8 Lukisan Termahal di Dunia

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 8 Lukisan Termahal di Dunia. Karya seni mahal seperti contohnya Lukisan tentu memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Meskipun setiap harinya lukisan – lukisan baru yang bermunculan di pasaran, tapi keunikan sebuah Lukisan kelas dunia mampu membuat para kolektor mengeluarkan kocek dalam – dalam untuk mendapatkannya.

Wajar karena dalam pembuatan lukisan termahal di Dunia ini diperlukan bakat dan tangan dingin dari Pelukis dan Seniman penting di Dunia. Seperti beberapa Lukisan Termahal di Dunia berikut ini.

8 Lukisan Termahal di Dunia

Lukisan Pendant Portraits of Maerten Soolmans dan Oopjen Coppit Karya Rembrandt

Lukisan termahal dunia Pendant Portraits of Maerten Soolmans dan Oopjen Coppit Karya Rembrandt
Sumber : wikipedia

Pendant portraits of Maerten Soolmans dan Oopjen Coppit adalah dua lukisan hasil karya pelukis ternama Rembrandt pada 1634 yang berhasil terjual masing – masing seharga 180 juta dollar Amerika Serikat.

Kedua lukisan ini dianggap satu paket karena pertama kali dibuat untuk merayakan sebuah pernikahan pasangan keluarga pedagang kaya Marten Soolmans dan Oopjen Coppit dan satu – satunya Lukisan Potret pasangan yang dibuat oleh Rembrandt. Lukisan ini pernah dimiliki oleh salah satu keluarga terkaya dunia Rothschild dan Museum Lauvre.

Lukisan No. 6 (Violet, Green, and Red) Karya Mark Rothko

Lukisan No. 6 (Violet, Green, and Red) Karya Mark Rothko

Pada tahun 2014 lalu lukisan abstrak karya Mark Rothko yang dibuat pada tahun 1951. No. 6 terbuat dari cat minyak dari hamparan warna yang luas yang digambarkan oleh corak yang tidak rata dan sedikit kabur.

Meski begitu lukisan ini berhasil terjual dalam lelang pribadi seharga 140 juta euro atau sekitar 186 juta dollar dari seorang dealer asal Swiss bernama Bouvier kepada Rybolovlev.

Baca juga : Teknik lukis Realisme

Lukisan Number 17A Karya Jackson Pollock.

Lukisan Number 17A Karya Jackson Pollock.

Lukisan Abstrak yang kedua adalah lukisan seorang maestro lukis asal Amerika Serikat Jackson Pollock yang berjudul 17A. Dilukis pada tahun 1948, lukisan dengan teknik cat air ini menampilkan berbagai warna yang berani seperti kuning, merah, biru oranye, bersama dengan beberapa percikan putih dan hitam, lukisan ini berhasil terjual dengan harga 200 juta dollar Amerika Serikat kepada seorang pialang saham bernama David Geffen pada tahun 2015 lalu.

Lukisan The Card Players Karya Paul Cézanne.

Lukisan The Card Players Karya Paul Cézanne.

The Card Players adalah series lukisan cat minyak dari maestro seni Post-Impresionis asal Prancis Paul Cézanne dan menjadi salah satu dari seri lukisan terakhirnya. Series ini menceritakan tentang pemain kartu dengan jumlah pemain dna kartu yang berbeda di 5 Lukisannya.

5 Lukisan dalam seri ini tersebar di berbagai museum – museum terkenal di dunia seperti Musée D’Orsay di Paris, Perancis and the Courtauld Institute of Art di London, Inggris.

Yang menjadi salah satu lukisan Termahal di Dunia adalah satu versi The Card Players dijual kepada keluarga kerajaan Qatar sebesar $250 juta pada tahun 2017 lalu dan pantas menjadi salah satu lukisan Termahal di dunia.

Baca juga : Impresionisme adalah

Lukisan Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?) Karya Paul Gauguin

Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?) Karya Paul Gauguin

Lukisan Termahal di Dunia selanjutnya adalah sebuah lukisan karya maestro Post-Impresionis asal Prancis lainnya yaitu Paul Gauguin dengan karya berjudul Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?) yang dibuat pada tahun 1891 saat dia berkunjung ke Haiti.

Lukisan Cat Minyak Buatan Gauguin itu dijual secara pribadi oleh keluarga Rudolf Staechelin ke Sheikha Al-Mayassa binti Hamad Al-Thani dari keluarga kerajaan Qatar pada Februari 2015 dengan harga hampir 210 juta Dollar.

Lukisan Salvator Mundi Karya Leonardo Da Vinci

Lukisan Salvator Mundi Karya Leonardo Da Vinci

Pada tahun 2017 lalu pelelangan Seni Kelas Dunia Christie’s dikejutkan dengan terjual ya karya Leonardo Da Vinci yang berjudul Salvator Mundi dengan Harga yang sangat fantastis yaitu 450 Juta Dollar Amerika Serikat kepada Pangeran Badr bin Abdullah dari Arab Saudi.

Lukisan itu menggambarkan Jesus Kristus yang sedang membuat tanda salib dan batu kristal dengan menggunakan pakaian biru jaman Renaisans.

Sebelum terjual dengan harga fantastis, lukisan ini juga pernah di beli oleh Miliuner asal Rusia Dmitry E. Rybolovlev sebelum di jual kembali di rumah lelang.

Interchange Karya Willem de Kooning

Interchange Karya Willem de Kooning

Interchange adalah sebuah karya lukisan abstrak Ekpresionis karya seniman lukis asal Amerika keturunan Belanda Willem de Kooning, beliau bersama Jackson Pollock adalah salah satu Pioner seniman abstrak di Amerika Serikat.

Lukisan itu menampilkan sebuah warna merah muda di tengahnya, mewakili seorang wanita yang tengah duduk. Lukisan yang awalnya dijual sang seniman sebesar 4000 dollar ini pada 1955 berhasil dijual kembali dengan harga fantastis yaitu 500 juta dollar oleh seorang Miliuner dan Investor Saham asal Amerika Serikat Ken Griffin dan sampai saat ini lukisan ini adalah lukisan Termahal di Dunia yang berhasil di jual ke publik.

Lukisan Mona Lisa Karya Leonardo da Vinci

Monalisa

Siapa tak kenal dengan lukisan satu ini, iya lukisan Monalisa Karya Leonardo Da Vinci termasuk ke dalam lukisan paling mahal di dunia karena pada tahun 1962, Mona Lisa diasuransikan sebesar 100 juta Dollar , harga Asuransi tertinggi pada saat itu.

Jika kita menghitung nilai Asuransi dari Lukisan ini dengan mata uang hari ini, maka Harga Lukisan Monalisa akan menjadi sekitar 700 juta Dollar Amerika Serikat yang membuatnya menjadi lukisan paling mahal di Dunia.

Baca juga : Aliran Ekpresionis adalah

Dan itulah kawan 8 Lukisan Termahal di Dunia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com