6 Konsep Awal Pesawat Terbang Paling Penting dalam Sejarah Dunia

Sejak jaman dahulu kala manusia sudah bermimpi untuk terbang ke angkasa. Tapi baru di era modern kita baru bisa merasakannya. Apalagi konsep awal pesawat terbang ternyata sangatlah sederhana, tak terbayangkan jika sekarang kita dapat menikmati rasanya terbang di udara dengan lebih nyaman.

Mulai dari sebuah konsep awal pesawat terbang sederhana, manusia dapat menghasilkan sebuah karya yang dapat mengabulkan impian banyak orang agar dapat bisa terbang ke angkasa.

Nah untuk bisa mengetahui konsep awal kapal terbang, kami, telah mengumpulkan untuk kamu :

6 Konsep awal pesawat terbang paling penting dalam sejarah dunia

Konsep Gusmão’s Airship

Konsep awal pesawat terbang Gusmão’s Airship
Sumber : sciencesource.com

Pada tahun 1709, Bartelomeu Gusmao (Pendeta dan Penemu asal Brazil) mengajukan petisi kepada Raja João V, Raja dari kerajaan Portugal untuk meminta bantuan keuangan pada kerajaan dapat mewujudkan ciptaannya, yaitu sebuah pesawat.

Di mana ia yakin jika kapal buatannya dapat terbang dan mengudara. Kapal itu akan diberikan layar besar diatasnya, dan akan bergerak oleh angin, dan jika tidak ada angin “pesawat” buatannya akan digerakkan oleh magnet yang terdapat pada dua besi berlubang.

Tapi sampai dia meninggal pesawat buatannya tidak pernah direalisasikan sampai sekarang.

Baca juga : Sejarah Video Game

Konsep Balon Udara Zepellin atau Zepelin

Konsep Balon Udara Zepellin
Sumber : dw.com

Zeppelin atau Zepelin adalah balon udara yang berbentuk seperti rokok cerutu raksasa yang terbang terarah karena dengan bantuan mesin dan kemudi.

Balon udara komersial Raksasa Zeppelin ini dinamai sesuai dengan nama perancangnya yaitu Ferdinand Adolf Heinrich August von Zeppelin, seorang ahli pesawat atau aeronautika asal Jerman yang berhasil menerbangkannya pada tanggal 2 Juli 1900.

Balon udara Zeppelin ini pernah menjadi pesawat komersial paling populer setelah Perang dunia pertama, tapi sayang, terjadinya peristiwa Hildenberg, yang mengakibatkan 32 orang tewas membuat Produksi Zeppelin dihentikan.

Pesawat Giffard

Pesawat Giffard
Sumber : space.com

Pada tahun 1882, Seorang Penemu asal Perancis untuk pertama kalinya di dunai berhasil menerbangkan pesawat terbang bertenaga uap yang dapat dikendalikan. Kapal itu bernama Giffard Airship atau pesawat Giffard.

Pesawat ini berisi hidrogen dan dilengkapi dengan mesin uap dapat yang menggerakkan baling-baling. Mesin itu dilengkapi dengan corong penunjuk ke bawah. Aliran knalpot dicampur dengan gas pembakaran dan diharapkan dengan cara ini dapat menghentikan percikan api yang naik ke kantong gas.

Pada penerbangan pertamanya dia berhasil menempuh jarak 27 km dari Paris ke Trappes. Tapi sayang saat itu, Angin terlalu kuat jadi dia tidak dapat kembali ke tempatnya semula. Namun dia bisa berputar dan berputar, membuktikan bahwa pesawat bertenaga bisa dikemudikan dan dikendalikan

Pesawat Giffard ini menjadi prototipe dari Balon udara komersial Zeppelin.

Pesawat Layang Cayley.

Pesawat Layang Cayley
Sumber : pinterest.com

Sir George Cayley adalah sebagai salah satu orang terpenting dalam sejarah penerbangan. Dia juga dianggap sebagai orang pertama yang mencoba menciptakan dan mempraktekkan model pesawat terbang pertama.

Konsep Pesawat terbang pertamanya dia buat pada tahun 1796, baru pada tahun 1806 dia bisa mewujudkan impiannya untuk menciptakan pesawat terbang layang berjenis monoplane yang bisa melayang di udara.

Sketsa Mesin Terbang Leonardo Da Vinci.

Sketsa Mesin Terbang Leonardo Da Vinci
Sumber : britannica.com

Sobat, kamu mungkin lebih mengenal Leonardo Da Vinci sebagai pelukis terkenal dengan lukisan terkenalnya Monalisa. Tapi tahukan kamu jika beliau juga memiliki beberapa rancangan tentang mesin masa depan, dan salah satunya adalah Pesawat Terbang!

Sejak 1485, dia sudah ia menggambar dan membayangkan secara terperinci rencana untuk sebuah mesin bertenaga manusia (kamu akan disuruh mengepakkan sayap yang dirancang untuk terbang, capek pasti iya)

Da Vinci memang dikenal sangat mengagumi cara burung terbang, dia membuat sebuah buku berjudul “Codex on the Flight of Birds” dan rencana agar dapat membuat sebuah mesin yang dapat terbang di udara. Baru beberapa abad berikutnya, tepatnya pada tahun 1903, saat Wright bersaudara berhasil menerbangkan mesin pesawat pertama, impian Da Vinci itu bisa tercapai.

Baca juga : Aplikasi membersihkan Ram

Pesawat Wright Brother

Pesawat Wright Brother
Sumber : times.com

Pada tahun 1903, semua mata dunia tertuju pada dua orang penemu asal Amerika Serikat, yaitu Orville dan Wilbur Wright. Mereka berhasil menerbangkan dan menggerakkan model pesawat pertama yang bisa dikendalikan meski hanya waktu sebentar.

Walau baru pada tahun 1905, di percobaan mereka yang ketiga, yaitu pesawat Wright III, mereka dapat terbang dalam waktu yang lebih lama lagi. Nah sejak saat itulah teknologi pesawat terbang semakin berkembang sampai saat ini.

Dan itulah kawan ke enam konsep awal pesawat terbang paling penting di dunia, semoga informasi ini dapat memberikan pengetahuan baru untuk kita semua.

Sumber :

Listverse.com, britannica.com, Sourcescience.com dan Times.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com