8 Cara Merawat Kura Kura Brazil Bagi Pemula

Halo sobat Kali kita akan membahas cara merawat kura kura brazil bagi pemula. Trachemys scripta elegans atau red-eared slider atau lebih kita kenal sebagai Kura – kura Brazil adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak dicari dan diminati oleh pencinta binatang air.

Ciri – Ciri fisik kura-kura Brazil adalah memiliki tubuh berwarna hijau tua, disertai dengan garis-garis berwarna kuning. di bagian kiri dan kanan kepala mereka terdapat bercak berwarna merah.

Tapi bagaimana mana sih cara Merawat Kura Kura Brazil Bagi Pemula ? Mari kita simak penjelasannya sama – sama.

8 Cara Merawat Kura Kura Brazil Bagi Pemula

Tentukan Kura-kura yang Ingin Dipelihara

Cara merawat Kura kura Brazil
Sumber : tokopedia.com

Maksudnya disini adalah kamu harus mencoba memikirkan kura – kura Brazil seperti apa yang ingin kamu pelihara. Mulai dari corak, ukuran dan warna. Karena memelihara binatang itu perlu komitmen. Jadi kamu perlu memilih dengan baik. Kasiankan, jika tiba – tiba nanti kamu bosan dengan kura kura yang kamu pelihara nanti.

Harga Kura – kura Brazil

Untuk membantu kamu menemukan kura – kura brazil yang tepat berikut adalah harga kura – kura Brazil di pasaran (2021)

  • Harga kura kura brazil ukuran dewasa: Rp120.000 – 200000.
  • Harga kura kura brazil dewasa jantan: Rp200.000 – 300.000
  • Harga Kura-Kura Brazil Indukan (Dewasa): Rp350.000

Perhatikan Tempat Tinggalnya.

images 7 min 1
sumber : ubuy.co.id

Setelah kamu sudah yakin dengan kura – kura Brazil yang kamu beli. Sekarang kamu perlu tempat tinggal sempurna untuk kura – kura brazilmu. Misalnya saja kura – kura Brazil bisa tumbuh hingga mencapai 30 cm.

Mungil memang, tapi bukan berarti kita membiarkan mereka tinggal di tempat sempit yang membuat mereka stress. Kamu bisa menggunakan akuarium berukuran sedang dan mengisinya dengan air yang cukup agar ia bisa berenang dan tempat daratan saat mereka selesai berenang.

Baca juga : Cara memelihara Tarantula.

Perhatikan Kualitas Air Tempat Mereka Berenang

Kura – kura adalah hewan yang suka berenang di air tawar. Jenis air yang bisa kamu gunakan untuk kura-kuramu adalah jenis air tawar yang memiliki suhu 20-25 oC dan yang bebas dari zat kimia berbahaya.

Jangan membiarkan air kura – kura terlalu dalam dan juga perhatikan kebersihan air. Karena Air yang kotor bisa mengandung banyak bakteri dan kuman yang bisa memengaruhi kesehatan kura-kura milikmu.

Apalagi untuk kamu yang ingin membudidayakan Kura – kura Brazil ini untuk dijadikan usaha.

Perhatikan Suhu dan Cahaya

Dalam memelihara kura – kura Brazil suhu dan pencahayaan perlu kita jaga sobat. Kura – kura jenis ini memerlukan suhu sekitar 25,5 – 26,5 oC dan pencahayaan dan sinar UV yang baik. Jadi kamu bisa menyediakan lampu sinar UV di atas kandang kura – kura kamu.

Baca juga : Cara memelihara Kucing

Makanan Kura Kura Brazil.

images 9 min 2
Sumber : https://bellavistapoa.com/

Untuk makanan kura kura Brazil sebenarnya tidak sulit. Hanya saja kura-kura Brazil memiliki sifat manja dan suka pilih-pilih makanan. Jadi kadang dia tak mau makan semua makanan yang kita diberikan. 

Tapi ada beberapa makanan kesukaan dari kura-kura Brazil dan juga bernutrisi tinggi yang dilansir oleh Halodoc.com. seperti :

  • potongan daging ayam, sapi, atau ikan
  • Telur rebus
  • Pelet
  • Buah dan Sayuran (Buah yang bisa diberikan yaitu pisang, pepaya, apel, dan tomat. Untuk sayuran kamu bisa menggunakan, yaitu sayur bayam, sawi, wortel, selada, atau makanan hijau)
  • Serangga dan Cacing
  • Tulang Sotong (bisa dibeli di toko hewan)
  • Udang (sangat bagus agar tempurung kura – kura menjadi cerah)
  • Ikan kecil.

Perlu diperhatikan Untuk kura-kura brazil yang berada pada tahap perkembangbiakan tempurung, sebaiknya diberikan sayuran yang tinggi kalsium. .

Memandikan Kura – Kura

Meski sering berendam di air. Membersihkan tubuh secara rutin ternyata sangat bermanfaat baik bagi kura-kura kita. Karena dapat membersihkan alga/algae (semacam ganggang) yang menempel di kulit dan juga pengelupasan/peluruhan kulit pada kura – kura.

Untuk kamu yang pemula mungkin akan sedikit kesulitan, tapi kamu menyiapkan langkah memandikan kura – kura untuk kamu.

  • Mandikan sesekali saja, karena kura – kura itu makhluk air jadi tak perlu memandikannya terlalu sering tapi. Kamu dapat melihat beberapa Pertanda dimana waktu yang tepat untuk memandikan kura – kura, seperti lirih kulit dan tumbuh alga.
  • Gunakan bak khusus untuk memandikan kura-kura
  • gunakan air biasa bersuhu kamar (20-25˚C).
  • Gosoklah tempurung kura-kura dengan sikat gigi.
  • Periksa setiap sudut kura – kura yang perlu dibersihkan
  • Bilas kura-kura dan kembalikan ke kandang.

Kebersihan Kandang

Untuk kebersihan kandang kura – kura kamu dapat menggunakan penyaring jenis Internal Canister Filter atau Under-gravel filter. di mana penyaring ini adalah salah satu penyaring di dalam akuarium terbaik dan ditempatkan di dalam tangki.

Untuk kotoran kamu dapat menggunakan capitan atau sapu kecil. Karena kotoran kura kura cenderung kecil dan keras.

Ajak Kura – Kura Bermain

Karena kura – kura habitatnya di alam bebas. ada baiknya kamu mengeluarkan kura – kura milikmu untuk bermain. Agar mereka tidak stress dan dapat tumbuh dengan baik.

Baca juga : Cara memelihara Kelinci Anggora.

Dan itulah kawan 8 cara merawat Kura kura Brazil bagi pemula. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com