Brosur adalah – Jenis, Contoh dan 5 Macam Brosur

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Brosur adalah …yang akan kita sambung dengan mengenali jenis, macam dan Contoh dari brosur yang dapat kamu temukan di masyarakat.

Brosur ini termasuk ke dalam media promosi dan informasi yang menarik untuk kita pelajari karena selain bentuknya lebih kecil dari Poster, Banner ataupun Spanduk, hingga lebih mudah dijangkau orang banyak.

Jadi meski hadirnya informasi dan dunia digital melalui berbagai macam media seperti sosial media, Website dan lainnya. Brosur masih menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi media informasi dan branding yang digemari sampai sekarang.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang pengertian Brosur mari kita simak penjelasannya bersama – sama.

Pengertian Brosur Adalah

Contoh Brosur Map (sumber : pancakestime.wordpress.com)

Brosur adalah sebuah media informasi atau iklan berupa dokumen kertas cetak yang dapat dilipat. Brosur berfungsi untuk memberikan informasi kepada masyarakat, entah itu berupa produk ataupun berupa informasi perusahaan dan event yang berlangsung. Brosur dapat berisi gambar dan kumpulan teks informasi.

Meski bisa kita lipat, ada juga kok jenis Brosur yang berupa sekumpulan kertas yang tidak dilipat dan dimasukkan ke dalam folder atau paket saku untuk dapat dibaca oleh orang – orang dalam bentuk Booklet. Brosur yang tidak dilipat ini biasa disebut flyer, insert atau buletin.

Menurut printed.com Brosur ini adalah termasuk cara promosi yang cukup tua dan kuno, dan mulai menjamur sekitar abad ke 14 setelah ditemukannya mesin printing dan teknik cetak yang memudahkan orang mencetak banyak kertas pemasaran.

Baca juga : Jenis Teknik Cetak.

Fungsi Brosur

brosur memiliki berbagai macam fungsi loh yaitu :

  • Sebagai Alat Promosi produk untuk dipasarkan
  • Menginformasikan tentang perusahaan, produk dan lain – lain kepada masyarakat.
  • Brosur dapat digunakan untuk tanggapan untuk menjawab FAQ (pertanyaan) dari masyarakat.
  • Memperkenalkan Produk, Tempat atau Perusahaan.
  • Identitas sebuah produk atau perusahaan

Jenis brosur

Jenis brosur dapat di bedakan berdasarkan lipatannya, seperti :

Brosur lipat dua.

Contoh Brosur lipat 2(Sumber : goodmockup.com)

Brosur lipat dua dibuat dengan melipat brosur menjadi dua bagian yang sama. Brosur jenisnya dibuat untuk memudahkan kita memegang ini seperti buku dan membaca sekilas informasi yang ada pada brosur tersebut.

Biasanya Brosur lipat dua dibuat dari satu lembar kertas lalu dilipat hingga terbagi jadi dua bagian. Ukuran standar brosur lipat dua yaitu 8,5 x 11 inci, setara kertas ukuran A4.

Brosur jenis ini adalah brosur paling populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan.

Brosur Lipat Tiga.

Contoh Brosur lipat 3 (sumber : freepik.com)

Brosur ini persis seperti namanya. Ini terdiri dari tiga lipatan yang menyediakan ruang yang cukup untuk menampilkan informasi. Biasanya kertas yang digunakan hampir sama dengan lipat dua. Dan dapat dilipat dengan banyak cara untuk mengoptimalkan fungsinya.

Brosur lipatan Gerbang atau gate-flod.

Contoh lipatan gerbang (sumber : behance.net)

Brosur ini jarang digunakan karena harganya sedikit lebih mahal daripada desain grafis brosur tradisional. Oleh karena itu, sebagian besar dicetak untuk tujuan pemasaran kelas atas.

Lipatan ke dalam brosur ini membuatnya kompak dan mudah dibawa-bawa. Lipatan brosur ini dibuat seperti gerbang. Struktur delapan panel brosur menyediakan lebih banyak ruang untuk desain grafis, ilustrasi, informasi, dan gambar produk atau layanan merek dan produk milik kamu secara detail.

Brosur Lipatan Z

Contoh lipatan z (sumber : imockups.com)

Brosur ini dilipat menjadi bentuk zigzag ‘Z’ yang berbeda. Brosur Z-fold biasanya digunakan jika informasinya sarat dengan gambar.

Brosur ini memiliki total enam lipatan yang memberikan banyak ruang untuk menampilkan desain grafis yang berpusat pada gambar yang dapat berpindah dari satu lipatan ke lipatan lainnya.

Brosur Lipatan W.

Contoh Brosur W ( Sumber : free-mockup.com)

Seperti brosur lipatan z, Brosur ini memiliki ciri bentuk huruf W saat dilipat, brosur ini dikenal juga sebagai brosur Akordion. Biasanya brosur tipe ini dipakai untuk menjelaskan tutorial pemakaian produk atau sebuah peta.

5 Macam Brosur

Selain kita dapat membedakan Brosur berdasarkan bentuk, kita juga dalam melihat macam brosur berdasarkan fungsinya.

Brosur Perusahaan

Contoh Brosur Perusahaan (Sumber : freepik.com)

Biasanya berisi informasi dan biodata perusahaan atau juga usaha promosi produk yang dibuat oleh perusahaan tersebut.

Brosur Promosi produk/ Penjualan

Seperti namanya brosur jenis ini digunakan untuk menjual produk dan menjelaskan produk pada konsumen.

Brosur Spesifikasi

Brosur yang digunakan untuk menjelaskan Spesifikasi sebuah produk kepada calon konsumen. biasanya digunakan oleh benda – benda elektronik.

Brosur Event

Brosur Event biasanya digunakan untuk menjelaskan apa saja yang ada atau kegiatan dalam sebuah acara atau event. Biasanya digunakan untuk event – event yang cukup besar seperti konser hingga pameran seni rupa.

Brosur Menu

Brosur yang digunakan oleh restoran ataupun rumah makan kepada calon pembeli. Biasanya isinya adalah jenis makanan yang disajikan oleh restoran.

Brosur Map

Biasanya brosur tipe ini digunakan oleh kawasan pariwisata untuk menjelaskan tempat dan biasanya juga dipenuhi oleh berbagai macam informasi tentang tempat – tempat tersebut.

Baca juga : 7 Jenis Pameran Seni Rupa.

Dan itulah kawan Pembahasan materi tentang Brosur adalah semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version