Belajar Sejarah Telepon -Sejarah Teknologi Komunikasi Dua Arah

ilmusaku – Halo sobat, komunikasi adalah yang penting bagi seluruh manusia. Karena dengan komunikasi kita bisa berbagi informasi ini banyak hal. Nah, Telepon adalah salah satu media komunikasi yang sering kita gunakan, tapi tahukah tentang sejarah Telepon itu ?

Dengan mengetahui sejarah Telepon, kita mempelajari tentang bagaimana teknologi komunikasi berkembang dan masa ke masa hingga mencapai kemajuan teknologi komunikasi dimasa sekarang.

Namun, kemajuan teknologi komunikasi itu tentu tidak terlepas dari bagaimana pengembangan teknologi telepon itu sendiri dan telah melalui sejarah yang panjang pula.

Jadi kencangkan sabuk pengamanmu dan mari kita belajar sama – sama.

Pengertian Telepon

Sumber : merdeka.com

Telepon adalah sebuah instrumen teknologi yang dirancang untuk mengirim dan menerima transmisi suara secara bersamaan untuk memudahkan komunikasi dua arah.

Awalnya pesawat telepon menghantarkan suara dengan listrik dan kawat, agar kita dapat bercakap-cakap dengan orang yang berjauhan tempatnya dari kita.

Sebelum ditemukannya telepon, orang – orang hanya bisa berkomunikasi jarak jauh menggunakan teknologi komunikasi satu arah (simplex) ataupun komunikasi dua arah tapi tidak bersamaan (Half Duplex).

Sejarah Telepon.

Permainan anak – anak

Awalnya, Teknologi komunikasi awalnya hanya bisa dilakukan menggunakan teknologi pengiriman pesan singkat melalui telegraf.

Dan Kata telepon sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu tēle, “jauh,” dan phonē, “suara,” biasanya digunakan pada akhir abad ke-17 untuk mainan telepon tali yang dikenal anak-anak, dan belakangan digunakan untuk merujuk pada megafon dan tabung berbicara.

Sound Telegraf

Hingga pada tahun, 1871. Seorang peneliti bernama Antonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebut sound Telegraph.

Penemuannya ini memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel.

Berdasarkan teknologi sound teleghraf itu, Alexander Graham Bell melalui Bell Labs dari perusahaan the Bell dan berhasil menemukan Transmitters and Receivers for Electric Telegraphs.

Telepon pertama Alexander Graham Bell

Sumber : britannica.com

Alexander Graham Bell, lahir di Skotlandia pada 3 Maret 1847, sejak muda dia pernah bekerja bersama ayahnya di perusahaan bernama Melvin Bell yang mengembangkan Visible Speech untuk orang tuna Rungu.

Ibunya, Eliza Grace Symonds Bell, termasuk seorang penyandang tunarungu. Meski tuli, ibunya berhasil mengajari ketiga anaknya hingga cukup usia.

Alexander Graham Bell pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1870-an, Di mana dia juga bekerja sebagai guru di sekolah Tuna Rungu bernama Pemberton Avenue School. Saat mengajar dia bertemu istrinya Mabbel Hubbard, yang juga seorang tuna Rungu.

Selain mengajar, Grahan Bell juga melakukan penelitian menggunakan sebuah mesin telegram yang mampu mengirimkan beberapa pesan secara bersamaan yang dibuat oleh Antonio Meucci. Karena penemuan Meucci itulah yang membuat Bell terobsesi dengan transmisi suara jarak jauh.

Dibantu Thomas A Watson, seorang pegawai toko elektronik di Boston, Alexander Graham Bell mengembangkan sebuah prototipe telepon. Dia menggunakan getaran multiple baja untuk memberikan jeda pada sirkuit. Hingga pada tahun 1875 dia mendapatkan hak patennya.

Dan setelah itu, dia juga menemukan dan mematenkan Improvement in Telegraphy, dimana Sistem ini memberikan metode untuk mentransmisikan suara secara telegraf.

Baca Juga : Macam – macam konsep pesawat pertama

Telepon Elektromagnetik, Charles William

Pada tahun 1877, The Charles William Shop, dibawah pendampingan dari Wilson dan Alexander Graham Bell berhasil membuat sebuah kemajuan pesat dalam teknologi komunikasi dengan mengembangkan Telepon Elektromagnetik.

Sistem pada telepon elektromagnetik memanfaatkan magnet permanen, diafragma besi dan mulai menggunakan dering panggilan.

Ditemukannya Switch Manual dan Sirkuit Metalik

Pada 1878, papan pengganti secara manual ditemukan. sehingga memungkinkan banyak telepon terhubung melalui sebuah saluran pertukaran. Perusahaan milik graham Bell mempunyai 10.000 telepon yang dapat digunakan.

Sirkuit metalic pertama mulai dipasang pada tahun 1880. Sirkuit ini merupakan perbaharuan dari sirkuit one-wire yang dipakai sebelumnya menjadi teknologi two-wire.

Perbaharuan ini membantu mengurangi gangguan yang sering kali dirasakan dengan penggunaan teknologi jalur one-wire.

Sistem Telepon one –wire dan two-wire adalah jenis telepon engkol yang tidak memiliki papan tombol melainkan ketika pengguna ingin berkomunikasi harus memutar tuas pada telepon.

Baca Juga : aplikasi pendidikan gratis

Nomor Telepon sampai Sistem Wireless

Sumber : Wikipedia.com

Cara penggunaan mesin telepon yang sering kita gunakan saat ini dimulai pada tahun 1891, dimana nomor dial pertama kali digunakan.

Dengan nomor Telepon akan mesin bekerja secara otomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan cara menekan nomor dial berdasarkan instruksi. Yang dimulai dari 0 – 9.

Tapi kemajuan Teknologi Komunikasi tidak berhenti sampai disitu saja. Pada tahun 1915, telepon dengan sistem wireless pertama kali digunakan. Sistem ini memudahkan pengguna telepon untuk saling berhubungan lintas negara.

Pada tahun 1927 proyek layanan telepon lintas atlantik di London dimulai. Proyek ini menggunakan 2 jalur radio. Namun dikarenakan sering terjadinya gangguan dan biaya yang mahal serta kapasitasnya yang kecil menyebabkan proyek dipindahkan menjadi lintas pasifik pada tahun 1964.

Sejarah Telepon Komersial

Sejak tahun 1940, telepon pertama kali digunakan secara komersial. sebelumnya telepon sering digunakan sebagai alat bantu perang untuk membidik tembakan dan meningkatkan kualitas radar. Selesai perang, ratusan telepon dipasang dengan menggunakan sistem ini.

Operator Amerika Serikat (AS), AT&T mengeluarkan model telepon dengan model rotary dial dan gagang telepon tersambung kabel. Lewat telepon ini, AT&T memonopoli sistem telepon di negaranya. Telepon ini dirancang dibuat oleh desainer terkenal Henry Dreyfuss. Sayang Telepon jenis ini masih menggunakan kabel yang sangat panjang

The Trimline

sumber : ifixit.com

Pada tahun 1965, AT&T mengeluarkan telepon dengan tombol nomor disematkan langsung ke telepon tersebut. Telepon ini disebut dengan nama The Trimline.

Dari jenis ini terjadi penambahan tombol bintang (*), tagar (#), dan tombol dial untuk pengulangan telepon ke nomor sama.

Telepon tanpa Kabel dan Telepon Genggam

Sumber : britannica.com

Tahun 1980, teknologi tanpa kabel mulai populer. Salah satunya adalah The Motorola DynaTAC, yang tanpa kabel, dan hanya memiliki antena dan memiliki Bodinya yang bongsor.

Satu dekade setelahnya, Motorola merilis kembali telepon tanpa kabel yakni StarTAC. Kali ini, telepon merupakan cikal bakal telepon genggam yang dapat digunakan secara mobile.

Smartphone sampai Sekarang

sumber : theverge.com

Di era modern teknologi komunikasi semakin berkembang dan bertranformasi menjadi sebuah perangkat pintar yang dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan menjadi smartphone.

Smartphone tak memerlukan tombol fisik, hanya layar sentuh yang dilengkapi dengan tombol virtual. Untuk berkomunikasi pun, orang-orang tak hanya bisa menelepon dan berkirim pesan, tetapi juga dapat berselancar internet.

Baca juga : Sejarah komputer pertama

Dan itulah sejarah telepon dari masa ke masa, semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi gagasan untuk perkembangan teknologi komunikasi selanjutnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version