7 Usaha Modal Kecil di Desa – Modal Kecil Untung Besar

Halo sobat kali ini kami akan membahas tentang 7 Usaha Modal kecil di desa yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan ataupun untuk mendapatkan untung yang banyak.

Meski banyak orang yang lebih mencibir dan menyebutkan jika desa adalah tempat yang sulit untuk berkembang secara ekonomi maupun sosial, tapi potensi desa sangatlah besar.

Kita hanya perlu sedikit pengetahuan, keterampilan dan kemauan yang keras, dan juga di tambah dengan doa agar usaha kecil kita dapat berkembang dengan pesat.

Nah untuk anda yang bingung untuk memulai usaha, kami telah menyiapkan 7 Usaha Modal Kecil dengan untung besar yang bisa kalian lakukan.

7 Usaha Modal Kecil di Desa

Usaha Bertani dengan Cara Hidroponik.

Usaha modal kisaran : 750 ribu – 10 juta.

Usaha modal kecil di desa hidroponik
Sumber : ugm.ac.id

Untuk menjadi petani yang sukses lahan adalah salah satu faktor penting dan ganjalan utama dalam bertani. Tak jarang orang – orang yang memiliki kemampuan dalam pertanian harus berhenti bertani atau menjadi buruh tani, karena tidak memiliki lahan.

Meski di desa masih memiliki banyak lahan pertanian, bukan berarti semua orang di memiliki privilage dan kemampuan yang sama dalam kepemilikan lahan pertanian.

Nah, Untuk mengatasi hal tersebut ada solusi yang disebut Usaha Bertani dengan Cara Hidroponik, yaitu cara bertani yang tak memerlukan lahan yang besar.

Sebagai gantinya kamu diharuskan mempelajari tentang membuat instalasi tanam hidroponik yang tentu bisa kamu pelajari di buku ataupun melalui laman YouTube.

Jika kamu sudah mahir membuat instalasi hidroponik kamu dapat memakainya sendiri ataupun menjual instalasi hidroponik tersebut dengan harga tinggi.

Berikut ini video cara memasang instalasi hidroponik yang dibuat oleh Canal YouTube : kebun inspirasi hidroponik.

Sumber : YouTube.com (kebun inspirasi hidroponik)

Usaha SPBU Mini.

Usaha modal kisaran : 5 – 80 juta

Usaha pom bensin mini
sumber : shopee.com

Kita tahu di desa infrastruktur jalan masih banyak yang kurang dan beberapa komoditas sulit untuk di temui, termasuk dalam urusan bensin ataupun bahan bakar kendaraan.

Melalui Pom bensin Mini Pertamina atau Pertashop, kamu dapat mendirikan sebuah depot isi ulang bahan bakar dengan modal yang kecil dibandingkan modal membuat SPBU yang asli.

Kamu hanya menyiapkan modal sekitar 5 juta – 80 juta kamu sudah memiliki pom bensin mini kamu di rumah. Walau modalnya terdengar cukup besar, tapi keuntungan yang akan kamu dapat juga sangat besar.

Apalagi jika jarak desa kamu dengan pom bensin itu jauh, berapa keuntungan yang kamu dapatkan sehari ? Apalagi jika semua orang di desamu dan sekitarnya mengisi bensin di pom bensin mini milikmu.

Baca juga : Cara menanam daun bawang yang mudah.

Usaha Cukur Rambut.

Usaha modal kisaran : 150 ribu – 500 ribu.

Usaha potong rambut
Sumber : pexel.com

Jenis usaha modal kecil ini merupakan peluang bisnis dengan modal yang minim yang bisa kamu lakukan di desa dan tentu saja cukup potensial. Apalagi dengan menjamurnya usaha potong rambut jenis Barber shop yang tentu saja harganya mahal, kamu dapat memberikan alternatif potong rambut murah, jadi warga desa tidak perlu repot-repot lagi ke kota kecamatan atau kota kabupaten untuk mendapatkan jasa potong rambut.

Dalam melakukan usaha ini, kamu pun tak perlu mengeluarkan modal cukup besar, cukup menyiapkan peralatan pangkas rambut. Tempat dan waktu pun flexibel apalagi sekarang kamu tak perlu membuat jasa pangkas keliling, cukup dengan menggunakan wa dan akun medsos kamu untuk media pemasaran.

Usaha Jualan Kue Tradisional.

Usaha Modal kisaran : 500 ribu – 2 juta.

Usaha jualan kue tradisional
Sumber : shopee.com

Setiap daerah ataupun tempat pasti memiliki kue tradisional yang menjadi unggulan. Nah, kamu dapat menjadikan kue tradisional khas daerahmu sendiri menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Kamu hanya perlu sedikit kreatif dengan membuat kemasan menarik dan juga menambahkan merek – merek yang bagus dan mudah diingat oleh orang, agar potensi makanan tradisional daerah kamu menjadi lebih terekspose dan semakin dikenal oleh orang.

Untuk pemasaran jangan khawatir, kamu dapat memasarkan kue buatanmu melalui Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram hingga tik tok, kamu juga dapat menjualnya di toko online ternama seperti Tokopedia, lazada dan Shopee.

Yang paling penting, pastikan kue yang kamu buat awet untuk dikirim ke tempat yang jauh atau pastikan pembeli tahu kapan kue tradisional buatan kamu akan masuk kadaluarsa.

Usaha Berjualan Paket Token Listrik dan Pulsa.

Usaha modal Kisaran : 100 ribu – 250 ribu

Usaha Berjualan Paket Token Listrik
Sumber : shopee.com

Penggunaan listrik sudah menjadi kebutuhan pokok kita sehari-hari, hingga wajar jika banyak orang yang tidak bisa hidup tanpa listrik. Di saat sekarang dimana orang – orang berpindah dari penggunaan listrik biasa menuju listrik prabayar, kebutuhan penjualan token listrik tentu meningkat pesat.

Tidak ada persyaratan khusus untuk dapat menjadi penjual token listrik atau reseller, kamu hanya perlu mencari distributor token listrik PLN di sekitar daerah kamu untuk mendaftar atau kamu dapat mendaftarkan diri kamu di beberapa aplikasi yang menjual token listrik.

Begitu juga dengan pulsa dan paket internet yang menjadi sekarang menjadi kebutuhan pokok masyarakat apalagi dimasa Pandemi ini. Dimana anak – anak sekolah diharuskan untuk belajar online.

Untuk menjadi agen token listrik prabayar atau menjadi agen pulsa, kamu dapat mendaftarkan diri di mitra Bukalapak, mitra Tokopedia, Payfazz atau aplikasi online lainnya.

Usaha Ternak Ayam Kampung.

Usaha modal kisaran : 12 juta rupiah

Usaha Ternak Ayam Kampung
Sumber : pexel.com

Usaha modal kecil lainnya adalah berternak ayam kampung karena pada umumnya di desa memiliki lahan yang luas dan juga memiliki lingkungan yang kondusif untuk beternak ayam kampung.

Usaha ayam kampung membutuhkan modal yang cukup kecil dibandingkan usaha berternak hewan yang lain seperti Sapi, kambing dan kerbau yang membutuhkan lahan yang lebih besar dan kebutuhan pangan (makanan) yang lebih besar pula.

Untuk memulai Kamu bisa ikut berbagai pelatihan ataupun menonton tips dalam berternak. Juga kamu dapat bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan aplikasi yang menjual produk lokal seperti aplikasi ternaknesia ini.

Usaha Menjual Bibit Tanaman.

Usaha modal kisaran : 250 ribu sampai 1 juta.

Usaha Menjual Bibit Tanaman
Sumber : Tokopedia.com

Usaha modal kecil di desa yang terakhir adalah usaha menjual bibit tanaman. Berbeda dengan bertani, kamu hanya perlu menanam tanaman hingga menjadi bibit untuk dijual kembali.

Peluang usaha bibit ini memiliki pasar yang masih sangat luas, apalagi semenjak hadirnya aplikasi toko online dan marketplace yang memungkinkan kamu untuk memasarkan produk secara daring.

Selain itu, kamu bahkan dapat menjualnya dengan harga lebih tinggi jika kamu menjual bibit tanaman hias yang sedang ngetren di pasaran seperti bibit tanaman janda bolong.

Baca juga : Cara merawat pohon kaktus

Dan itulah kawan 7 Tips Usaha modal kecil di desa, semoga informasi ini menarik dan bermanfaat untuk kamu.

Dan sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com