7 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia. Virus – virus ini bukan hanya telah menjalar ke komputer – komputer pribadi saja, melainkan juga menyerang ke berbagai sistem perusahaan ataupun Pemerintah, hingga mengakibatkan kerugian yang besar.

Virus Komputer adalah

Sumber : www.missioncriticalmagazine.com/

Virus komputer adalah kode komputer berbahaya yang dirancang untuk menyebar dari perangkat ke perangkat. Sebuah bagian dari malware, memiliki kemampuan untuk menyalin diri sendiri dan biasanya dirancang untuk merusak perangkat komputer kamu atau mencuri data.

Malware Adalah

Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, server, klien, atau jaringan komputer

Nah sudah sering terjadi di dunia IT (Teknologi Informasi) serangan Virus Komputer dan Malware ini ternyata sering terjadi, bahkan ada beberapa virus yang dianggap paling mematikan dan berbahaya di dunia, seperti berikut ini:

7 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

1. ILOVEYOU

Sumber : minitool.com

Virus ILOVEYOU dianggap sebagai salah satu virus komputer paling mematikan yang pernah dibuat, karena berhasil menciptakan malapetaka pada sistem komputer di seluruh dunia dengan kerusakan yang ditaksir senilai sekitar $ 10 miliar.

Diduga hampir 10% Komputer di Dunia menjadi korban dari Virus ILOVEYOU ini. Virus ini sangat mematikan hingga membuat beberapa Perusahaan besar dan Pemerintah di berbagai negara mematikan (offline) email mereka agar tidak terinfeksi.

Yang dilakukan oleh Virus ini sebenarnya cukup sederhana yaitu menggunakan rekayasa surat ungkapan cinta palsu yang membuat orang mengklik lampiran; Lampiran sebenarnya adalah skrip Virus yang menyamar sebagai file TXT.

Setelah diklik, itu akan mengirim dirinya sendiri ke semua orang di kotak inbox pengguna dan melanjutkan dengan menimpa file dengan file virus yang dapat membuat komputer tidak dapat di-boot.

Virus ini diciptakan oleh dua programmer asal negara tetangga Filipina bernama Reonel Ramones dan Onel de Guzman. Tapi karena saat itu virus dan Malware tidak memiliki hukum yang berlaku, mereka berdua tidak pernah di adili.

Tapi gara – gara virus ini, banyak negara mulai membuat hukum untuk perlindungan di Internet.

2. Clop Ransomware

Sumber : foxbussiness.com

Varian klop ransomware dinamakan demikian karena menambahkan ekstensi .CLOP atau .CIOP ke file terenkripsi hingga sulit di deteksi saat masuk ke komputer kamu.

Saat CLOP ransomware ini berhasil memasuki komputer milikmu, file yang terpengaruh akan dienkripsi dan sulit untuk dibuka ataupun di hapus.

Jika korban tidak membayar, penjahat cyber Eropa Timur di belakang CLOP memposting file itu ke situs ransomware mereka di deepweb untuk dilihat ataupun di jual ke semua orang.

Tapi kamu tak usah takut karena pada July 2021, menurut techcrunch.com, Polisi Ukraina yang dibantu oleh interpol (polisi internasional) berhasil menangkap beberapa geng dan mafia yang terkait dalam virus Clop Ransomware ini.

Baca juga :Virus adalah.

3. Stuxnet

Virus Worm Stuxnet diperkirakan telah berkembang sejak tahun 2005 dan pertama kali ditemukan pada tahun 2010 di fasilitas nuklir Iran. Virus itu menurut 9news.com.au (2021) berhasil menghancurkan berbagai sistem di fasilitas pengayaan uranium Natanz Iran hingga menyebabkan terbakar sendiri.

Stuxnet menyebar melalui USB dan komputer dengan basis Microsoft Windows. Sasaran sebenarnya dari virus Stuxnet adalah untuk mencari model tertentu dari Programmable Logic Controller (PLC) yang dibuat oleh Siemens.

PLC sendiri adalah sistem kontrol yang dipakai oleh industri kecil yang menjalankan segala macam proses otomatis dalam pabrik, kilang minyak dan bahkan oleh pembangkit listrik tenaga nuklir.

Berdasarkan file log Stuxnet, perusahaan bernama Foolad Technic menjadi korban mereka yang pertama.

4. Zeus

Zeus adalah Virus berjenis Trojan horse yang dibuat untuk menginfeksi komputer Windows sehingga akan melakukan berbagai tindakan kriminal. Yang paling umum dari tugas-tugas ini biasanya adalah keylogging dan pengambilan data.

Mayoritas komputer yang terinfeksi oleh virus Zeus ini adalah melalui unduhan data, USB atau phishing. Virus ini pertama kali mengegerkan dunia pada tahun 2009 setelah berhasil menyerang perusahaan besar seperti Amazon, Bank of America, Cisco dan lain sebagainya.

Pengendali Virus Zeus menggunakannya untuk mencuri kredensial login jejaring sosial, email, dan akun perbankan. Sekitar $ 70 juta data dicuri dan 100 orang hacker berhasil di tangkap.

Pada tahun 2013, Hamza Bendelladj pembuat dan kreator dari Zeus mengumumkan pensiun, setelah di tangkap di Thailand dan diekstraksi ke Amerika Serikat.

Baca juga : Pengertian DeepWeb

5. Mydoom

Mydoom adalah Virus sejenis worm untuk Komputer Windows yang menjadi salah satu Virus worm yang paling cepat menyebar sejak Virus ILOVEYOU. Pembuatnya tidak diketahui dan diyakini bahwa penciptanya dibayar untuk membuat virus ini.

MyDoom berhasil menyerang perusahaan teknologi besar seperti SCO, Microsoft, dan Google dengan serangan Distributed Denial of Service (DDos). Pada tahun 2004, kira-kira antara 16-25% dari semua email telah terinfeksi oleh MyDoom.

Serangan ini menyebabkan perkiraan kerusakan sebesar $ 38,5 miliar. dan sampai saat ini Virus MyDoom ini di duga masih aktif.

6. CodeRed

Virus Komputer Paling Berbahaya selanjutnya adalah Virus Code Red yang pertama kali ditemukan oleh Karyawan Keamanan Digital bernama Marc Maiffret dan Ryan Permeh. Dinamakan Code Red karena ditemukan saat keduanya meminum Mountain Dew bermerek Code Red.

Jika Komputer kita terkena virus Code Red ini dia akan menargetkan komputer yang diinstal Microsoft IIS untuk Web Server dengan memanfaatkan masalah buffer overflow dalam sistem.

Setelah komputer terinfeksi, ia akan melanjutkan untuk membuat seratus salinan dari dirinya sendiri tetapi karena bug dalam pemrograman, ia akan menduplikasi lebih banyak dan akhirnya memakan banyak sumber daya sistem, hingga sistem mati.

Virus worm Code Red menginfeksi lebih dari 250.000 sistem komputer termasuk milik Departemen Keamanan Amerika Serikat, Pentagon hanya dalam waktu sembilan jam dan diperkirakan menyebabkan hilangnya produktivitas sebesar $2 miliar.

Tapi tenang saja kawan, Untuk melindungi komputer, Microsoft telah menyediakan “patch” yang dimaksudkan untuk melindungi komputer dari Virus “Code Red” yang dapat diunduh dari halaman beranda situs Web Microsoft.

Ryuk ransomware

Virus Ransomware yang menggunakan nama Dewa Kematian dalam serial anime dan Manga populer Jepang, Ryuk ini memang seperti tokoh dalam cerita yaitu dewa Kematian

Virus Ransomware ini adalah kategori malware yang mengunci file atau sistem kamu dan menyandera mereka untuk meminta tebusan. Dan Ryuk akan mengincar perusahaan besar dan Komputer Pemerintah.

Korban termasuk Perusahaan Saham EMCOR, rumah sakit UHS, dan beberapa surat kabar ternama. Ryuk diperkirakan telah menghasilkan pendapatan sebesar $61 juta untuk operatornya antara Februari 2018 dan Oktober 2019.

Baca juga : Hardware dan Software Komputer.

Dan itulah kawan Virus komputer paling berbahaya. Agar komputer kamu terhindar dari virus, segera pasang antivirus di komputer kamu, dan jangan lupa untuk terus mengupdate antivirus.

Dan Jangan juga asal mendownload file dari situs – situs mencurigakan dan juga selalu berhati – hati di internet.

Sampai jumpa di materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version