Flyer adalah dan 4 Teknik Pembuatan Flyer

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Flyer adalah dan 4 Teknik Pembuatan Flyer , karena sebagai salah satu media komunikasi massa Flyer menjadi pilihan untuk menyampaikan informasi dan pesan kepada khalayak.

Flyer banyaj kita jumpai untuk berbagai macam kegiatan loh. Mulai dari promosi perusahaan, mencari anggota untuk sebuah komunitas, promosi barang atau perusahaan baru hingga propaganda perang.

Seperti contohnya strategi Airborne leaflet propaganda yang digunakan oleh Amerika Serikat, Inggris dan German saat perang dunia kedua, dimana negara – negara yang berperang itu menyebarkan berita menggunakan Flyer kepada lawan – lawan mereka melalui udara.

Tapi apasih Flyer itu ? Mari kita simak penjelasannya bersama – sama.

Baca juga : Nazisme adalah

Pengertian Flyer adalah.

Flyer adalah
Sumber : freepik.com

flyer merupakan sebuah lembar kertas kecil yang menyajikan informasi tentang sebuah produk atau peristiwa menurut Cambridge Advanced Learner’s Dictionary(2003: 473)” a small piece of paper with information on it about a product or event”. Flyer juga lebih kita kenal dengan sebutan Pamflet.

Flyer pada dasarnya merupakan salah satu bentuk publikasi media cetak yang bentuknya paling sederhana dibandingkan dengan brosur atau leaflet. Menurut Sarep Putra (2007) flyer merupakan sebuah media cetak kecil.

Menurut Bivins (1995: 106), flyer adalah sebuah cara yang cepat untuk menyebarkan informasi, bahkan kepada khalayak yang jumlahnya besar dengan biaya yang relatif murah. Ini karena sebuah flyer, Bivins juga menjelaskan bahwa flyer mempunyai bentuk khas yang berupa lembar kertas tunggal.

Menurut Bivins, flyer adalah salah satu bentukbaru yang dipakai dalam menyebarkan flyer melalui pengiriman bersama penyebaran informasi yang bermanfaat dan ubiquitious (tersebar dimana-mana)

flyer biasanya juga disebarkan di pojok jalan yang ramai dilalui orang atau di berbagai perempatan untuk dibagikan kepada pengendara yang berhenti karena terkena lampu merah.

Flyer bisa juga dibagikan di berbagai pintu masuk dalam berbagai acara, seperti pameran atau konser musik dan tempat wisata mengingat banyaknya orang yang berkumpul dan mengunjungi tempat – tempat tersebut.

Flyer juga biasa dibagikan oleh perusahaan melalui kotak surat karyawan atau dibagikan dari pintu ke pintu, dengan memasukkannya melalui bawah pintu kamar atau membagi flyer dalam Surat kabar (piggybacking).

Ciri khas Flyer.

ezgif.com gif maker 29
Flyer propaganda Jepang

Sebagai media cetak, Flyer mempunyai karakteristik seperti berikut ini:

  • Berformat 13 x 20 cm atau 14 x 21 cm (untuk flyer dua halaman), bisa juga dalam ukuran yang lebih kecil, tetapi disesuaikan dengannukuran kertas dan faktor keterbacaan.
  • Dalam bentuk yang sudah jadi, fyer mengenal delapan bentuk dasar yang nantinya dapat disesuaikan dengan selera, faktor psikologi, dan tipe publik.

Fungsi Flyer

Flyer dapat kita gunakan untuk, bisnis , organisasi nirlaba atau pemerintah untuk:

  • Mengiklankan acara seperti konser musik , penampilan klub malam , festival , atau rapat umum politik
  • Mempromosikan bisnis penjualan barang seperti toko diskon mobil bekas atau bisnis jasa seperti restoran atau panti pijat .
  • Membujuk orang tentang pesan sosial, agama, atau politik, seperti dalam penginjilan atau kegiatan kampanye politik atas nama partai politik atau kandidat selama pemilihan.
  • Flyer juga dapat digunakan oleh propaganda selebaran di udara telah menjadi taktik perang psikologis .Merekrut anggota untuk organisasi atau perusahaan

Karakteristik Flyer.

  • Kecepatan: pembuatan sebuah flyer biasanya relatif sangat cepat karena kata – kata sederhana, bisa langsung dicetak dan digandakan dalam jumlah yang banyak biasanya menggunakan mesin fotocopy.
  • Murah: sebuah flyer biasanya juga relatif murah untuk biaya produksinya karena memang hanya informasi dalam satu lembar kertas yang ukuran maksimalnya sebesar HVS kuarto atau 21 x 29 cm.
  • Informasi khusus: flyer menyajikan sebuah atau beberapa informasi khusus yang sangat mendesak untuk disampaikan kepada publik.
  • Bisa digunakan untuk banyak kepentingan: seperti kepentingan humas, kepentingan pemasaran, bahkan propaganda.
  • Biasanya hanya berbentuk selembar kertas dan bisa dilipat.

4 Teknik Pembuatan Flyer.

  1. Menentukan Goal dan Objective sebuah Flyer, goal dan objective menjadi basis utama ketika dalam merancang Flyer. Goal dan objektif dari merupakan sebuah rencana capaian yang dapat diukur secara pasti dan bukan sebuah hal yang abstrak.
  2. Menentukan Ukuran dan Bentuk Kertas. Ukuran dan bentuk lipatan kertas menjadi pertimbangan yang penting bagi kita untuk dipikirkan. Misalnya dengan kertas kecil dapat dengan mudah dibaca dan dibawa oleh publik.
  3. Merancang Halaman Depan, Belakang, serta Isi Informasi. Halaman cover dan halaman belakang merupakan wajah utama sebuah flyer. Hingga perlu cober dan halaman belakang yang menarik mata pembaca dan tentu isi yang penting juga menjadi sebuah acuan flyer kita akan berhasil atau tidak.
  4. Memperhatikan 4 Prinsip Dasar Desain, menurut Frank Jenkins (1996) terdapat 4 prinsip dasar desain yaitu :
    1. Hukum kesatuan (law of unity) adalah prinsip yang menekankan bahwa keseluruhan bagian layout harus menyatu sehingga dapat meminimalkan potensi ketidakpahaman pembaca.
    2. Hukum keberagaman (Law Of Diversity) mengingatkan pentingnya penekanan dan pemanfaatan ruang kosong serta penggunaan warna ataubhuruf tertentu yang dapat menarik mata pembaca.
    3. Hukum keseimbangan (Law of Balance) menekankan pentingnya desain tata letak yang proporsional dalam menggunakan ruang yang akan dipakai sebagai tempat headline, gambar, atau informasi yang akan disampaikan.
    4. Hukum Irama (law of rhythm) jenis gerakan yang terlihat pada pengulangan bentuk dan warna atau elemen lain dalam flyer kamu agar dapat langsung menangkap mata pembaca.

Baca juga : 4 Perspektif gambar

Dan itulah kawan Pembahasan tentang Flyer adalah semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock