Halo sobat hari ini kita akan belajar tentang cara menulis teks Eksemplum. Tapi sebelumnya kita harus tahu apa sih teks Eksemplum itu.

teks eksemplum atau Exemplum adalah teks yang menceritakan perilaku atau pengalaman tokoh yang sebenarnya tidak diinginkan dan memiliki pesan moral.

Cerita akan diawali dengan pengenalan tokoh, setelah itu membahas peristiwa apa saja yang telah dilalui oleh tokoh, dan diakhiri dengan interpretasi dari dalam diri tokoh tersebut.

Teks eksemplum berisi tentang pengalaman hidup tokoh. Berawal dari sebuh peristiwa yang dialami oleh tokoh dan kemudian dari peristiwa tersebut terdapat hikmah yang dapat diambil. Mirip biografi iya ?

Paragraf biografi dan teks Eksemplum jelas berbeda, karena biografi bersifat non fiksi dan menceritakan pengalaman tokoh, sedangkan teks Eksemplum bersifat fiksi dan bercerita tentang kemalangan.

Nah, Untuk mengetahui lebih banyak tentang cara menulis Teks Eksemplum, mari kita lihat materinya sama – sama.

Cara Menulis Teks Eksemplum
Menulis teks Eksemplum

Ciri – Ciri Teks Eksemplum

Setelah kita mengetahui tentang pengertian teks Eksemplum. Kita juga mesti mengetahui ciri-ciri dari teks Eksemplum itu, seperti :

  • Berisi peristiwa yang tidak diinginkan.
  • Urutan peristiwanya jelas
  • Mempunyai struktur lengkap
  • Menggunakan bahasa naratif

Baca juga : Penulisan Teks Eksposisi

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

  • Kata Keterangan tempat, waktu, tujuan dan cara.
  • Kata hubung intrakalimat (dan, atau, karena, dll) DNA kata hubung antar kalimat (akan tetapi, oleh karena itu, dll)
  • Kalimat majemuk dan Bertingkat

Baca juga : Menulis Teks Deskripsi

Struktur Teks Eksemplum

  • Orientasi, merupakan bagian awal teks yang berisi tentang pengenalan tokoh.
  • InsidenBagian yang mengandung masalah yang dihadapi tokoh
  • Interpretasi, pesan moral yang disisipkan oleh penulis
  • Koda, Bagian Penutup dari cerita

Jenis – Jenis Eksemplum

Dilansir literarydevice.net, Aristoteles membagi Eksemplum menjadi dua kategori :

  • Kisah Nyata – dari mitologi atau sejarah aktual.
  • Eksemplum Fiksi – berasal dari cerita fiksi, fabel, dan cerita pendek.

Fungsi Eksemplum.

Awalnya Eksemplum atau Exemplum digunakan para pendakwah dan pemuka agama untuk memberikan pelajaran hidup dan teladan hingga membuat para pendengarnya menjadi orang baik.

Contoh Teks Eksemplum

Berikut ini adalah contoh – contoh dari teks Eksemplum :

“Saat Kau Sendirian Di Rumah “

images 5 copy 1280x853 min

Orientasi :

Saat itu tepatnya malam Jum’at, aku memutuskan diri untuk berdiam di rumah dan menonton cerita horror yang ada youtube.

Saat itu, keadaannya aku cuma sendirian di rumah karena keluargaku tengah pergi ke rumah teman ayah di kota. Sebelum pergi ayah sudah menasehatiku untuk selalu menutup seluruh pintu dan jendela. Tapi aku anggap angin lalu dan kembali menonton film horor kesukaanku.

Tapi tiba – tiba aku teringat dengan pengalaman mistis yang kakakku alami. Dia bercerita, kalo dia pernah melihat pocong di samping lemari yang ada didalam kamarnya. Entah kenapa, tiba-tiba bulu kudukku meremang dan badanku menggigil, karena takut aku memutuskan untuk langsung tidur saja.

Insiden :

Sebelum aku terlelap tidur, aku merasakan ada sesuatu yang aneh. tiba – tiba aku mendengar suara langkah kaki terdengar dari luar. Langkahnya tegap, mirip dengan langkah-langkah yang ku dengar dari film horor yang sudah aku tonton.

Aku segera menutup mata ku rapat-rapat, saat aku merasakan kedua tanganku berubah menjadi dingin dan suara – suara itu semakin keras saja. Dalam hati aku terus berdoa semoga keluargaku segera pulang.

Saat itulah aku mendengar suara mobil, ayahku tiba. Hatiku mulai merasa lega. dan langsung membuka pintu kamarku, saat itulah aku kaget melihat rumahku sudah berantakan, rumah kami kemalingan!,

Maling itu masuk lewat pintu belakang, yang lupa aku tutup, ayah dan ibuku marah sekali padaku.

Interprestasi :

Sejak kejadian itu, aku mulai belajar untuk selalu waspada dan selalu menutup pintu rapat – rapat saat aku sendiri. dan jangan terlalu sering membaca cerita horor atau menonton film horor sebelum tidur, karena dapat mempengaruhi keberanianku.

Koda :

Dan itulah kisah semoga kamu tidak mengalami hal yang sama denganku.

“Karena Lalai dalam Berkendara”

Orientasi :

images 6 copy 1280x850 min

Hampir setiap hari aku mengendarai motor ke kampus. Karena aku harus tiba di kampus untuk pelajaran pagi pukul 07.30, aku harus bangun pagi-pagi.

Tapi karena malamnya aku memutuskan untuk begadang, aku malah bangun terlambat hingga harus mengebut untuk bisa cepat sampai di kampus. Aku tak mau harus mengulang hanya karena bangun terlambat.

Insiden :

Dengan kecepatan tinggi, aku melajukan motorku di aspal yang masih basah. Dengan lihai aku melewati berbagai kendaraan di depanku. Sampai tiba – tiba hal buruk terjadi padaku.

Seorang ibu yang mengendarai motor berbelok tiba – tiba di depanku. reflek, aku mencoba mengerem, tapi sudah terlambat, kami harus saling bertubrukan dan terjatuh.

Ibu yang tak sengaja aku tabrak itu, langsung marah – marah padaku. Aku yang sudah jatuh tersungkur hanya bisa diam membisu.

Interprestasi

Mulai saat itu aku kapok, tak lagi mau ugal – ugalan di jalan. Selain harus terjatuh dari motor, aku juga mesti membayar ganti rugi pada si ibu, itupun sesudah dia memarahiku habis – habisan. Belum lagi aku terpaksa tak bisa mengikuti kelas.

Sepertinya aku harus mengulang lagi kelas ini tahun depan. Nasib…

Dan itulah kawan cara menulis teks Eksemplum, semoga bermanfaat untuk kamu iya.

Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks