Dadaisme adalah – Ciri dan 5 Contoh Karya Dadaisme

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dari Dadaisme adalah, sebuah aliran seni yang terpengaruh oleh Surealisme dan kubisme yang termasuk ke dalam gerakan seni Kontemporer.

Gerakan Dadaisme terbukti menjadi salah satu gerakan seni revolusioner di awal abad kedua puluh dengan modernis avant-garde yang terkenal di awal Perang Dunia pertama’ dan mempengaruhi cara berkesenian sampai sekarang.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang sejarah Dadaisme dan pengaruhnya terhadap kemajuan seni dunia, mari kita simak sama – sama materinya.

Dadaisme adalah

Dadaisme adalah
Sumber : artfactory.com

Pengertian Dadaisme adalah gerakan anti kemapanan dalam dunia seni yang lahir di daerah netral (Zurich, Swiss) saat perang dunia pertama, gerakan ini mencoba melawan nilai keindahan dari seni tradisional yang identik dengan kelompok Borjuis yang dianggap sebagai kelompok paling bertanggung jawab atas terjadinya perang dunia.

Bahkan Menurut Hans Richter, Dada bukanlah seni: melainkan sebuah ” anti seni ” yang melawan dan anti kekerasan dan peperangan.

Seniman Dada sering menggunakan tema-tema yang mengerikan, terasa mistis dan kadang menyeramkan, namun memiliki sisi kekanak-kanakan, naif dan memiliki pesan yang bermakna.

Baca juga : Aliran Futurisme adalah.

Ciri Dadaisme.

Meski banyak yang bilang jika Dadaisme bukalah aliran, melainkan sebuah gerakan. Tapi bukan berarti Dadaisme tidak memiliki ciri dalam karya – karyanya. Ciri – Ciri ini dapat menjadi referensi untuk membedakannya dengan gerakan seni lainnya.

Ciri – Ciri Dadaisme adalah :

  • Imajinatif dan terlihat seperti Omong kosong, hampir semua yang diciptakan selama gerakan Dada tidak masuk akal, paradoks, dan bertentangan harmoni.
  • Mengandung imaji yang cenderung tidak indah, kotor dan provokatif
  • Kebebasan Artistik, sama seperti Abstrak. Dadaisme sangat menjunjung tinggi kebebasan artistik seniman.
  • Sebuah Reaksi Emosional, karena pada dasarnya Dadaisme adalah reaksi seniman terhadap perang, bisa terlihat jika karya Dadaisme cenderung menampilkan sisi emosional.
  • irasionalisme
  • Adalah sebuah hasil dari Spontanitas seniman
  • Menyampaikan seruan anti perang melalui komedi yang satir
  • Menggunakan objek-objek “readymade” sebagai objek

Baca juga : Kontemporer adalah.

Readymade adalah.

Readymade adalah penggunaan barang – barang jadi untuk menjadi sebuah karya seni baru. Istilah Readymade sendiri pertama kali di gunakan oleh seniman Prancis Marcel Duchamp untuk menggambarkan karya seni yang dibuatnya dari benda-benda manufaktur dan dapat di temukan di kehidupan sehari-hari.

Untuk ” Readymade “Duchamp dengan sengaja memilih objek biasa, fungsional dan agak membosankan dan mencap-nya sebagai sebuah karya seni.

Meskipun istilah readymade diciptakan oleh Duchamp untuk seninya sendiri, tapi sampai sekarang istilah ini diterapkan secara lebih umum pada karya seni yang dibuat dari benda-benda jadi.

Tiga Poin Readymade Duchamp :

  • Memilih objek sendiri adalah sebuah tindakan kreatif
  • dengan meniadakan fungsi “berguna” dari suatu objek dapat menjadikannya sebuah seni.
  • penyajian dan penambahan judul pada sebuah objek memberinya ‘pemikiran baru’, makna baru.

Sejarah Dadaisme.

Pada tahun-tahun awal Perang Dunia I, Eropa tampaknya mulai kehilangan pegangannya pada kenyataan, termasuk para seniman yang kehilangan nilai dan tempat mereka. tak terhitung banyaknya seniman, penulis, dan intelektual yang menentang perang mencari perlindungan di Swiss.

Salah satunya adalah seniman, Marcel Duchamp yang menolak semua lukisan karena dibuat untuk hanya untuk mata, bukan pikiran. kemudian, dia menggambar konstruksi yang disebutnya Bicycle Wheel (Roda Sepeda) dan menjadi awal seni konseptual.

Selain itu Hugo Ball dan Emmy Hemmings membuka sebuah Cabaret Voltaire pada 5 Februari 1916 di Zurich. Di kabaret para seniman avant-garde yang terkenal radikal bertemu.

Saat perang dunia mulai memanas, seni dan pertunjukan cabaret Voltaire menjadi semakin eksperimental, pembangkang, dan anarkis. Bersama-sama, mereka memprotes kengerian perang di bawah satu banner yaitu “DADA”.

Mereka mencoba merenungkan apa itu seni dengan sebuah ” anti seni” dan mereka bereksperimen dengan dengan berbagai objek yang yang dapat mereka temukan dan mengubahnya menjadi sebuah karya yang penuh humor satir dan penuh omong kosong sebagai protes terhadap perang.

Meski mereka menolak menggunakan istilah Dada pada saat itu, tapi Kreasi Duchamp, Picabia, Man Ray, dan lainnya antara tahun 1915 dan 1917 terkenal dan tersebar di Eropa.

Istilah Dadaisme sendiri mulai berkembang pesat Pada awal tahun 1920-an setelah Duchamp dan Picabia pulang dari New York membawa ” Newyork Dadaisme” mereka.

Dan sejak saat itulah gerakan Dadaisme terus berkembang pesat dan menjadi gerakan seni avant-garde dan kontemporer terkenal.

5 Contoh Karya Dadaisme yang Terkenal

Berikut ini adalah beberapa contoh karya seni Dadaisme yang paling terkenal :

FOUNTAIN (1917) Marcel Duchamp’s

The FOUNTAIN (1917)
Sumber : tate.org.uk

Pada tahun 1917, Marcel Duchamp menyerahkan tempat kencing ke Society of Independent Artists. Tentu saja mereka menolak, karena Fountain dianggap bukanlah sebuah karya seni.

Tapi meski di tolak oleh kalangan elit seni, karya Duchamp ini menjadi terkenal dan mengangkat banyak pertanyaan penting tentang apa yang membuat seni itu dianggap “seni” dan karya ini menjadi sangat monumental untuk seni di abad ke-20.

Bicycle Wheel (1913) Marcel Duchamp’s

Bicycle Wheel Marcel Duchamp
Sumber : researchgate.com

Bicycle Wheel adalah karya Readymades pertama yang dibuat Duchamp. Dia menyebut ini seni dengan cara mereposisi atau ditandatangani dan menyebutnya seni.

Optophone I (1922), Francis Picabia

Optophone I
Sumber : artsy.net

Optophone I adalah karya ‘machinist’ dari Picabia, yang terinspirasi oleh peralatan industri pada awal abad ke-20 dan juga caranya untuk mengomentari percepatan teknologi pada masa itu.

Cut with the Kitchen Knife Dada Through the Last Weimar Beer-Belly Cultural Epoch of Germany (1919-20) Hannah Höch

images 40 min
Sumber : wikimedia

Cut with the Kitchen Knife merepresentasikan per antara Dadaisme dan budaya mainstream pada saat itu. Terkumpul dalam kolase foto adalah anggota kelompok politik yang dominan seperti pemerintah Weimar dan tentara.

Selain itu di sisi lain karya ini menampilkan tokoh komunis, seniman, dan radikal lainnya dan map negara – negara yang memberikan kesempatan pada perempuan untuk dapat mengikuti pemilihan umum.

Puisi Karawane (1916) Hugo Ball

Hugo Ball Karawane 1916 min
Sumber : magazine.artland.com

Pendiri Cabaret Voltaire dan penulis Manifesto Dadais pertama pada tahun 1916, membuat sebuah genre puisi suara. Pada tahun 1916, tahun yang sama di mana Manifesto Dadais pertama diterbitkan, Ball menampilkan puisi suara berjudul Karawane.

jolifanto bambla o falli bambla

großiga m’pfa habla horem

karawane

Meskipun puisi terdengar seperti ocehan acak dan gila, puisi suara benar-benar merupakan metode eksperimental dalam dunia literatur. Idenya adalah untuk menampilkan vokalisasi manusia.

Baca juga : Abstrak adalah.

Dan itulah kawan Pengertian tentang gerakan Dadaisme, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com