Belajar Tentang 5 Skala Suhu yang Dipakai di Dunia

Halo sobat, hari ini kita akan belajar tentang 5 Skala Suhu yang dipakai di dunia. Mengingat saat betapa sering sekali kita diharuskan untuk mengukur Suhu tubuh kita untuk melihat gejala covid-19.

Tapi apa sih suhu itu ?

Suhu adalah skala yang menunjukkan derajat panas suatu benda. Artinya, semakin tinggi suhu suatu benda, maka semakin panas benda tersebut. kenapa kok, bisa gitu ? Karena suhu berhubungan dengan energi kinetik.

Apabila Suhu suatu benda tinggi, artinya, molekul yang menyusun benda tersebut mempunyai rata-rata energi kinetik yang tinggi pula, begitu juga sebaliknya.

Suhu bisa diukur dengan termometer atau calorimeter untuk menentukan energi internal yang terkandung dalam sistem skala suhu yang digunakan.

Pada umumnya, termometer berbentuk seperti pipa kecil panjang yang di dalamnya terdapat air raksa dan skala-skala. Dan terdapat 5 Skala Suhu yang di gunakan di dunia loh, dan Apa sajakah itu?

Mati kita lihat penjelasannya lengkapnya :

5 Skala Suhu yang Dipakai di Dunia

Skala Fahrenheit

Skala suhu Fahrenheit ditemukan oleh Gabriel Fahrenheit ilmuwan berasal dari Amerika Serikat kala itu dia berhasil menemukan termometer alkohol pada 1709 dan termometer air raksa di 1714 dengan skala Fahrenheit.

Saat itu Fahrenheit, tidak menggunakan menggunakan titik beku air sebagai titik tetap bawah dan titik didih air sebagai titik tetap atas.

Skala Fahrenheit diperoleh dari campuran antara Es dan Garam yang memiliki suhu titik beku air 32 derajat Fahrenheit dan nilai titik didihnya sebesar 212 derajat Fahrenheit.

Baca Juga : sistem imunitas tubuh

Skala Reamur

Puluhan tahun setelah ditemukannya Skala Fahrenheit. Seorang Peneliti asala Perancis bernama, René Antoine Ferchault de Réaumur mengusulkan skala yang lain.

Pada mulanya, dia membuat termometer dengan alkohol (walaupun sekarang udah diganti dengan air raksa) tapi dia merubah sedikit dari termometer buatan Fahrenheit. Yaitu dengan menetapkan titik beku air 0° R dan titik didih sebesar 80° R.

Kenapa 80° R, dipilih sebagai titip didih terbesar oleh Reaumur karena dia menganggap angka 80 itu gampang dibagi 2. Bisa jadi 40, 20, 10, 5. Dibandingkan angka 100 yang cuma bisa 2 kali dibagi 2. Skala Reaumur sekarang sering dipakai dalam industri keju dan permen.

Skala Celcius

Lalu pada tahun 1742, seorang peneliti asal Swedia bernama Andreas Celcius menemukan skala tersendiri yang disebut Skala Celcius. beliau membuat skala celcius berdasarkan titik beku air yaitu 0 derajat celcius dan titik didih air yaitu 100 derajat celcius.

Hingga saat ini skala Celsius ini lebih sering digunakan dan termasuk ke dalam Sistem Internasional (SI). Bahkan dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Skala Kelvin

Skala suhu yang terakhir diciptakan oleh seorang penemu asa Skotlandia bernama Lord William Kelvin, Berbeda dengan skala lain, Kelvin menggunakan konsep nol mutlak sebagai batas bawahnya.

Skala kelvin adalah satu – satunya skala suhu dimana nol mutlak didefinisikan sebagai 0 K. Suhu nol mutlak inilah yang membuat molekul tidak bergerak (relative terhadap molekul lain secara keseluruhan). Hingga 0° di Kalvin dianggap sebagai The real Nol.

Apabila dikonversi dari 0 Kelvin ke skala Celsius, suhunya akan bernilai -273,15 derajat Celcius. Sama seperti Celsius, Kelvin juga masuk ke Standar Internasional (SI) yang dipakai untuk pengukuran ilmiah. Karena, secara teoritis, tidak ada yang lebih rendah dari suhu nol mutlak Kalvin.

Skala Rankine.

Skala Rankine adalah skala suhu mutlak yang dinamai oleh insinyur lulusan Universitas Glasgow insinyur bernama Macquorn Rankine pada tahun 1859. Sama seperti skala Kelvin. Nol pada skala Rankine adalah nol mutlak , tetapi perbedaan suhu satu derajat Rankine didefinisikan sama dengan oleh Fahrenheit, berbeda dengan Kalvin yang menggunakan Celcius.

Rumus Konversi Suhu.

5 Skala suhu
Sumber : climate4life.info

Setelah kita mengenal 5 Skala Suhu saatnya kita ketahui mengenai Rumus Menghitung Konversi Suhu tersebut. Sekarang kita tinggal kurangkan titik atas dan bawah dari masing-masing skala.

Rumus skala suhu

Lalu tinggal kita sederhanakan menjadi sebagai berikut :

Rumus skala suhu

Nah, perbandingan naik dan turun itulah yang akan kita gunakan untuk mengonversi suhu di tiap skala.

Contohnya :

  • Soal pertama. 155° c Berapa Rankine ?

Pertama-tama, kita putuskan dulu pakai titik tetap bawah atau atas. Pakai titik tetap bawah. Titik Bawah Rankine itu 492° dan nanti masukan dalam persamaan diatas 5 untuk Celcius dan 9 untuk Rankine

155°c x 9/5 + 492 = 770°R

  • Soal Kedua, 160 F berapa Celcius ?

Titik tetap bawah Fahrenheit masih ingat 32° F, jadi tinggal kita kurangi 160 – 32 = 128°F, lalu masukan perbandingan 5 Celcius dan 9 untuk Fahrenheit.

(160 – 32)x 5/9 = 71.11 °c

Untuk lebih mudah silahkan melihat rumus persamaan di bawah ini :

images 2 copy 1280x644

Dan itulah kawan skala suhu yang dipakai di dunia semoga bermanfaat dan mudah dipahami ya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com