6 Fakta Tentang Wiccan, Keyakinan Para Penyihir

Halo sobat, kali ini kita akan membahas tentang fakta dari Wicca atau Wiccan, sebuah agama atau ajaran keyakinan dari jaman abad pertengahan di Inggris dan Eropa. Aliran kepercayaan ini bersumber dari keyakinan pagan yang ada sejak jaman dahulu kala.

Wicca biasanya duoteistik, memuja, atau menyembah dengan Dewi dan Dewa, yaitu Triple Goddess dan Horned God. Yang merepresentasikan Feminitas dan Maskulinitas.

Selain itu ada beberapa fakta menarik tentang Wicca/Wiccan ini, apa sajakah itu ? Mari kita simak sama – sama.

Fakta Tentang Wiccan, Keyakinan Para Penyihir

Mereka Percaya Kekuatan Simbol

Wiccan
sumber : pinterest.com

Dalam ajaran Wicca, simbol memiliki kekuatan, kemampuan dan daya magis. Khususnya lambang Pentagram. Menurut mereka Pentagram tidak menyimbolkan kekuatan jahat atau baik melainkan simbol iman.

Juga simbol dari 5 Elemen Roh, Udara, Bumi, Air dan Api (satu untuk setiap titik), dan lingkaran (alam semesta) dan 5 garis yang menghubungkan mereka semua.

Biasanya Pentagram mereka mengarah ke-atas dan hingga dapat dibedakan dengan Pentagram terbalik yang biasa di pakai para Satanis sebagai tanda dan sigilq dari Baphomet.

Menyembah Dua Dewa

Wiccan Syzygy 2 min
Sumber : wikia.com

Berbeda dengan ajaran kaum pagan yang percaya pada banyak dewa seperti kaum Yunani Kuno dan kaum Nordik. Kaum Wiccan adalah kaum duoteistik yang hanya percaya pada dua Dewa yaitu Triple Goddess dan Horned God.

Triple Goddess digambarkan sebagai Bulan yang Feminim dan Horned God adalah Matahari yang menjadi lambang kejantanan.

Meskipun Para Wiccans berbeda pandangan tentang Dewa Bertanduk, tapi ia sering dikaitkan dengan hewan dan alam, tetapi juga dengan akhirat, dan ia lebih jauh lagi sering dipandang sebagai panutan yang ideal bagi laki-laki.

Sedangkan Triple Goddess dikaitkan dengan kehidupan, kesuburan, dan musim semi, dan telah digambarkan sebagai panutan yang ideal bagi wanita. Mereka memiliki konsep yang mirip dengan Yin dan Yang dalam Taoisme.

Baca juga : 15 Dewa Mitologi Nordik

Hari Besar Berdasarkan Siklus Bulan dan Matahari

images 13
Sumber : shutterstock.com

Perayaan Wiccan mencakup siklus Bulan , yang dikenal sebagai Esbats dan umumnya dikaitkan dengan Dewi (dewa wanita), dan siklus Matahari, festival berbasis musiman yang dikenal sebagai Sabbats dan umumnya dikaitkan dengan Dewa Bertanduk (dewa pria).

Mereka Mempraktekkan Sihir

images 14 min 2
Sumber : Wikipedia.com

Fakta tentang Wicca selanjutnya adalah mereka sering melibatkan praktik ritual sihir. Banyak Wiccans percaya sihir menjadi hukum alam, yang belum disalahpahami atau diabaikan oleh ilmu pengetahuan kontemporer.

Mereka menggunakan Sigil (simbol) untuk melakukan ritual sihir mereka dan mereka percaya melalui Sihol tersebut memiliki kekuatan besar terhadap yang menggunakannya. Praktek ini hampir sama dengan penggunaan Jimat di Asia dan Voodoo di Amerika dan Afrika.

Wiccans mengucapkan mantra atau “kerja” yang dimaksudkan untuk membawa perubahan nyata di dunia fisik. Hanya saja para Wicca lebih sering menggunakan mantra putih seperti untuk penyembuhan , untuk perlindungan, kesuburan, atau untuk mengusir pengaruh negatif.

Wiccans bahkan menolak berbagai elemen tradisional terkait dengan ilmu sihir seperti pembunuhan bayi, kanibalisme, Satanisme, dan pesta seks. Dan menyebut semua itu hanya sebuah kesalahpahaman atau fiksi yang diciptakan oleh para penulis.

Mereka membedakan sihir putih dan Sihir hitam dengan ” Jalur tangan kanan” untuk sihir putih dan ” Jalur tangan kanan” untuk sihir hitam.

Namun, beberapa Wiccan modern berhenti menggunakan istilah sihir putih-hitam dan dikotomi jalur tangan kiri-kanan, dengan alasan bahwa warna hitam tidak selalu dikaitkan dengan kejahatan.

Para Wicca Menjunjung Tinggi Moral

Berbeda dengan banyak anggapan modern tentang penyihir jahat. Para Wiccan menjunjung tinggi moral. Dan selalu menampilkan diri mereka sebagai kekuatan positif melawan kekuatan penghancur yang mengancam dunia.

Mereka percaya pada Hukum Tiga Pengembalian yang mengatakan jika tindakan baik atau jahat apa pun yang dilakukan pada seseorang akan kembali ke orang itu dengan kekuatan tiga kali lipat, atau dengan kekuatan yang sama pada masing-masing dari tiga tingkat tubuh, pikiran, dan jiwa.

Konsep yang sama kita temukan dalam pengajaran di Asia yaitu Karma.

Tokoh Wiccan di Marvel Terinspirasi oleh Wicca.

Fakta tentang Wicca
Sumber : marvel

Jika kamu menyukai Cerita Superhero Marvel, mungkin kalian pernah menonton serial berjudul WandaVision. Dalam serial tersebut Wanda diceritakan memiliki dua orang anak bernama Speed dan Wiccan.

Seperti dalam cerita Marvel Wiccans yang terinspirasi oleh Keyakinan Wicca ini digambarkan memiliki kekuatan Sihir yang kuat dan dianggap sebagai salah satu penyihir terkuat di Marvel.

Baca juga : 7 Iblis Lambang Dosa.

Dan itulah kawan beberapa fakta tentang Wicca semoga hal ini menambah wawasan dan pengetahuan kamu.

Sampai jumpa di Pembahasan menarik lainnya, hanya di Ilmusaku.com

Sumber :

  • https://www.byrdie.com/pagan-and-wiccan-tattoos-3189603
  • https://www.britannica.com/topic/Wicca#:~:text=Wicca%2C%20a%20predominantly%20Western%20movement,Europe%20and%20the%20United%20States.
  • https://www.history.com/topics/religion/wicca
About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com