Belajar tentang Kompulsif dan Impulsif – Definisi dan Contoh

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Perilaku Kompulsif dan Impulsif. Sebuah perilaku gangguan manusia secara Psikologis yang mempengaruhi bagaimana cara manusia berinteraksi sosial dengan sesamanya.

Dua Gangguan Psikologi ini dapat membuat orang dapat melakukan tindak yang bahkan tidak dapat mereka sendiri duga dan akibatnya dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

Tapi apa sih Perilaku Kompulsif itu, dan Apa Perilaku Impulsif itu dan bagaimana contohnya ? Mari kita simak sama – sama Penjelasan gangguan Kompulsif dan gangguan Impulsif ini.

Belajar tentang Kompulsif dan Impulsif

Pengertian Impulsif dan Kompulsif.

Kompulsif dan Impulsif
Sumber : istockphoto.com

Untuk mengetahui lebih jelas tentang perilaku Psikologi Impulsif dan Kompulsif mari kita simak penjelasan tentang pengertian tentang keduanya.

Impulsif adalah

Impulsif adalah sebuah dorongan untuk melakukan atau bertindak secara cepat tanpa memikirkan sebab akibat dan konsekuensi diluar hal yang telah dilakukannya saat itu juga.

Dan tak jarang gangguan Impulsif menurut verywellmind.com (2021) itu cenderung membuat orang melakukan sesuatu yang mungkin melanggar hak orang lain atau bertentangan dengan norma-norma sosial.

Baca juga : Psikopat adalah.

Kompulsif adalah

kompulsif adalah kecenderungan seseorang melakukan tindakan secara terus-menerus dan berulang-ulang dan seperti kecanduan tanpa sesuatu tujuan ataupun reward yang jelas dan bahkan dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Menurut Jeffrey M. Schwartz MD dalam bukunya ” Brain Lock : Free Yourself from Obsessive-Compulsive Behavior” (1996) Kompulsi adalah perilaku yang dilakukan orang dengan gangguan OCD untuk untuk mengusir ketakutan dan kecemasan yang disebabkan oleh obsesi mereka.

Makanya Perilaku Kompulsif tidak akan jauh dari perilaku obsesif. Tindakan Kompulsif ini juga yang dapat mendorong orang untuk melakukan sesuatu tindakan Impulsif.

Ciri – Ciri Impulsif dan Kompulsif

Sebuah perilaku Impulsif atau Kompulsif memiliki ciri – ciri atau karakteristik yang dapat kita kenali seperti berikut ini.

Ciri – Ciri Impulsif

  • Mengulangi perilaku meskipun konsekuensi yang merugikan dan berbahaya bagi diri sendiri atau orang lain.
  • Sering tidak memikirkan resiko.
  • Sering kehilangan ketenangan.
  • berbicara tanpa berpikir panjang ataupun sering oversharing (terlalu banyak bicara)
  • bereaksi berlebihan kadang berujung fisik.
  • Senang saat melakukan perilaku impulsif.
  • Tiba – tiba merusak properti
  • Sering memperpanjang atau membesar besarkan masalah.
  • Terlalu kecanduan terhadap sesuatu
  • Sering kehilangan kesabaran.
  • Berteriak saat merasa stres
  • Jika lebih parah dapat melukai diri sendiri.

Ciri – Ciri Kompulsif

Berikut ini adalah karakteristik dari perilaku Kompulsif

  • Berulang kali terlibat dalam suatu perilaku
  • Mengulangi perilaku meskipun konsekuensi yang merugikan dan berbahaya bagi diri sendiri atau orang lain
  • tidak bisa mengendalikan diri untuk melakukan perilaku
  • Mengalami dorongan yang kuat, untuk mengulang sebuah perilaku
  • Rasa senang yang berhubungan dengan perilaku.
  • Melakukan sesuatu secara berlebihan seperti mengecek pintu rumah berulang kali.
  • Memiliki obsesi terhadap sebuah perilaku.

Contoh Perilaku Impulsif dan Perilaku Kompulsif

Ada beberapa contoh Gangguan Impulsif ataupun Kompulsif seperti berikut ini.

Contoh Gangguan Impulsif :

Pyromania

Contoh Gangguan Impulsif
Sumber : verywellmind.com

Orang yang mengalami Pyromania dapat dengan sengaja menyalakan api tanpa memperhatikan kerusakan atau cedera yang mungkin ditimbulkan oleh tindakan mereka.

Mereka bukan tak tahu bagaimana mengerikannya bahaya Api, hanya saja mereka tak bisa menolak dorongan untuk menyalakan ataupun membuat suatu barang tersulut api.

Intermittent Explosive Disorder

Gangguan eksplosif intermiten adalah ketika seseorang sering bertindak dengan impuls agresif dan melakukan tindakan agresif yang serius, seperti penyerangan atau perusakan properti.

Kleptomania

Kleptomania adalah sebuah dorongan pada seseorang untuk mengambil sesuatu yang bukan hak miliknya (mencuri), meski mereka memiliki barang tersebut atau tidak mengetahui fungsi barang yang mereka curi.

Kebanyakan orang klepto juga termasuk ke dalam sub-tipe dari gangguan OCD (Obsessive-Compulsive Disorder) karena tidak dapat menghentikan dorongan dalam dirinya untuk mengambil barang orang lain.

Eksibisionis (Exhibitionist)

Eksibisionis adalah gangguan seksual dimana seseorang akan merasa senang memamerkan alat vital ataupun hubungan seksual di depan banyak orang untuk mendapatkan impuls ataupun kesenangan dari ekspresi kaget orang lain.

Contoh Gangguan Kompulsif

Berikut ini adalah beberapa gangguan Kompulsif.

OCD (Obsessive-Compulsive Disorder)

Gangguan obsesif-kompulsif (OCD) adalah gangguan yang terjadi pada seseorang yang memiliki pikiran, ide, atau sensasi yang berulang dan tidak diinginkan (obsesi) yang membuat mereka merasa terdorong untuk melakukan sesuatu secara berulang (kompulsi).

Beberapa kasus OCD adalah melakukan Pemeriksaan kompulsif dengan mencakup pemeriksaan berlebihan pada kunci pintu, sakelar, dan peralatan yang mereka anggap “berbahaya” dan mengakibatkan paranoia.

Compulsive buying disorder (CBD), Obsesi Belanja.

Orang yang menderita Compulsive buying disorder (CBD) akan melakukan apapun untuk menyalurkan keinginan mereka untuk belanja secara berlebihan hingga dapat membuat keuangan mereka terganggu.

Menurut Kellett dan Bolton (2009) dalam Compulsive Buying, keinginan belanja orang yang menderita gangguan belanja berlebihan ini tidak dapat mereka kendalikan meski menguras kantong ataupun biaya yang mahal.

Compulsive Hoarding (Penimbun Kompulsif)

images 10 min 1
Sumber : https://www.arkansasonline.com/news/2015/sep/28/comfort-in-clutter-20150928/

Para penderita Compulsive Hoarding (Penimbun Compulsive) akan menimbun barang apapun secara berlebihan tanpa melihat kondisi ruangan yang mereka miliki.

Para penimbun ini tidak dapat membedakan barang baru ataupun barang yang tak berguna ataupun sampah. Hingga ciri paling utama dari penderita penimbun ini adalah kondisi ruangan yang berantakan karena penuh dengan barang.

Trikotilomania

Trikotilomania adalah sebuah gangguan atau perilaku Kompulsif yang dilakukan dengan cara menarik rambut ataupun bulu halus di tubuh. Hingga para penderita biasanya memiliki bintik-bintik merah bekas luka tempat rambut yang tercabut.

Gangguan Kompulsif ini sangat berbahaya bagi diri penderita.

Eating Disorder (Gangguan Makan)

Beberapa gangguan makan terjadi dikarenakan perilaku Kompulsif. Beberapa diantara terjadi karena keinginan makan yang berlebihan hingga dapat mengakibatkan obesitas.

Hipersex, Nymphomania atau Kecanduan seksual

Jenis perilaku kompulsif ditandai dengan perasaan, pikiran, dan perilaku yang selalu berhubungan dengan seks. Perilaku ini dapat berhubungan dengan gangguan seksual yang biasa (kecanduan seksual) sampai yang menyimpang, hingga dapat dianggap melanggar hukum.

Compulsive Talking (Pembicaraan Kompulsif)

Pembicaraan kompulsif (atau talkaholism ) adalah Pembicaraan atau perkataan seseorang yang yang melampaui dianggap melewati batas-batas yang diterima secara sosial.

Mulai dari berbicara kasar, cabul ataupun menggunakan berbagai macam bahasa – bahasa yang dianggap melanggar norma masyarakat. pembicara kompulsif akan terus menerus berbicara tanpa berhenti dan hanya akan berhenti ketika orang lain mulai berbicara atau orang lain menganggap pembicaraan mereka berbahaya.

Dermatophagia.

Dermatophagia adalah perilaku Kompulsif yang berfokus pada bagian tubuh seperti menggigit kuku atau sesekali mengunyah jari. Perilaku ini sangat berbahaya karena melukai diri sendiri.

Baca juga : Psikologi adalah.

Dan itulah kawan Pengertian tentang Kompulsif dan Impulsif. Jika kamu ataupun orang di dekatmu memiliki ciri – ciri mengalami perilaku tersebut, segera hubungi para ahli ataupun dokter dan Psikiater terdekat untuk mendapatkan penanganan yang serius dan tepat.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu. Sampai jumpa lagi.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com