tidak mencoba untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut kamu kawan. Bahkan menurut Dr Ismail Yahya, Dekan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dilansir Kompas.com menyebutkan jika kita diperbolehkan untuk menyikat gigi saat berpuasa.

Menurutnya, sangat bagus menyikat gigi atau bersiwa ataupun berkumur sesudah kita melakukan sahur atau sebelum salat subuh.

Caranya membersihkan mulut agar tidak bau saat berpuasa sebagai berikut :

  • Sikat gigi 2 kali sehari secara teratur, setelah sahur dan sesudah berbuka puasa. Gunakan sikat gigi berbulu halus. dan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • atau gunakan batang siwak atau miswak untuk membersihkan gigi.
  • Jangan lupa untuk bersihkan lidah juga setelah menyikat gigi.
  • Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.
  • Lalu terakhir, berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

Perbanyak Minum Air Putih

Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa
sumber : aces.edu

Kadang bau mulut kita yang tidak segar saat berpuasa dikarenakan mulut kita kering dan kekurangan cairan dalam tubuh kita. Selain membuat bau, kekurangan cairan dapat membuat kamu panas dalam dan mulutmu yang kering bisa terluka.

Jadi pastikan untuk mencukupi asupan cairan tubuhmu saat berpuasa, disaat berbuka dan disaat sahur. Terutama air putih karena sangat bagus untuk asupan tubuh.

Minum satu gelas air putih saat berbuka, lalu beberapa gelas lagi setelah solat magrib dan setelah menyantap makanan berbuka, lalu saat sahur pastikan kamu paling tidak sudah meminum paling tidak dua gelas air.

Di jamin mulutmu akan lebih segar dan tak mudah mengering.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kolesterol

Hindari Makanan Berbau Menyengat Saat Sahur

Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa
sumber : health.grid.id

Saat sahur, biasanya banyak diantara kita yang memakan sisa makanan saat berbuka. Tapi kadang diantara makanan tersebut terdapat makanan yang memiliki bau menyengat dan khas. Seperti Jengkol, Pete, bawang – bawangan dan lain – lainnya.

Bukan berarti kamu tidak boleh memakan makanan tersebut saat sahur. cukup hindari dan kurangi saja porsinya saat sahur. Dijamin deh bau mulutmu akan jauh lebih segar.

Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Banyak Gula

Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa
Sumber : freepik.com

Hindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak sekali gula, baik saat sahur maupun buka puasa, karena Sisa gula di dalam mulut bisa mempercepat pertumbuhan bakteri di mulut.

Tapi jika kamu sangat menyukai makanan dan minuman yang super manis itu, pastikan untuk membersihkan mulut dan gigimu sampai bersih, agar bakteri di mulutmu hilang.

Perbanyak Konsumsi buah dan Sayur

Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa
Sumber : obesity.help.com

Buah dan sayur banyak sekalj mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serta air yang dapat meningkatkan produksi air liur dan mencegah munculnya bau napas tak sedap saat kita berpuasa.

Karena dapat meningkatkan produksi air liur, buah dan sayuran juga baik dikonsumsi untuk mencegah pertumbuhan kuman yang dapat menyebabkan bau mulut. Selain itu dengan mengkonsumsi buah dan sayur dapat memperlancar pencernaan dan kinerja lambung kamu.

Yang sangat bagus, karena asam lambung yang tinggi saat berpuasa juga dapat memicu bau mulut.

Baca juga : Cara menghilangkan Bau Ketiak

Sering Mengganti Masker

Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa
Sumber : freepik.com

Disaat Pandemi ini kita diharuskan untuk memakai masker, dan pemakaian masker terus menerus juga dapat menyebabkan bau mulut kamu menjadi tidak segar dan bau.

Maka pastikan untuk rajin mengganti masker yang kamu pakai paling tidak dua kali sehari saat pemakaian. Karena Masker yang sudah terlalu lama kamu pakai, pasti menjadi lembab dan rentan menjadi tempat tinggal kuman.

Menghindari Rokok

Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa
Sumber : dw.com

Cara menghilangkan bau mulut yang terakhir adalah dengan menghindari Rokok.

Mungkin sedikit susah merubah kebiasaan merokok, bahkan saat berpuasa. Tapi agar mulut kamu tidak berbau tidak sedap saat berpuasa, coba menghentikan kebiasaan merokok atau paling tidak kurangi konsumsi rokok.

Karena kebiasaan merokok dapat meningkatkan kadar keasaman dalam mulut kamu hingga memicu bau mulut. Apalagi jika kamu memakai masker. Beuh bau.

Untuk itu perlu sedikit komitmen dan dedikasi agar kamu dapat menghindari atau mengurangi konsumsi rokok, paling tidak saat bulan ramadhan ini.

Dan itulah kawan cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga ibadahmu dapat membuatmu jadi lebih baik lagi.

Sampai jumpa di info menarik lainnya, Ciao

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com