ilmusaku – Halo sobat, apa kalian suka olahraga ? saat kita berolahraga semua otot tubuh dipaksa untuk bekerja keras hingga menjadi lebih kuat dan besar! Baik, itu pada bagian lengan, perut, maupun kaki. Nah ternyata sobat, cara kerja otot pada manusia itu bukanlah sebuah rahasia dan bisa kita pelajari loh!

Dengan mengetahui da mempelajari cara kerja otot pada manusia kita bisa mengetahui dan memahami bagaimana cara manusia bekerja dan bergerak, Jadi manusia dapat bergerak karena dalam tubuh kita terdapat alat gerak aktif berupa otot dan tulang. Oleh karena itu, tulang dapat bergerak menopang tubuh kita. tapi bagaimana sih cara kerja otot pada manusia? membuat penasaran bukan?

Jika penasaran mari kita cari tahu bagaimana kerja otot pada manusia sama – sama.

Pengertian Otot

cara kerja otot pada manusia
Otot pada tubuh manusia

Sebelum kita belajar tentang bagaimana otot bekerja ada baiknya kita belajar tentang pengertian dari Otot.

Otot adalah sebuah jaringan tissue dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang dalam tubuh kita. Otot menyebabkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut seperti contohnya otot jantung.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), otot adalah jaringan kontraktil yang dikelompokan ke dalam sistem terkoordinasi untuk efisiensi yang lebih besar.

Cara Kerja Otot Pada Manusia

Otot bekerja dengan cara berkonstraksi dan relaksasi loh sobat, tapi apa itu konstraksi dan relaksasi otot itu ?

Kontraksi otot adalah keadaan saat otot menegang dan memendek sehingga kemudian dapat menggerakkan tulang atau rangka tubuhmu. Relaksasi Otot adalah sebuah kondisi dimana otot kita memanjang dan meregang jadi lebih mudahnya Konstraksi = menegang dan pendek dan Relaksasi = Memanjang dan Renggang. Otot merupakan alat gerak yang aktif, sementara rangka tubuh merupakan sistem alat gerak pasif.

Otot melekat pada tulang dengan jaringan ikat kuat disebut tendon. Tendon ini merupakan penghubung antara tulang dan otot. Tendon yang menempel pada tulang yang bergerak disebut insersi. Terdapat juga ligamen yang merupakan jaringan ikat kuat pembungkus sendi agar sendi tidak terurai. Otot, sendi, dan tulang bekerja sama dalam menciptakan suatu gerak. Gerak tersebut dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu gerak antagonis dan gerak sinergis.

Gerak Antagonis

Contoh gerak antagonis.
Contoh gerak antagonis.

Cara kerja otot yang pertama adalah gerak antagonis adalah Gerak antara dua otot yang mempunyai tujuan kerja berlawanan. Jika otot yang satu berkontraksi atau mengencang, maka otot pasangannya akan relaksasi atau mengendur. Kondisi ini bisa terjadi sebaliknya,

contohnya adalah :

  • mengangkat tangan otot bisep berkontraksi dan otot trisep relaksasi sehingga lengan akan terangkat. Sedangkan saat kita menurunkan lengan akan terjadi hal sebaliknya otot bisep relaksasi dan trisep kontraksi.

Gerak sinergis

contoh gerakan sinergi
contoh gerakan sinergi

Cara kerja otot pada manusia yang kedua adalah Gerak sinergis adalah gerak dua otot atau lebih untuk bekerja sama dengan tujuan yang sama. Otot sinergis akan berkontraksi dan relaksasi secara bersama-sama.

Contohnya :

  • gerakan kita saat menengadah dan menelungkupkan telapak tangan.

Nah ternyata hampir di semua bagian tubuh manusia terdapat jaringan dan sistem otot loh sobat, Ada otot yang bertugas melakukan gerakan-gerakan besar, ada juga otot yang berperan dalam melakukan gerakan yang lebih kecil dan halus.

3 Jenis Otot Pada Manusia

Secara garis besar otot dibedakan menjadi 3 macam yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

Tipe otot : Cardiac (Otot Jantung), Skeletal (Otot Lurik) dan Smooth (Otot Polos)
Tipe otot : Cardiac (Otot Jantung), Skeletal (Otot Lurik) dan Smooth (Otot Polos)

Otot lurik (Skeletal Muscle)

Otot lurik atau Skeletal Muscle hampir secara eksklusif melekat pada kerangka dan membentuk sebagian besar jaringan otot tubuh. Serat berinti banyak berada di bawah kendali sistem saraf somatik dan menimbulkan gerakan dengan kekuatan yang diberikan pada kerangka yang mirip dengan tuas dan katrol. otot Lurik memiliki desain yang efektif untuk pergerakan yang spontan dan membutuhkan tenaga besar. Otot ini mudah lelah, yang disebabkan oleh penumpukan asam laktat pada sel-selnya. Pergerakan otot lurik berasal dari sinyal motorik yang berasal dari otak dan bersifat sadar (bukan refleks).

Ciri-ciri otot lurik antara lain:

  • Memiliki bentuk seperti lurik
  • Memiliki inti banyak
  • Otot bekerja atas kesadaran perintas otak dapat mengalami kelelahan
  • Otot lurik melekat pada rangka sehingga sering disebut otot rangka.

Otot Polos (Smooth Muscle)

Otot polos atau Smooth Muscle dapat kamu temukan di organ pencernaan, pembuluh darah, kantung kemih dan Rahim. disebut otot polos, karena Berbentuk gelendong dengan kedua ujungnya meruncing, berjumlah satu dan terletak di bagian tengah dengan warna yang dimiliki polos. Otot polos gerakannya di operasikan oleh sistem saraf otonom dan tidak berada di bawah kendali sukarela.

Otot polos memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Berbentuk gelendong dengan kedua ujungnya meruncing dan berwarna polos.
  • Mempunyai satu inti sel, terletak di tengah sel
  • Otot bekerja di alam bawah sadar bekerja lambat, teratur, dan tidak cepat lelah
  • Bisa ditemukan di dinding alat-alat tubuh bagian dalam seperti paru-paru, pembuluh darah, lambung, usus, dan indung telur.

Otot Jantung (Cardiac Muscle)

Otot jantung atau Cardiac Muscle adalah otot lurik khusus yang terdiri dari sel-sel memanjang dengan banyak inti yang terletak di pusat. Otot ini bekerja khusus untuk memompa darah pada jantung ini adalah jaringan otot yang sanggup berkontraksi secara terus-menerus tanpa henti. Pergerakannya tidak dipengaruhi sinyal saraf pusat. Otot jantung dapat dipengaruhi oleh interaksi saraf simpatetik atau parasimpatetik yang memperlambat atau mempercepat laju denyut jantung, tetapi tidak dapat mengontrolnya secara sadar.

Ciri-ciri otot jantung diantaranya :

  • Sel otot jantung berbentuk serabut lurik yang bercabang-cabang
  • Sel mempunyai satu atau banyak inti sel dan terletak di tengah serabut
  • Bekerja di bawah sadar Tapi dipengaruhi oleh persediaan oksigen yang cukup.

Fungsi Otot

Sebagai bagian tubuh otot memiliki berbagai fungsi lain yang berguna untuk tubuh kita :

  • Menunjang mobilitas atau pergerakan
  • Menjaga stabilitas tubuh
  • Menjaga postur tubuh
  • Menunjang sirkulasi darah
  • Membantu sistem pernapasan
  • Membantu proses pencernaan
  • Melancarkan buang air kecil
  • Menunjang kinerja indra penglihatan
  • Melindungi organ
  • Mengatur suhu tubuh

Kesimpulan

jadi kawan cara kerja otot pada manusia itu penting untuk keberlangsungan hidup kita, otot selain untuk bergerak juga memiliki berbagai fungsi lain yang penting. semoga setelah mengetahui lebih banyak tentang otot kita semua bisa lebih banyak bersyukur. dan sampai jumpa ya sobat pada materi – matreri lainnya.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks