Definisi Wawancara & 7 Jenis Wawancara Berita

Halo Sobat kali ini kita akan membahas tentang Wawancara dalam Berita dan 7 Jenis Wawancara Berita. Wawancara sendiri sangat penting dalam dunia Jurnalistik dan Media Massa seperti Televisi, Radio maupun media cetak dan elektronik.

Seorang Jurnalis atau Wartawan hampir tak bisa melepaskan diri mereka dari aktivitas wawancara. Melakukan wawancara pada prinsipnya merupakan sebuah usaha untuk menggali keterangan (yang lebih dalam) tentang sebuah berita dari sumber yang relevan.

Informasi dan keterangan itu diambil dari narasumber yang relevan. bisa berupa pendapat, kesan, dan sebagainya.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang wawancara mari kita simak penjelasannya tentang Pengertian, 7 Jenis Wawancara Berita dan Tujuannya seperti berikut ini.

Pengertian Wawancara Adalah

Sumber : freepik.com.

Wawancara adalah tanya jawab dengan seseorang (narasumber) yang diperlukan untuk dimintai keterangan ataupun pendapat mereka mengenai suatu hal untuk dimuat di surat kabar, elektronik ataupun Televisi.

Wawancara juga dapat berfungsi bagi sebuah perusahaan untuk menyaring dan mendapatkan informasi tentang calon pelamar kerja di perusahaan mereka.

Tapi dalam media massa, Wawancara dapat diartikan sebagai kegiatan komunikasi melalui pertukaran informasi antara reporter (wartawan) dan sumber berita.

Ketika reporter mengajukan pertanyaan dalam bentuk dan cara yang tepat, disaat itu juga responden akan menjadi jendela informasi untuk mengembangkan fakta yang baik untuk penulisan sebuah artikel ataupun berita. (Muhtadi, 1999:212)

Dalam sebuah wawancara jurnalisme, reporter hadir sebagai perwakilan khalayak, pendengar, penonton, pembaca media yang haus akan fakta sebuah pemberitaan.

Dan Narasumber, mewakili dirinya sebagai pihak yang memberikan keterangan, termasuk sebagai saksi kejadian, akademisi, atau aparat birokrasi. Hingga akhirnya menjadi bangunan utama dalam keseluruhan kegiatan peliputan berita.

Kerja Jurnalisme yang baik, melalui proses wawancara yang benar pula dapat menghasilkan informasi yang benar – benar bermanfaat dan bernilai bagi masyarakat.

Hingga diperlukan kejelian dari wartawan untuk memilah dan dengan jeli menggali informasi bernas dari pihak yang memang layak dan informasi dari mereka diperlukan oleh masyarakat.

Baca juga : Newsletter adalah

Tujuan Wawancara.

Tujuan Wawancara pada dasarnya untuk menggali fakta, alasan, opini atas sebuah peristiwa, baik yang sedang, sudah maupun yang akan berlangsung.

Untuk Jurnalisme, Wawancara biasanya memiliki tujuan khusus sesuai format acara/program (Radio/Televisi/Podcast/YouTube) ataupun kolom berita di media cetak ataupun media internet.

Menurut Pakar Komunikasi Dr Myles Martel (Masduki, 2001:38) terdapat 8 peringkat tujuan Wawancara.

  • Memastikan kebenaran dan aktualitas fakta
  • Memperoleh pernyataan resmi langsung dari sumbernya.
  • Menggali titik atau sudut pandang/opini (point of view)
  • Memformulasikan suatu masalah.
  • Memperoleh suara yang mewakili masyarakat.
  • Menciptakan gaya berita bercerita
  • Menciptakan citra pribadi reporter
  • Memperkuat kredibilitas radio.

7 Jenis Wawancara Berita

Terdapat 7 Jenis Wawancara Berita seperti berikut ini :

  • Wawancara Sosok Pribadi (Personal Interview)
  • Wawancara Berita
  • Wawancara Jalanan
  • Wawancara sambil berlalu
  • Wawancara Telepon
  • Wawancara Tertulis
  • Wawancara kelompok

Wawancara Sosok Pribadi (Personal Interview)

Wawancara Sosok Pribadi (Personal Interview) adalah Wawancara yang secara khusus dilakukan untuk mengungkap sosok seseorang. Sumbernya bisa Publik Figure atau orang bisa yang memiliki prestasi ataupun tengah menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

Wawancara Berita (News Interview)

Wawancara Berita (News Interview) adalah wawancara untuk memperoleh pendapat atau tanggapan seseorang (biasanya orang yang berwenang) atas suatu informasi penting dalam sebuah peristiwa.

Wawancara Jalanan (Man In The Street Interview)

Wawancara Jalanan (Man In The Street Interview) wawancara Jalanan yakni menanyai orang yang lewat, apa pendapat mereka terhadap berita penting tertentu atau peristiwa menarik.

Wawancara Sambil Lalu (Casual Interview)

Wawancara Sambil Lalu (Casual Interview) adalah Wawancara tidak direncanakan secara khusus, tetapi berlangsung secara kebetulan.

Wawancara Telepon (Telephone Interview)

Wawancara Telepon (Telephone Interview) adalah wawancara melalui sambungan telepon dan dilakukan sewaktu – waktu atau perjanjian untuk mendapatkan komentar atau konfirmasi suatu peristiwa atau berita.

Wawancara Tertulis (written Interview)

Wawancara Tertulis (written Interview) adalah wawancara yang dikirimkan melalui Faks, email, WhatsApp ataupun SMS. Kelemahannya jawaban tidak berkembang dan bersikap final meski hingga sulit digali lebih dalam.

Wawancara Kelompok (Discussion Interview)

Wawancara Kelompok (Discussion Interview) adalah wawancara yang terjadi antara sekelompok wartawan ataupun sekelompok narasumber. Bisa berupa diskusi ataupun konferensi pers.

Baca juga : Tulisan Informatif adalah.

Dan itulah kawan Pembahasan tentang Wawancara dalam Jurnalisme dan 7 Jenis Wawancara Berita semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version