Belajar Pengertian Koperasi dan Sejarahnya Beserta 4 Landasan Koperasi

Ilmusaku – Halo sobat, kali ini kita akan belajar tentang pengertian Koperasi dan Sejarahnya di dunia juga di Indonesia yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi perekonomian bangsa Indonesia.

Kenapa sih kita harus belajar tentang pengertian Koperasi dan Sejarahnya ?

Dengan belajar pengertian koperasi dan Sejarahnya kita dapat mengenal apa itu koperasi, manfaatnya, dan kenapa koperasi menjadi salah satu roda penggerak perekonomian. Jadi dari pada berlama-lama mari kita cari tahu saja sama – sama.

Belajar Pengertian koperasi dan Sejarahnya

Pengertian Koperasi

Logo koperasi lama

Dalam pengertian umum Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama yang melakukan kegiatan perekonomian berdasarkan asas-asas kekeluargaan, dan sebagai salah satu bentuk gerakan ekonomi rakyat.

Dan sobat menurut UUD No. 17 Tahun 2012 pasal 1, Pengertian koperasi adalah :

Koperasi adalah Badan hukum yang didirikan oleh orang perseorangan atau badan hukum koperasi, dengan pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal untuk menjalankan usaha, yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi.

Baca juga : Pengertian Badan Usaha

Sejarah Koperasi

Gerakan Koperasi di dunia pertama kali di muncul pada pertengahan abad 18 di Inggris. Dari perkembangannya, dimulai dari munculnya revolusi industri di Inggris tahun 1770 yang menggantikan tenaga manusia dengan mesin-mesin industri yang berdampak pada besarnya angka pengangguran sehingga menimbulkan gerakan dari para pekerja untuk menyejahterakan diri mereka sendiri. Gerakan ini juga memicu terjadinya revolusi Perancis tahun 1789. Koperasi sendiri berasal dari kata Cooperation atau bekerjasama.

Perkembangan Koperasi di Inggris.

Revolusi Industri mendorong Berdirinya Koperasi

Di Inggris Gerakan ini diawali oleh pemilik pabrik bernama Robert Owen. Owen berusaha membuat para pekerjanya sejahtera, dengan memberikan bayaran yang cukup dan jam kerja yang tidak terlalu panjang.

Dia adalah orang yang mencetuskan konsep Cooperation, agar mendorong semua pekerjanya bisa bekerja sama hingga dia disebut sebagai bapak koperasi dunia.

Selain itu ada seorang tokoh bernama William King, yang membuat konsep koperasi di mana dia membuat sebuah gerakan mengumpulkan modal dari para buruh untuk membuka toko untuk para buruh membeli kebutuhan sehari-hari mereka dengan harga yang lebih murah.

Keuntungan yang di dapat dari toko tersebut kemudian digunakan untuk memperbaiki kesehatan, tempat tinggal dan meningkatkan kesejahteraan para buruh.

Perkembangan Koperasi di Perancis

Revolusi Perancis

Setelah terjadinya Revolusi Perancis yang menggulingkan status quo di Perancis menimbulkan kemiskinan dan pengangguran ada beberapa tokoh yang membuat gerakan didasari semboyan Liberte-Egalite-Fraternite (kebebasan-persamaan-kebersamaan) yaitu diantaranya :

  • Charles Fourier (1772-1837) seorang sosialis Perancis menganjurkan berdirinya unit-unit produksi “Falansteires” yang mengedepankan semangat kebersamaan baik kepemilikan kapital, mengupayakan kebutuhan sendiri dan kepemilikan terhadap alat-alat produksi secara bersama-sama
  • Louis Blanc (1811-1882) mengusulkan kepada pemerintah untuk mendirikan tempat-tempat kerja untuk kaum buruh dalam bentuk Atelier Sosiaux (Atelier Sosial) dimana kaum buruh mengorganisir sendiri dengan cara kooperatif dan diawasi oleh pemerintah.

Baca juga : Pengertian Pasar

Perkembangan Koperasi di German

F. W. Raiffeisen

Sekitar tahun 1848, Walikota Flammersfield, F. W. Raiffeisen, menganjurkan agar kaum petani menyatukan diri dalam perkumpulan simpan-pinjam. Raiffesien mendirikan Koperasi simpan pinjam dengan pedoman kerja sebagai berikut :

  • Anggota Koperasi wajib menyimpan sejumlah uang.
  • Uang simpanan boleh dikeluarkan sebagai pinjaman dengan membayar bunga.
  • Usaha Koperasi mula-mula dibatasi pada desa setempat agar tercapai kerjasama yang erat.
  • Pengurusan Koperasi diselenggarakan oleh anggota yang dipilih tanpa mendapatkan upah.
  • Keuntungan yang diperoleh digunakan untuk membantu kesejahteraan masyarakat.

Perkembangan Koperasi di Amerika Serikat

Koperasi pertama yang didirikan di Amerika Serikat adalah The Philadelphia Contributionship From Lose By Fire. Semacam koperasi untuk asuransi karena kebakaran hutan. Berikutnya pada tahun 1880 berdiri koperasi-koperasi pertanian besar. Selain itu, di Amerika Serikat telah berkembang koperasi simpan pinjam yang dikenal dengan nama Credit Union, berkat anjuran Alphonso Desjardin (1854- 1921).

Perkembangan Koperasi di Indonesia

Bapak koperasi Indonesia

Di Indonesia sendiri, koperasi pertama berdiri pada tahun 1896 di Purwakarta dengan nama Hulp-En Spear Bank (bank pertolongan dan simpanan) yang didirikan oleh R.A Wiriaatmadja. Bank ini bertujuan untuk menolong para pegawai negeri, meski akhirnya koperasi simpan pinjam ini harus berhenti karena intervensi dari pemerintah Hinda Belanda.

Lalu setelah kemerdekaan tepatnya pada tanggal 12 Juli 1947 di Tasikmalaya, seluruh koperasi di Indonesia mengadakan sebuah kongres yang menetapkan 12 Juli sebagai hari koperasi. Lalu pada kongres tahun 1953, menetapkan bapak Moh. Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Koperasi mendapatkan ketetapan hukumnya pertama kali dari undang-undang no. 12 tahun 1967 tentang pokok perkoperasian. Kemudian terjadi penyesuaian pada Undang-undang no. 25 tahun 1992. Meski pada tahun 2012, Kementerian Koperasi dan UKM mengesahkan Undang – Undang no. 17 tahun 2012. Tetapi karena dianggap tidak bersifat kekeluargaan dan lebih bersifat korporasi, akhirnya undang – undang ini dibatalkan dan kita kembali ke UU no. 25 tahun 1992 sampai sekarang.

Baca juga : Pengertian Bank

4 Landasan Koperasi

Sebagai sebuah usaha untuk mensejahterakan rakyat, Koperasi di Indonesia memiliki beberapa landasan dasar sebagai berikut :

  • Landasan Idil – Pancasila
  • Landasan Struktural ( UUD 1945 Pasal 33 ayat 1)
  • Landasan Operasional (UU no. 25 tahun 1992)
  • Landasan Mental (Kesetiakawanan dan Kesadaran Pribadi)

Dan itulah kawan pengertian koperasi dan Sejarahnya, semoga setelah kamu belajar tentang pengertian Koperasi dan Sejarahnya ini kamu bisa belajar tentang pentingnya koperasi Badi perekonomian Indonesia. Dan bisa menumbuhkan semangat gotong royong dan kerjasama di dalam diri kita semua.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version