Cara Membersihkan 4 Jenis Sepatu, Wajib Coba!

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Cara Membersihkan 4 Jenis Sepatu yang bisa kamu coba di rumah untuk membersihkan dan merawat sepatu – sepatu kesayangan kamu.

Seperti kebanyakan dari kita, sepetu pun memiliki banyak sekali pilihan dan jenis yang berbeda dengan banyak bahan, sentuhan akhir, dan warna yang berbeda.

Hingga perlu perawatan dan cara membersihkan yang berbeda untuk jenis sepatu Berbeda pula. Salah – salah sepatu kesayangan kamu malah menjadi rusak karena kesalahan perawatannya.

Tapi tenang kami dari ilmusaku.com, telah menyiapkan untuk kamu, Cara merawat dan membersihkan 4 Jenis Sepatu yang berbeda hanya untuk kamu.

Cara Membersihkan 4 Jenis Sepatu, Wajib Coba!

Cara Membersihkan Sepatu Kain

sumber : Tokopedia.com

Sepatu kain sebenarnya memiliki berbagai jenis dan bentuk yang berbeda ada vans, sepatu kets , pumps atau flats. Tapi apapun bentuk dan gayanya, sepatu jenis kain terkenal mudah sekali kotor.

Jadi butuh perawatan yang khusus untuk membersihkan sepatu jenis ini. Seperti berikut ini.

  1. Bersihkan sepatu kain dengan kertas toilet kering untuk menghilangkan kotoran yang mudah lepas di permukaan.
  2. Dalam mangkuk kecil, campurkan satu sendok teh cairan pencuci piring dengan dua cangkir air hangat.
  3. Celupkan sikat gigi ke dalam larutan sabun yang sudah kamu buat tadi lalu gosok perlahan di permukaan kain. Jangan terlalu basah dan bekerja secara perlahan (bagian per bagian), lalu mulai secara perlahan membersihkan sekitar sepatu untuk menjaga warna tetap konsisten dan mencegah bercak bekas kotoran.
  4. Untuk menghilangkan sisa sabun, bersihkan seluruh sepatu dengan kertas toilet yang dibasahi dengan air bersih.
  5. Serap kotoran dan air sabun dengan handuk kertas kering dan biarkan sepatu mengering di bawah dari panas langsung sinar matahari dan juga hembusan angin.
  6. Untuk membantu beberapa sepatu mempertahankan bentuknya, masukkan gumpalan kertas kering ke bagian jari kaki atau tumit sampai sepatu benar-benar kering.

Kami mungkin menemukan beberapa artikel di media sosial atau media online tentang memberikan sepatu kain ke dalam mesin cuci.

Tapi Ini adalah ide yang buruk, karena bukanya sepatu kamu bersih, malah menjadi rusak karena beberapa memiliki lapisan kulit dan hampir semua sepatu dirakit dengan lem yang akan mudah terlepas jika di rendam oleh air yang banyak.

Cara Membersihkan Sepatu Kulit

Untuk membersihkan sepatu dengan bahan jenis kulit entah itu kulit paten dan original, atau sepatu kulit dari bahan imitasi. mulailah dengan membersihkan sepatu dengan kain yang telah dicelupkan ke dalam larutan campuran air dingin dan cuka putih suling dengan perbandingan yang sama.

Untuk menghilangkan lecet pada sepatu kulit asli, kamu dapat menggunakan semir. Tapi jika kamu tidak punya semir, kamu dapat menggunakan kain basah lembut dengan larutan air dan sedikit soda kue. Gosok dengan lembut area yang lecet lalu bersihkan dengan kain bersih kering.

Cara Membersihkan Sepatu Olahraga (Atletik)

sumber : lazada.com

Sebagian besar sepatu atletik atau sepatu olahraga dapat dengan mudah dibersihkan dengan dengan deterjen yang bagus dan kuat. Jika terdapat moda yang membandel, kamu dapat membersihkan dengan menggunakan penghilang noda.

Untuk mengendalikan bau keringat dan jamur di dalam sepatu, kamu dapat bersihkan sol bagian dalam dengan pembersih disinfektan dan biarkanlah mengering.

Cara Membersihkan Sepatu Boots

Sepatu boots bukanlah sepatu yang dijual murah, juga dibuat dengan kualitas bahan yang sembarangan. Meski sering dipakai oleh kelas pekerja, tapi sepatu boots juga digemari oleh berbagai banyak pengalaman yang tentunya butuh perawatan khusus.

Maka dari itu, sayang sekali jika koleksi sepatu boots kamu di rumah rusak, hanya karena tidak paham seperti apa cara merawat yang tepat. Meski begitu merawat sepatu boots pun tergolong tak sulit jika terbiasa melakukan.

Caranya dengan menggunakan sikat pembersih, untuk noda minyak, taburkan bubuk soda kue atau tepung jagung di area tersebut, lalu gosok dengan lembut menggunakan lap basah, dan biarkan selama semalam.

Keesokan harinya bersihkan bubuk taburan tersebut memakai kain lembut. Sedangkan untuk noda lain, campurkan air lemon dan krim tartar dengan perbandingan rasio yang sama. Baru setelah itu, gunakan kain lembap untuk membersihkan pesta tersebut.

Kamu juga dapat mengoleskan minyak atau wax, yang dibuat khusus untuk kulit ke dalam biji-bijian dengan kain kering yang lembut.

Baca juga : Cara membersihkan laptop.

Dan itulah kawan cara membersihkan 4 jenis Sepatu yang berbeda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version