Backgrounder adalah dan 2 Contoh Backgrouder

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Backgrounder adalah yang menjadi salah satu cara dan teknik dalam Teknik Hubungan Masyarakat atau Publik Relation.

Sebagai seorang Humas yang baik, kita perlu menyampaikan informasi yang tepat kepada masyarakat luas terhadap berbagai hal tentang perusahaan atau organisasi tempat kita bekerja dan salah satunya adalah dengan menggunakan metode Backgrounder ini.

Tapi apa sih Backgrounder itu? Mari kita simak penjelasannya bersama – sama.

Pengertian Backgrounder adalah

Backgrounder adalah
Contoh Backgrounder

Secara Umum Backgrounder adalah informasi yang mendalam yang memberi tahukan khalayak tentang nama, informasi latar belakang ataupun tentang masalah tertentu. Mereka sering menyertai siaran pers dan memberikan informasi tambahan yang tidak ditemukan dalam siaran pers.

Menurut Bivins (1995) Backgrounder adalah sebuah lembaran informasi mendalam, yang disampaikan berkaitan dengan suatu objek, tempat, ataupun isi. Jadi berbeda dengan biografi, Backgrounder lebih banyak bercerita tentang benda mati seperti objek, tempat ataupun produk.

Terdapat dua pendapat tentang cara penulisan Backgrounder yaitu :

Menurut Aronson & Spetner (1993) Backgrounder adalah informasi yang ringkas tapi mendalam dan biasanya memiliki panjang tulisan sekitar satu halaman. Backgrounder membantu orang untuk cepat memperoleh informasi penting tentang suatu hal contohnya perusahaan.

Bedangkan Menurut Bivins (Handbook for Public Relations Writing, 1995) Backgrounder merupakan informasi mendetail tentang suatu latarbelakang permasalahan sehingga bisa mencapai beberapa halaman.

Syarat Penulisan Backgrounder.

Dalam penulisannya terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan oleh seorang Humas dalam penulisan Backgrounder ini yaitu :

  • Komprehensif, yakni tulisan dalam backgrounder mencakup banyak hal, tetap disajikan dalam bentuk yang ringkas agar pembaca dapat dalam waktu yang singkat memahami latar belakang suatu perusahaan
  • Padat informasi, artinya mencakup informasi yang mendalam terhadap perusahaan tersebut.
  • Netral, bahasa yang coba digunakan dalam backgrounder tidak memihak.
  • Faktual, yakni semua informasi yang coba disajikan dalam bentuk backgrounder memang adalah sebuah fakta atau begitu adanya.
  • Langsung, yakni backgrounder disajikan secara langsung pada persoalan yang bersifat esensial.

2 Cara Penulisan Backgrounder

Seperti kita ketahui dari tulisan diatas terdapat 2 cara penulisan dalam membuat backgrounder, yaitu seperti berikut ini.

Cara Penulisan Backgrounder 1 (Menurut Thomas Bilvins)

  • Awali dengan pernyataan ringkas tentang masalah atau subjek yang berkaitan.
  • Ikuti penulisan dengan latar belakang masalah, perkembangan dan lain sebagainya.
  • Lanjutkan dengan menyajikan apa informasi yang terkini (up to date) yang menjadi isi dari backgrounder
  • Sajikan implikasi masalah yang sedang didiskusikan
  • Gunakan subjudul bila perlu, karena dapat mengurangi penggunaan transisi.

Cara Penulisan Backgrounder 2

  • Alinea I : Gambaran ringkas tentang subjek
  • Alinea II: ringkas ruang lingkup subjek
  • Alinea III: background, ringkasan sejarah perusahaan
  • Alinea IV: filosofi Subjek
  • Alinea V : Kesimpulan.

Baca juga : Newsletter adalah.

Contoh Backgrounder.

Agar kamu dapat menulis Backgrounder dengan baik, kami telah menyiapkan 2 contoh yang dapat kamu gunakan sebagai acuan, seperti berikut ini.

Contoh Backgrounder (I) :

PT ILMUSAKU

1 . Lead [Pernyataan Penting dengan fakta pendukung ]

PT ILMUSAKU adalah sebuah perusahaan teknologi informasi terkemuka di Indonesia dengan total pengunjung 50 ribu perhari dan tahun berselang mencapai 18 Juta pengunjung. Jasa unggulan adalah dalam bidang informasi.

2. Lingkup Usaha.

Jasa penyediaan informasi ini disediakan untuk para klien antara lain pelajar, mahasiswa ataupun masyarakat umum yang sedang mencari info – info yang menunjang pelajaran mereka. Di samping itu, ILMUSAKU juga menyediakan berbagai macam artikel – artikel hiburan dan informasi unik lainnya.

3.Latar Belakang

Didirikan pada tahun 2019 lalu oleh Andika Putra di Bandung bersama kedua orang temannya. Kini PT ILMUSAKU telah memperkerjakan lebih dari 40 orang karyawan profesional di bidang jurnalistik dengan pengalaman di berbagai perusahaan.

4. Klien yang dilayani

PT ILMUSAKU melayani berbagai klien, terutama dalam industri komunikasi, informasi, perbankan dan teknologi dengan jangkauan pasar nasional.

5. Nilai Filosofis

Perusahaan ini menekankan nilai – nilai profesionalisme dalam menjalankan berbagai tugas dari klien dengan menekan nilai -nilai moral, Pancasila dan hukum yang berlaku. Para karyawan memperoleh kesempatan untuk meningkatkan profesionalisme dengan berbagai pelatihan.

6. Simpulan

Saat ini, PT ILMUSAKU sedang merintis usaha untuk meningkatkan aktivitas website dan pengembangan teknologi software yang akan menyadari pasar Nasional dan Internasional. Ini dilakukan melalui kerjasama dengan partner teknologi lainnya.

Contoh Backgrounder (II)

Contoh berikut diambil dan dialih bahasa dari backgrounder dari Perusahaan Yahoo.com berikut ini

ezgif.com gif maker 2

Produk Yahoo dan Update Kebijakan

Teknologi semakin berkembang pesat setiap harinya. Sayangnya, Yahoo! Sebuah Situs internet yang sangat terkenal pada masanya kini telah tertinggal dalam perubahan teknologi ini selama beberapa tahun terakhir.

Media sosial telah meledak, ponsel pintar telah mengambil alih dan pencarian yang lebih besar dan lebih efisien mesin dan portal email telah menaklukkan web.

Namun, CEO terbaru Yahoo!, Marissa Mayer, telah mengambil perusahaan yang sedang berjuang di bawah sayapnya dan mencari untuk memecahkan ini masalah dan menghidupkan kembali Yahoo! dengan inovasi baru.

Keluar Dari Yang Lama

Menurut berbagai sumber, Yahoo! sedang melakukan pembersihan musim semi selama beberapa tahun ke depan bulan dengan menghapus tujuh produk yang sudah usang dan tidak banyak digunakan dari konsumen.

Ms. Mayer, yang sebelumnya menjadi salah satu eksekutif di Google, mengikuti jejak perusahaan mesin pencari populer dengan memotong banyak produk yang gagal sekaligus.

Produk yang tidak lagi tersedia bagi pengguna di situs Yahoo! Antara lain yaitu Papan Pesan, Yahoo! aplikasi untuk ponsel Blackberry, Yahoo! avatar, Yahoo! Pembaruan API, Yahoo! Olahraga IQ, Yahoo! Pencarian Aplikasi, Yahoo! Petunjuk dan Yahoo! Pembaruan API.

Yahoo! aplikasi ponsel pintar juga akan dikurangi dari total 60-75 aplikasi menjadi 12-15 yang lebih masuk akal.

Yahoo! juga akan mereformasi citranya di dunia teknologi. Boilerplate yang lama menyatakan perusahaan sebagai “perusahaan media digital terkemuka.” sedangkan di boilerplate mengacu pada Yahoo! sebagai “perusahaan teknologi global.”

Masuk Bersama Hal Baru.

Jika sebagian besar perusahaan telah ikut bersama kereta media sosial – banyak yang telah menggunakan situs media sosial selama bertahun-tahun dari sekarang.

Agar Yahoo! dapat mengubah citra dirinya dapat pesaing di antara banyak portal email dan mesin pencari lainnya, itu harus memanfaatkan banyak teknologi yang ditawarkan dunia modern.

Ini melibatkan media sosial, seperti Faccbook dan Twitter, serta layanan seluler – yang keduanya terlewatkan oleh perusahaan hingga sekarang.

Perubahan yang terjadi di Yahoo tidak hanya berbasis kepada teknologi. Ms. Mayer membuat kebijakan baru agar tidak mengizinkan karyawan Yahool untuk bekerja dari rumah- mereka harus datang ke kantor.

Meskipun perubahan kebijakan tersebut membuat beberapa karyawan dan media protes, tapi perubahan itu memicu perubahan serupa di perusahaan lain, salah satunya di Perusahaan Best Buy. (Backgrounder dialih bahasa dari image di atas)

Baca juga : Wawancara adalah

Dan itulah kawan Pembahasan materi tentang Backgrounder adalah semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com