10 Contoh Bakteri Penyebab Layu pada Tanaman

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 10 Contoh Bakteri Penyebab Layu pada Tanaman. Bakteri bukan hanya menyerang manusia ataupun hewan, bakteri juga dapat menyerang Tanaman.

Termasuk Bakteri yang menyebabkan layu pada tanaman atau disebut juga Bakteri Layu. Biasanya bakteri jenis ini menyerang bagian pembuluh pada tanaman.

bakteri Jenis ini mempunyai pengkhususan (specialisasi) dalam kelompok- kelompok tanaman inang yang diserangnya, misalnya jenis bakterium yang menyerang golongan tanaman semangka dan sebangsanya, tomat, kentang, buncis, jagung, dan lain- lain.

Ada pula jenis – jenis bakteri yang mula-mula menyerang jaringan pembuluh tanaman, tetapi kemudian menyebabkan busuk-jaringan pada jaringan disekelilingnya.

Termasuk juga 10 Contoh Bakteri Penyebab Layu pada Tanaman berikut ini :

Corynebacterium sepedonicum.

Sumber :alamy.com

Corynebacterium sepedonicum adalah bakteri yang menyerang tanaman kentang dan mengakibatkan Busuk-melingkar pada kentang (ring-rot potatoes) Sangat merugikan di lapangan dan di tempat penyimpanan.

Gejala – gejala baru muncul pada saat kentang menjelang masak, yaitu terlihat cabang/batang tanaman menjadi layu dan tumbuhnya seolah-olah terhambat/kerdil (stunted).

Ciri khas Busuk-melingkar pada kentang :

  • Jika batang dipotong, lalu dipijit, maka keluarlah cairan (exudates) yang berwarna kuning-kecoklatan (cream).
  • Terdapat sebuah cincin yang melingkar di dalam jaringan umbi (di dalam kentang) yang berwarna kuning kecoklatan, lalu berubah menjadi coklat muda. Selanjutnya lingkaran tersebut makin jelas berubah menjadi busuk (seperti “keju”) tanpa bau.
  • setelah adanya serangan mikro- organisme sekunder barulah timbul bau yang kurang sedap, yang terutama disebabkan oleh E. Carotovora

Corynebakterium flaccumfaciens

Corynebakterium flaccumfaciens menyerang daun tanaman Buncis

Corynebakterium flaccumfaciens menyerang tanaman Kacang buncis. Menyebabkan tanaman menjadi layu pada segala tahapan umur. Biasanya bakteri sudah ada pada (atau di dalam) biji. Seringkali tanaman juga menjadi kerdil.

Corynebakterium michiganense

contoh Corynebakterium michiganense pada tomat

Corynebakterium michiganense adalah bakteri yang menyerang tomat dan menyebabkan Bibit tanaman tomat menjadi kerdil. Daun – daun bawah tepinya menjadi layu dan mengering. Lalu timbulnya Bintik-bintik kecil bagaikan “mata-burung” pada buah.

Pseudomonas caryophyll

Contoh Bakteri Penyebab Layu pada Tanaman selanjutnya adalah Pseudomonas caryophyll yang menyerang tanaman bunga anyelir dan biasanya tanaman anyelir yang berada di rumah kaca.

Bakteri ini menyebabkan layu dan kering. Mula-mula daun-daun menjadi hijau-keabu-abuan, lalu menjadi kuning dan mati. Terdapat garis-garis kuning pada jaringan pembuluh dari batang.

Ralstonia solanacearum

Ralstonia solanacearum adalah bakteri yang sering menyerang sayuran hijau tanaman hias. Biasanya tanaman akan Kerdil atau layu serentak, jaringan-jaringan pembuluh berwarna coklat dan tampak garis-garis coklat pada irisan batang membujur.

Kadang akan terjadi pembusukan lunak berwarna coklat pada batang dari tanaman tomat dan kentang, juga umbi kentang menjadi busuk berwarna coklat melingkar.

Corynebakterium insidiosum

Corynebakterium insidiosum adalah bakteri yang menyerang tanaman alfafa. Menyebabkan tanaman menjadi kerdil dan terjadinya penguningan warna pada bagian atas tanaman.

Selain itu jika kulit akar dikelupas, maka akan tampak garis-garis coklat tingkat awal pada jaringan kayu, yang yang akan menjadi bercak – bercak meluas berwarna kuning- coklat pada seluruh jaringan kayu.

Erwinia tracheiphilla

Erwinia tracheiphilla adalah bakteri layu pada golongan tanaman Cucurbitaceae. Penyakit pada jaringan pembuluh (melalui luka) yang disebarkan oleh bangsa kumbang dari golongan Cucurbit ini. Menyebabkan layu serentak dan kematian pada batang/cabang tanaman yang penjalar kecuali pada semangka.

Xanthomonas campestris.

Xanthomonas campestris adalah bakteri yang menyebabkan Busuk-hitam dari golongan Cruciferae. Bakteri jenis ini biasanya masuk melalui pembuluh air ataupun luka pada jaringan tanaman kemudian menyebar melalui jaringan pembuluh.

Irisan melintan akan menunjukkan lingkaran hitam pada pembuluh. Irisan melintang dari petiole (tangkai daun) menunjukkan jaringan Xylem yang seperti tersumbat serta berwarna hitam. Menyebabkan tanaman mati atau daun – daunnya berguguran.

Xanthomonas incanae

Xanthomonas incanae adalah bakteri berbentuk bercak bercak pada tanaman “Stock” (Tanaman hias Matthiola).

Bakteri yang terjadi Pada tanaman muda atau bibit menyebabkan layu serentak, boleh jadi terus mati. Pada tanaman dewasa terjadi bercak-bercak hitam pada batang, seluruh jaringan pembuluh berubah warnanya.

Xanthomonas stewartii

Daun bergaris karena bakteri Xanthomonas

Xanthomonas stewartii adalah bakteri yang menyebabkan layu pada tanaman jagung. Biasanya tanaman yang terserang oleh bakteri ini menjadi kerdil, buku-buku menjadi coklat, pada daun terjadi baris – baris (streaks) berwarna hijau-pucat yang panjang. Terdapat lendir berwarna kuning pada jaringan pembuluh.

Baca juga : Bakteri Adalah.

Dan itulah kawan Pembahasan materi tentang 10 contoh Bakteri Penyebab Layu pada Tanaman. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version