7 Tips Pertolongan Pertama yang Bisa Selamatkan Kamu

Halo sobat, mengetahui tips pertolongan pertama dapat menolong kamu jika terjadi hal – hal yang tidak inginkan dalam kehidupan sehari-hari.

Karena saat kamu berada di tengah situasi darurat dan genting. yang terbaik adalah mengetahui cara menilai situasi, apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu, dan bahkan mengetahui perbedaan waktu dimana kamu harus membantu dan kapan dimana kamu harus diam menunggu.

Karena dalam keadaan genting, hal – hal kecil ini dapat menentukan keselamatan seseorang. Jadi pastikan apa yang kamu lakukan membantu atau lebih baik kamu cepat hubungi dokter yang lebih kompeten.

Tapi, tenang kami telah menyiapkan beberapa langkah dan tips pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan jika keadaan terdesak.

Tips Pertolongan Pertama yang bisa selamatkan kamu

Pertolongan Pertama Luka

Tips pertolongan pertama pada luka
sumber : bioalternative.com

Kapanpun kamu mengalami dan berhadapan dengan luka lebam, yang pertama kamu harus lakukan adalah menghentikan pembengkakan, entah dengan es ataupun dengan kompres air dingin.

Atau cara paling mudah adalah berusaha mengangkatnya luka yang kamu alami di atas ketinggian jantung kamu. Ini dapat menenangkan pembengkakan dan membantu cairan mengalir keluar dari area yang terluka.

Tapi Jika luka kamu berada di pinggul atau bokong, berbaring dan angkat dengan bantal. Jika kamu tidak dapat mengangkat luka yang kamu alami, usahakan untuk tetap mengangkat lukamu sedekat mungkin dengan jantung.

Sumber : disini.

Pengobatan Pertama Sengatan Ubur – Ubur

Tersengat ubur - ubur

Kadang hari libur kita akan berubah petaka saat kita tak sengaja tersengat oleh ubur – ubur. Tapi tenang kami memiliki pertolongan pertama untuk ini.

Yaitu dengan kamu bisa mencoba membilas luka sengatan dengan air garam. Kamu juga bisa membilas bekas sengatan itu dengan air panas, cuka, atau menutupi luka dengan larutan soda kue dan air atau dengan Arang aktif yang dapat membantu mengeluarkan racun ubur-ubur

Tapi jika nyeri masih berlanjut segara hubungi dokter terdekat.

Baca juga : Cara merawat anggrek.

Pertolongan Pertama Cedera

Pengobatan cedera
Sumber : vivehealth.com

Jika kamu sedang melakukan aktivitas berat dan merasa tulang dan sendi mu keseleo, jangan sekali – kali mencoba untuk membenarkan atau meluruhkan bagian tubuh yang terluka.tetapi jaga agar anggota tubuh tetap stabil dan tidak bisa bergerak menggunakan belat dan bantalan. Yang penting adalah tetap di posisi yang sama.

Meskipun bisa saja kamu hanya mengalami cedera ringan, kamu lebih baik mencari perawatan medis dan menemui dokter ahli untuk memastikan cedera yang kamu alami tidak serius atau bahkan membuat resiko cedera kamu berlanjut lebih parah.

Pertolongan Pertama Luka Bakar Ringan

Pengobatan luka bakar.
Sumber : asah.org

Luka Bakar Ringan mungkin hanya membakar bagian kulit, tapi tetap saja rasanya sangat sakit. Untuk mengobatinya, bilas lukanya dengan air hangat. Meskipun air es bisa kamu gunakan, tapi membersihkan dengan air es dapat menyebabkan kerusakan jaringan.

Setelah membersihkan luka bakar, baru kamu dapat menggunakan kompres es atau kompres air dingin. Tidak disarankan menggunakan mentega atau minyak karena dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada luka karena memperlambat pelepasan panas.

Mencampurkan air dan soda kue dapat membantu melepaskan panas dari luka bakar yang kamu alami.

Baca juga : cara meringankan Batuk.

Pertolongan Pertama Sesak Napas

Pengobatan sesak nafas
Sumber : healthline.com

Sebelum kita mengetahui tips pertolongan pertama pada sesak napas ada baiknya kita mengetahui tanda-tanda gejala sesak napas, yaitu napas yang cepat, terlihat cemas dan gelisah, mengantuk atau terlihat bingung, bibir biru, susah bicara, dan mengeluarkan keringat berlebihan.

Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan dilansir alodokter.com adalah

  • Segera pindahkan penderita ke tempat yang aman dan biarkan ia beristirahat.
  • Tempatkan dia di posisi tubuh yang nyaman, entah itu dengan duduk, berdiri, atau berbaring.
  • Longgarkan pakaian penderita
  • Jangan memberikan makanan atau minuman apa pun, dan bantu penderita meminum obat yang mereka miliki. Biasanya obat pereda asma.
  • Dampingi penderita hingga bantuan medis datang

Pertolongan Pertama Sengatan Lebah

Pengobatan sengatan lebah
Sumber : Wikipedia.com

Jika kamu tersengat lebah, yang pertama harus kamu lakukan adalah mencabut sengat yang menempel di tubuh kamu.

Kamu harus melepaskan sengatnya sesegera mungkin, baik dengan menggaruknya, mencabutnya dengan pinset, atau mencabutnya dengan tangan. Tapi pastikan kamu sudah berada di tempat yang aman, karena saat lebah melepaskan sengatnya, dapat mengeluarkan aroma yang mengundang rombongan lebah lainnya sebagai cara mempertahankan diri.

Setelah sengat terlepas, cuci lukanya dan berikan kompres dingin. Jika kamu memiliki alergi, coba sediakan autoinjector, atau EpiPen untuk alergi dan segera hubungi layanan darurat sesegera mungkin.

Baca juga : Tips Membersihkan Rumah.

Pertolongan pertama Asam Lambung

Pengobatan asam lambung

Jika kamu memiliki riwayat maaf yang akut, pasti sering mengalami asam lambung yang naik. Cara paling mudah adalah dengan langsung berdiri tegak agar asam lambung tidak naik.

Jika kamu sedang berbaring, kamu bisa meninggikan posisi bantal dan meninggikan posisi pinggang dan kepala dengan cara mengganjal bagian tubuh atas dengan meletakkan bantal di bawahnya.

Lalu kamu juga dapat mengkonsumsi teh jahe hangat yang dipercaya untuk dapat menurunkan asam lambung.

Dan itulah kawan berbagai tips pertolongan pertama yang dapat menyelamatkan kamu saat keadaan genting. Semoga membantu dan bermanfaat bagi kamu.

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com