7 Tips Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh Secara Alami

Halo sobat semua, kalian sadar tidak selama masa pandemi, banyak diantara kita yang mengalami masalah dalam menjaga dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hingga banyak orang yang merasa Jika berat badannya, bertambah.

Berat Badan dan kolesterol adalah masalah yang sering dialami oleh masyarakat yang sering sekali dianggap remeh. Padahal kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan banyaknya penyakit seperti darah tinggi dan jantung koroner karena penyumbatan saluran darah.

Tapi tenang sobat. Karena menjaga tubuh dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh itu ternyata tidak begitu sulit kok. Apabila kamu siap menjaga asupan yang masuk kedalam tubuh kamu juga dibarengi dengan olahraga dan gaya hidup sehat lainnya, efek penurunan kolesterol akan kian terasa.

Dan tenang saja, dari pada kamu pusing mikirin cara. kami dari ilmusaku.com, telah merangkumkan untuk kamu.

7 Tips Menurunkan Kadar Kolesterol dalam tubuh dengan cara alami.

Makan makanan yang tinggi serat

Sumber : pinterest.com

Dengan kamu banyak mengkonsumsi makanan penuh serat, kamu dapat menurunkan Kadar Kolesterol jahat (LCL) dalam tubuhmu. Selain bisa menurunkan kadar kolesterol, asupan kaya serat mengandung bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan dan memperlancar pencernaan kamu.

Beberapa jenis makanan yang bisa kamu dikonsumsi untuk melakukan diet tinggi serat:

  • Biji-bijian dan gandum
  • Buah-buahan seperti pir dan pisang
  • Sayuran seperti brokoli, wortel, dan sawi

Cobalah untuk Mengurangi, Bahkan Berhenti merokok

Untuk orang Indonesia, merokok memang sudah menjadi gaya hidup bahkan menjadi sebuah budaya yang melekat erat di masyarakat.

Tapi tahukah kamu sobat, jika merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darahmu ?

Jika kamu bisa berhenti merokok kamu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Bahkan karena berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung akan jadi lebih stabil.

Hingga kamu dapat terhindar dari penyakit berat seperti kerusakan paru – paru dan jantung.

Menjaga pola Tidur yang baik

Sumber : diabetes.co.uk

Menurut jurnal of Cardiovascular Nursing, begadang atau pola tidur yang tidak sehat dapat meningkatkan kadar LDL (Kolesterol jahat) dalam tubuh kita.

orang yang kurang tidur rentan meningkatkan kadar kolesterol mereka karena kecenderungan untuk ngemil atau makan lebih banyak, kurang bergerak, dan lebih stres saat kurang tidur.

Jadi pastikan tidurmu terjadi paling tidak 7 – 8 jam perhari.

Batasi Makanan berkadar gula tinggi

sumber : globalnews.co

Pernahkan kamu mendengar kalimat ” kadar gula jahat “. Nah kalimat ada karena Kadar Gula yang tinggi dapat menjadi sumber dari segala penyakit selain Diabetes

Menurut Cleveland Clinic, tingginya asupan gula dalam darah dapat membuat hati atau liver memproduksi lebih banyak kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Konsumsi gula berlebihan juga bisa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menghambat enzim pemecah kolesterol yaitu trigliserida.

Perhatikan kalori yang Kamu Makan

Sumber : news-medical.net

Makan berlebihan dapat meningkatkan berat badan. Setiap kenaikan berat badan berisiko meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Dengan memerhatikan porsi makan yang kamu makan perhari dan juga kualitas makanan yang kamu makan, kamu bisa menjaga agar kalori yang masuk ke tubuh sesuai kebutuhan.

Sebagai pembanding menurut jurnal kesehatan, asupan yang baik bagi Orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat rata-rata membutuhkan 2.000 kalori setiap harinya.

Cobalah menenangkan diri dan mengurangi Stres

Dilansir medcom, Tingginya stres yang dialami seseorang dapat menyebabkan peningkatan kolesterol jahat (LDL) secara tidak langsung loh.

Kok bisa? Karena menurut penelitian, ketika kita stres pola makan, tidur dan hidup kita berubah.

Menurut Pamela Warren, MS, CHN, hormon kortisol dan adrenalin yang dikeluarkan oleh tubuh kita ketika sedang meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Untuk itu penting menjaga kesehatan mental kita agar tidak stres. Mulai mencoba aktivitas baru, seperti bersepeda, yoga dan melakukan hal yang kamu suka. Dapat membuat kamu tetap ceria.

Mulai bergerak, dan Olahraga

Sumber : businessinsider.com

Untuk menurunkan dan menjaga kadar kolesterol dalam darah. menjaga pola makan sehat saja tidak lah cukup sobat. Kita perlu mengimbanginya dengan kegiatan yang aktif bergerak dan olahraga rutin.

The American Heart Association menyarankan untuk berjalan kaki selama paling lama 30 menit sehari. Tapi kamu bisa menggantinya dengan olahraga kesukaanmu. Seperti Futsal, Basketball, Renang ataupun aktivitas fisik lainnya.

Dan itulah ke tujuh tips menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara natural. Semoga tips – tips diatas bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa di bahasan menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version