Difusi adalah – 4 Bentuk, Proses dan Contoh

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Difusi adalah – 3 bentuk, Proses dan contoh yang ada di kehidupan bermasyarakat. Bagaimana Proses difusi dapat mempengaruhi cara kita berinteraksi dengan orang, lingkungan dan masyarakat.

Para ahli Sosiologi dan antropologi percaya bahwa difusi adalah suatu cara utama masyarakat modern mengembangkan budaya yang kita miliki saat ini. Seperti contohnya siapa yang tak suka memakai celana jeans seperti para koboi bukan?

Nah untuk mengetahui lebih banyak tentang difusi dalam sosiologi mari kita simak penjelasannya bersama – sama.

Difusi Adalah

Difusi adalah suatu proses penyebaran unsur – unsur kebudayaan ke seluruh penjuru dunia. Menurut science Difusi merupakan pergerakan apa pun (misalnya, atom, ion, molekul, energi) umumnya dari daerah dengan konsentrasi lebih tinggi ke daerah dengan konsentrasi lebih rendah.

Menurut Koentjaraningrat, difusi ialah proses pembiakan dan gerak penyebaran atau migrasi yang disertai dengan proses penyesuaian atau adaptasi fisik dan sosial budaya dari makhluk manusia dalam jangka waktu beratus-ratus ribu tahun lamanya sejak zaman purba.

Kebudayaan tersebar dikarenakan terbawa oleh bangsa-bangsa yang melakukan migrasi. Dengan demikian proses penyebaran kebudayaan tersebut terjadi melalui peristiwa geografis.

Contoh terjadinya proses difusi sebagai proses penyebaran kebudayaan pada masa prehistori yaitu ketika kelompok manusia berburu berpindah ke daerah lain yang jauh sekali dan membawa budaya berburu ke daerah tempat mereka berpindah.

Contoh terjadinya proses difusi yang dapat kita lihat sekarang adalah bagaimana budaya K-Pop yang berasal dari Korea dan Budaya Wibu yang berasal dari Jepang menjadi resapan budaya anak – anak remaja modern.

Hal-hal yang disebarkan melalui difusi meliputi ide, nilai, konsep, pengetahuan, praktik, perilaku, materi, dan simbol.

Lebih lanjut, perlu menjadi catatan bahwa proses difusi berbeda dengan memasukkan unsur-unsur budaya asing ke dalam masyarakat secara paksa ya sobat, seperti yang dilakukan melalui kolonisasi. proses difusi terjadi secara sukarela.

Jadi mungkin hal – hal yang biasa kamu lakukan itu adalah hasil dari Proses Difusi kebudayaan yang terjadi secara sengaja ataupun kebetulan.

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian dari Difusi ada banyak kita juga mengetahui bentuk dari difusi bukan ? Mari kita cari tahu selanjutnya.

Baca juga : Perubahan sosial adalah.

4 Bentuk Difusi berdasarkan Prosesnya

Berdasarkan prosesnya, difusi dapat digolongkan menjadi beberapa bentuk. Bentuk-bentuk tersebut antara lain adalah hubungan symbiotic, hubungan penetration pacifique, dan stimulus diffusion.

Hubungan Symbiotic

Silk Road (Jalur Sutra)

Symbiotic adalah hubungan yang terjadi hampir tidak mengubah unsur kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa tersebut. Contoh hubungan barter yang terjadi selama berabad-abad antara Bangsa India dengan negara China.

Hubungan ini bangsa India dan China dalam sebuah bentuk perdagangan yang disebut jalur sutera. Selama hubungan itu kebudayaan masing-masing negara tersebut tidak mengalami perubahan yang berarti.

Hubungan Penetration Pacifique.

Huruf Kanji Jepang dan Hanzi Tiongkok

Penetration pacifique adalah terjadinya pemasukan unsur-unsur kebudayaan tanpa adanya paksaan. Contoh yang pernah terjadi adalah unsur kebudayaan yang dibawa masuk oleh bangsa China ke Jepang.

Hingga beberapa kebudayaan China dan Jepang memiliki kemiripan dalam berbagai ciri dan bentuk seperti makanan (Mie/Ramen) Sistem Kerajaan pada masa lalu (Kaisar) dan Kepercayaan hingga Tulisan dimana Kanji Jepang memiliki kesamaan dengan Hanzi China.

Selain itu hubungan Indonesia dan India, dimana Banyak kerajaan – kerajaan Indonesia memiliki hubungan kebudayaan erat dengan India dan lain sebagainya.

Difusi Stimulus

Difusi Stimulus merupakan sebuah difusi yang terjadi secara terus menerus. Contohnya yaitu negara A bertemu negara B terjadi difusi, B bertemu C terjadi difusi, begitu pula seterusnya.

Seperti terjadinya Budaya Minum Kopi yang awalnya berasal dari Budaya Afrika yang menyebar di Kerajaan Islam lalu kembali menyebar di Eropa dan seterusnya di masa sekarang budaya minum kopi menjadi budaya wajib orang – orang masa kini.

Penetrasi paksa (penetration violence)

Kolonialisme

Penetrasi Paksa adalah kebalikan dari hubungan Penetration Pacifique (Penetrasi tanpa Paksaan) dimana proses Difusi terjadi karena proses Kolonialisasi. Seperti yang terjadi di Afrika Selatan dan negara – negara jajahan lainnya.

Proses Terjadinya Difusi

Proses difusi telah berlangsung sangat lama. Para ahli berpendapat bahwa manusia zaman purba telah melakukan proses difusi.

Menurut paleoantropologi, diperkirakan manusia pertama kali ada di daerah sabana tropikal Afrika Timur, kemudian menyebar hampir ke seluruh permukaan bumi yang memiliki musim yang berbeda-beda.

Persebaran ini membentuk sebuah kebudayaan yang mereka miliki saat ini. Dalam proses ini mereka melakukan adaptasi fisik dan budaya. Proses perpindahan tersebut dilakukan dengan cara migrasi lambat dan otomatis serta migasi cepat dan mendadak.

Nah saat terjadinya Proses terjadinya difusi dapat kita bagi menjadi dua. Yaitu Proses Difusi Langsung dan Tidak Langsung.

Proses Difusi langsung

Proses Difusi Langsung adalah Proses Penyebaran budaya yang terjadi secara langsung. Biasanya Terjadi ketika dua budaya sangat dekat satu sama lain, menghasilkan perkawinan, perdagangan, dan bahkan peperangan antar dua budaya tersebut. Difusi langsung pada umum terjadi sejak zaman kuno loh. Dan selalu terjadi pada negara yang berdampingan.

Contohnya Suku Sunda dan Jawa yang memiliki kesamaan dalam bahasa dan budaya dan lainnya. Selain itu Negara Malaysia, Singapura, Thailand dan Indonesia yang memiliki juga memiliki kesamaan Budaya.

Proses Difusi Tidak Langsung

Proses Difusi tidak langsung, seperti namanya proses difusi terjadi tidak langsung melainkan dibawa oleh perantara. Terjadi ketika sifat-sifat diturunkan dari satu budaya melalui perantara ke budaya lain, tanpa adanya kontak langsung dari kedua budaya tersebut.

Contoh dari Proses difusi tidak langsung bisa kita lihat pada Negara Negara di Benua Amerika seperti Amerika Serikat dan Kanada yang merayakan Hari Halloween dan Valentine yang dibawa oleh para penjelajah Eropa.

Baca juga : Pengertian Budaya adalah.

Dan itulah kawan Pengertian dari Difusi adalah semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version