9 Peralatan Studio TV dan Fungsinya

Halo sobat, kali ini kita akan membahas tentang 9 Peralatan Studio TV dan Fungsinya. Karena kita sering mendengar tentang Studio Televisi dan produksi dan tayangan televisi tapi kita jarang mengetahui tentang isi dan peralatan Studio Televisi

Media Televisi merupakan media yang sangat efektif karena dapat menyampaikan informasi yang ada dalam TV (gambar) jauh lebih besar dari pada media konvensional lainnya seperti media cetak maupun radio.

Meski layanan Streaming Video Seperti YouTube dan Media Sosial sudah mulai mendapatkan perhatian dari masyarakat luas, tapi televisi sebagai media tetap memiliki tempat di masyarakat.

9 Peralatan Studio TV dan Fungsinya

Nah, mungkin banyak yang penasaran ada apa sih di dalam studio televisi ? Maka dari itu mari kita simak sama – sama 9 Peralatan Studio TV dan Fungsinya.

Kamera studio

Peralatan Studio TV dan Fungsinya
Sumber : @jwarletta

Peralatan paling penting dalam studio televisi adalah Kamera studio. Biasanya dilengkapi tripot dan dolly ataupun craine untuk memudahkan operasional. Berbeda dengan kamera lapangan kamera studio biasanya berukuran besar.

Kamera berfungsi untuk menangkap gambar/visual dari obyek. Biasanya telah dilengkapi micropon untuk menangkap suara didepan kamera. Kamera juga dilengkapi dengan VCR untuk merekam gambar dan suara dari obyek.

Tripot berfungsi sebagai penyangga kamera agar tidak goyang. Craine berfungsi untuk mengangkat kamera apabila diperlukan posisi dengan sudut pengambilan (angle) yang tinggi.

Craine dapat kita gerakan secara elektric sehingga dapat meringankan tugas dan beban kameramen. Di samping itu kamera yang dipasang tetap di studio biasanya juga terdapat beberapa kamera portable yang juga berfungsi untuk pengambilan gambar dan suara.

Baca juga : Teknologi Kamera dari masa ke masa

Lampu studio

images 21
lampu portabel

Peralatan studio televisi yang kedua adalah lampu studio. Di dalam studio terdapat 2 macam lampu yaitu lampu yang dipasang tetap dan lampu portable yang dilengkapi dengan stand lampu.

Lampu sendiri berfungsi untuk penerangan agar cahaya yang mengenai obyek gambar atau objek siaran dapat mencukupi untuk kebutuhan kamera, sehingga kameramen dapat memperoleh gambar yang berkualitas / jelas dalam siaran. Hingga kita dapat menonton siaran dengan nyaman.

Biasanya Lampu tetap biasanya dipasang pada plafon diatas tempat shoting dan jumlahnya lebih dari 10 lampu dan arahnya diatur sehingga mengarah pada panggung atau objek. Sedangkan lampu portabel yang dilengkapi tripot / stand digunakan bila dirasa cahaya yang di dapat masih kurang.

Biasanya Setiap lampu di dalam studio memiliki kekuatan daya 1000 – 1500 watt. Semua lampu dihubungkan ke sumber listrik melalui switcher box dan switcher utama dengan menggunakan kabel listrik dan pengaman. Pengaturan lampu sendiri biasanya dilakukan oleh seorang operator penata cahaya.

Switcher box lampu

Switcher box lampu, adalah sebuah master yang terdiri dari kumpulan switch atau sakelar lampu yang memiliki fungsi untuk menyalakan dan mematikan lampu studio.

Switcher box biasanya terhubung ke sumber listrik melalui panel sekering pengaman otomatis / MCB ke switcher utama yang berjenis handle.

TV monitor.

images 25 min
Sumber : blackmagicdesign.com

TV monitor berfungsi sebagai alat display kamera untuk yang digunakan oleh sutradara dan direktur memonitor hasil pengambilan gambar setiap kamera sehingga bisa diketahui kualitasnya untuk direkam di master VTR.

Pemilihan gambar dilaksanakan oleh switcherman dengan memilih menggunakan mixer Video yang telah dilengkapi dengan vasilitas switcher.

Perpindahan gambar dari kamera satu ke kamera yang lain dapar menggunakan mode wiper sehingga perpindahan atau transisi dari gambar tidak jumping dan terasa halus.

Mixer/Switcher video.

Mixer / Switcher video. Digunakan untuk menerima masukan dari setiap kamera yang digunakan untuk shoting dan meneruskan ke VTR untuk direkam.

Alat ini juga berfungsi untuk memilih gambar dari kamera mana yang akan direkam ke VTR. Dan efek-efek apa yang akan dipilih dan digunakan sebagai transisi perpindahan gambar dari kamera yang satu ke kamera yang lain oleh sitcherman atas perintah sutradara.

VTR (video tape recorder) / VCR (video cassette recorder).

VTR (video tape recorder) / VCR (video cassette recorder) digunakan untuk merekam gambar dan suara obyek yang sedang direkam atau sedang take, atau sedang shooting.

VTR menerima masukan gambar dari mixer video lalu masukan suara dari mixer audio atau bisa langsung dari audio hasil tangkapan microphone yang dipasang pada obyek yang sedang direkam. Misalnya microphone wireless yang dipasang di baju pembawa acara.

Hasil dari VTR akan dihubungkan ke ruang pemancar untuk dipancarkan sebagai siaran langsung atau menjadi rekaman pada pita magnetis, agar dapat diedit dan dijadikan dalam bentuk kaset atau keping VCD/DVD program untuk sebuah siaran tunda/tidak langsung.

Sound system

images 24 min
Sumber : Rf.com

Peralatan Studio Televisi yang penting selanjutnya adalah Sound System. Tentu saja karena tanpanya siaran televisi akan sunyi. Nah dalam Studio Televisi biasanya sistem suaranya cukup lengkap loh sobat.

Biasanya peralatan Sound system dalam Studio TV itu terdiri dari mic, mixer audio, equalizer, amplifier, speaker, headphone, tape recorder/cassette recorder, piringan hitam, CD/DVD player dan sekarang di masa modern menggunakan Sound Sistem Stereo yang sudah 3D.

Selain untuk penangkapan suara saat siaran. Sound sistem juga digunakan untuk keperluan talk back komunikasi antara kamerawan dengan sutradara / pengarah dalam rangka koordinasi, pemberian instruksi oleh pengarah kepada kamerawan.

Selain itu Talkback juga digunakan kepada beberapa ruangan lain yang berhubungan dengan studio televisi. Hingga siaran langsung sepakbola liga Inggris yang bisa kita tonton dapat berjalan dengan lancar.

Telecine

Telecine adalah proses konversi film menjadi video. Telecine membantu dalam melihat gambar bergerak dengan perangkat video standar seperti televisi atau komputer sehingga dapat disiarkan ke masyarakat melalui pemancar TV. Tapi setelah semakin majunya teknologi Scanner, Telecine semakin jarang digunakan.

Komputer

Peralatan Studio Televisi Terakhir tentu saja adalah Komputer. Karena Komputer banyak digunakan untuk mengedit, menyimpan, membuat animasi dan berbagai kegiatan lainnya untuk membantu siaran.

Beberapa Aplikasi Komputer yang berguna Untuk siaran antara lain Pinacle studio, Matrox, adobe premiere dan lain sebagainya. Selain itu komputer juga digunakan untuk membantu mentransfer data dan lain sebagainya.

Baca juga : 3 Sistem Perangkat Lunak di dalam Komputer.

Dan itulah kawan Pembahasan materi tentang Peralatan Studio TV dan Fungsinya. Semoga bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock