7 Tips Cara Membersihkan Laptop, Agar Bersih dan Terawat

Ilmusaku – Halo sobat, Di masa modern, laptop sudah menjadi gadget penting yang perlu kita bawa kemana – mana. Untuk belajar ataupun bekerja. kita tahu jika sangat sulit mencari cara membersihkan laptop setelah pemakaian sehari-hari. Apalagi di masa dimana kebersihan adalah hal yang penting, cara membersihkan laptop yang benar bisa sangat – sangat berguna.

Penting sekali menjaga laptop tetap bersih agar nyaman saat kamu pakai dan juga dengan Perawatan rutin yang baik dan benar bisa membuat laptop jadi lebih awet.

Tapi tenang sobat, kami dari ilmusaku.com telah merangkum caranya untuk kamu.

Tips Cara Membersihkan Laptop

Siapkan Alat pembersih

Cara membersihkan laptop
sumber : Tokopedia.com

Meski terdengar rumit, Sebenarnya alat – alat untuk mencapai laptop itu sangat sederhana loh, sobat. Diantaranya.

  • Alkohol, gunakan Alkohol yang memiliki kandungan 90% isopropyl tidak akan menyebabkan kerusakan pada komponen internal laptop. 
  • Kain Microfiber, sebuah kain sintetis yang terbuat dari 80 persen bahan polyester dan 20 persen polyamide.
  • Kapas, yang akan kamu gunakan untuk media pembersihan.
  • Vakum atau Alat peniup angin, yang akan kamu gunakan untuk membersihkan bagian dalam laptop, tanpa kamu membuka bagian dalam laptopnya.
  • Spon melamin, Jika laptop kamu memiliki kotoran yang susah untuk di hilangkan, gunakan spons melamin. Namun, hati-hati dalam penggunaannya karena spons melamin kasar dan malah dapat merusak Laptopmu jika kamu memakainya terlalu keras..

Baca juga : Cara meningkatkan Percaya diri

Bersihkan Mulai dari Casing

images 1
Sumber : simplymaid.com.au

Saat kamu memulai membersihkan Laptopmu, pastikan kamu telah mematikan laptop, jika sudah ambil kain lembab (pastikan jika kain yang kamu gunakan tidak terlalu basah) dan elap casing Laptopmu dari debu – debu yang menempel dan jika sudah semua jangan lupa untuk mengelap dengan kain kering.

Jika ada noda yang susah hilang, kamu bisa menggunakan spons melamin, dengan cara menggosok spon tersebut secara perlahan dan tetap hati-hati agar bisa mencegah kerusakan penampilan laptop.

Tak mau kan laptop malah menjadi tak enak dipandang.

Bersihan Bagian layar dengan Hati – hati

images
Sumber : cnn.com

Saat hendak membersihkan layar Laptopmu, pastikan kamu tidak menggunakan air yang berlebihan dan gunakan Alkohol dan kain Microfiber, dan Lap layar dengan Hati – hari karena layar termasuk bagian paling sensitif pada laptop. Jika kamu tidak memiliki kain Microfiber, kamu bisa menggantinya dengan tisu khusus pembersih layar.

Hindari menggunakan sabun pembersih rumah tangga yang mengandung bahan kimia yang bersifat keras dan berbahaya seperti ammonia atau alkalin saat kamu membersihkan layar.

Bersihkan Bagian keyboard dan Bagian dalam laptop menggunakan Vakum.

images 2
Sumber : shopee.com

Saat membersihkan Keyboard pastikan tak ada air yang akan menetes ke dalam laptop. Gunakanlah Vakum berukuran kecil atau kipas peniup debu untuk menyingkirkan remah – remah makanan dan debu yang berada di dasar keyboard.

Gunakan peniup debu untuk menghilangkan semua kotoran yang melekat, lalu tiupkan ke setiap celah yang ada di laptop seperti : keyboard, lubang angin, bahkan port USB.

Posisikan laptop pada sudut 75 derajat saat meniupkan udara ke dalam laptop dan putar laptop perlahan untuk membersihkan remah-remah yang membandel di dalam laptop

Setelah itu, oleskan korek kuping dengan alkohol untuk membersihkan lemak atau minyak yang membandel di sela – sela antara tombol keyboard. usahakan untuk tidak terlalu banyak menggunakan alkohol

Kamu harus memastikan semua debu yang berada di celah – celah hilang, karena banyaknya debu yang menempel dapat meningkatkan suhu di Laptopmu dan bisa merusak bagian dalam laptop.

Baca juga : Aplikasi Pembersih Ram

Jangan lupa untuk Bersihkan Trackpad

images 3
sumber : applegazette.com

Jangan lupa untuk membersihan Trackpad Laptopmu. Untuk melakukannya, persiapkan kain basah yang bebas serat dan tambahkan dengan alkohol ataupun air dan gosok pelan – pelan agar bekas minyak di Trackpad Laptopmu bisa hilang tanpa noda.

Bersihkan Pula File – File yang tidak Terpakai

images 4
sumber : blog.systweak.com

Lankah terakhir dalam cara membersihkan laptop adalah dengan menghapus data – data lama dan file – file yang ada di Laptopmu. Dengan membersihkan “sampah-sampah” file yang terpakai, kinerja Laptopmu bisa menjadi lebih baik lagi.

Baca juga : Aplikasi Belajar Gratis

Dan itulah kawan ke tujuh tips membersihkan laptop milikmu. Dengan perawatan yang baik dan pemakaian yang baik pula. Laptop milikmu bisa tahan lama dan tak mudah rusak. Lebih baik kita capek, dari pada harus mengeluarkan kocek lebih untuk memperbaiki bukan ?

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com