ilmu saku – Halo Kawan, kalian mungkin sering membaca surat kabar, majalah dan artikel di media daring. Nah teks yang kalian baca itu termasuk ke dalam teks eksposisi.

Tapi tahukah kamu apa eksposisi itu ?

Teks Eksposisi adalah…

Sebuah teks yang berisi informasi yang berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada kita semua mengenai suatu hal.

Unsur – Unsurnya…

a.Gagasan/ide/pendapat

Ide atau gagasan bisa berisi pernyataan komentar, penilaian, saran, dorongan, dan bujukan.

b. Fakta

Fakta merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar ada dan terjadi.

Fakta bisa berfungsi sebagai bahan untuk memperkuat gagasan atau pendapat sehingga diharapkan dapat lebih meyakinkan saat dibaca.

Ciri – cirinya berupa…

  1. Gaya bahasa bersifat informatif
  2. Berbasis Fakta
  3. Penyampaian teks jelas, lugas dan baku
  4. Memberikan pengetahuan baru
  5. Bersifat netral dan objektif

Baca juga : teks debat

Struktur Eksposisi…

  1. Tesis, Pengenalan isu, masalah atau pandangan penulis secara umum tentang topik yang sedang dia bahas. Biasanya tesis terdapat di paragraf pertama
  2. Rangkaian Argumen, Pendapat atau argumentasi si penulis, biasanya digunakan untuk menjelaskan tesis. Terdapat di paragraf dua dan tiga. Biasanya di paragraf dua adalah argumen si penulis dan di paragraf tiga disisipkan fakta untuk mendukung tesis.
  3. Penegasan ulang, Perumusan kembali secara sederhana. Isinya sebagai penutup dan simpulan. Dan biasanya di paragraf terakhir ada pengulangan dari tesis tetapi tidak secara langsung dalam kalimat.
Teks eksposisi
Sumber : ilmusaku.com

Contoh Eksposisi.

Contoh 1 : Pelecehan saat Rapid

Jakarta – Polisi menangkap EF, tersangka pemerasan dan pelecehan seksual saat rapid test di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Motif pelaku melakukan tindakan tersebut pun akhirnya terkuak.”(Motif) penipuan karena menginginkan uang lebih. Pelecehan karena nafsu,” kata Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta AKP Alexander Yurikho ketika dihubungi detikcom, Sabtu (26/9/2020).

Alexander mengatakan, dari pemeriksaan, EF mengaku baru melakukan tindakan tersebut satu kali. Polisi masih terus mendalami keterangan tersebut.

Selain itu, Alexander mengatakan pihaknya masih menunggu keterangan resmi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terkait status pekerjaan tersangka EF ini.”(Pemeriksaan) pihak IDI masih terkendala sistem kerja WFH.

Dalam segera akan dikirimkan surat keterangan resmi (status pekerjaan EF),” jelas Alexander.Untuk diketahui, kasus ini bermula dari cuitan korban berinisial LHI yang mengaku telah menjadi korban pelecehan dan penipuan oleh EF. Korban saat itu mengaku hendak melakukan perjalanan ke Nias pada Minggu (13/9).

Korban diminta menjalani rapid test. Hasil rapid test korban dinyatakan reaktif Corona oleh tersangka EF.Singkat cerita, korban LHI dipaksa menjalani rapid test ulang dengan membayar Rp 150 ribu. Dia pun akhirnya dibawa ke tempat sepi dan diminta memberikan uang tambahan senilai Rp 1,4 juta.Polisi kemudian bergerak cepat dan menangkap tersangka di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Tersangka EF dijerat dengan pasal berlapis atas kasus pelecehan, pemerasan, dan penipuan.

Contoh 2 : Metode Belajar online.

Metode belajar mengajar satu arah baiknya mulai ditinggalkan apalagi saat pandemi sekarang ini. Jika dulu Siswa dapat menerima pembelajaran di kelas dan guru dapat menjelaskan dan menerangkan pelajaran sekarang sudah tidak bisa lagi.

Materi pelajaran yang dibahas seakan tidak efektif meski guru mencoba untuk melibatkan siswa secara aktif. Tapi karena terbatas oleh ruang, pelajaran tak bisa secara maksimal tersampaikan kepada murid.

Ini menjadi berita buruk bagi pendidikan Indonesia yang masih perlu tatap muka untuk menjelaskan. Tapi hal ini juga dapat menjadi pembuka agarGuru dapat mengajak siswa berdiskusi meski secara online, cara mengajar paling ideal yang mereka inginkan.

Jenis teks eksposisi
Jenis teks eksposisi.

Baca juga : teks deskripsi

Jenis – jenisnya

Eksposisi Definisi

Suatu teks yang memaparkan definisi suatu topik tertentu.

Eksposisi Proses

langkah-langkah atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.

Eksposisi Perbandingan

Teks yang gagasan utamanya disajikan dengan cara membandingkan satu kasus dengan kasus yang lain yang nyaris serupa.

Eksposisi Klasifikasi

Adalah Jenis Paragraf yang membagi sesuatu dan mengelompokannya ke dalam sebuah kategori-kategori.

Eksposisi Sebab – Akibat

Paragraf yang mengunpulkan fakta – fakta khusus untuk menjadi sebab lalu disimpulkan menjadi akibat

Itulah tadi pengertian, unsur, serta struktur dari teks Eksposisi. Kalian dapat mengenali sebuah teks eksposisi dari penjelasan di atas kawan.

Jadi adalah hal yang kalian belum paham dari penjelasan di atas ? Silahkan tanyakan di kolom komentar.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks