Investor Pemula : 7 Kesalahan Harus di Hindari Investor

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 7 Kesalahan Yang Harus di Hindari Investor Pemula. Karena tak semua orang memiliki kemampuan yang sama dalam memilih Investasi dan trading. Hingga sering terjadi kesalahan yang membuat banyak kerugian.

Walaupun begitu jangan takut, karena Kesalahan investor pemula ini dilakukan oleh semua orang, entah itu orang yang sudah beruban ataupun anak muda penuh semangat. 

Tidak peduli berapa lama kamu berdagang, kamu pasti akan mengalami kesalahan perhitungan dalam perdagangan dan investasi, apakah itu disebabkan oleh perkembangan pasar (Saham, Crypto, Uang dan lainnya) yang tidak biasa ataupun emosi yang ekstrem untuk mendapatkan keuntungan besar.

Nah untuk menanggulangi dampak kerugian dan penyesalan menjadi – jadi. Tidak ada salahnya bukan untuk belajar tentang kesalahan Investor Pemula ini. Hitung – hitung sebagai pembelajaran.

Investor Pemula : 7 Kesalahan Harus di Hindari Investor

Memilih Investasi High Risk dengan Modal Orang lain.

Investor pemula
Sumber : Freepik.com

Untuk memulai Investasi ataupun bisnis kita mesti tahu dulu apa Investasi yang akan kita lakukan dan berapa modal yang kita punya. Kita juga harus siap menerima kerugian.

Alih-alih mencoba berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan, kita malah mendapat kesialan dan kerugian dua kali lipat dari nilai investasi kita, karena kita mencoba berinvestasi besar, meski modal kita tidak mencukupi.

Janganlah, kamu harus berhutang untuk memulai investasi. Tahu – tahu kita malah dikejar-kejar oleh rentenir dan Bank, karena tak bisa membayar pinjaman.

Investasi Tanpa Rencana

Investasi adalah sebuah persiapan dan penyimpanan dana kita untuk masa depan sekaligus mendapatkan keuntungan, jadi kita membutuhkan rencana yang tepat untuk melakukan. Entah itu Rencana Jangka Pendek, Jangka Menengah ataupun Jangka Panjang

Apalagi jika kita berinvestasi dalam sebuah investasi yang bisa disebut sebagai tempat yang ” Panas” seperti pasar Uang, Saham ataupun Crypto karena Pasar yang tidak pasti dan cenderung berubah – ubah.

Bahkan Investasi Tanah dan Bangunan pun tidak bisa kita lakukan tanpa perencanaan, tahu – tahu nilai anjlok kita pun kehilangan keuntungan yang besar. Maka dari itu sebagai investor pemula cobalah memiliki sebuah Rencana.

Baca juga : Aplikasi trading Saham OJK.

Trading tanpa stop loss

Jika kamu memilih berinvestasi di Trading, lalu tidak memikirkan stop loss, berarti kamu siap mengolah sebuah resep bencana. Betapa kecilnya kerugian yang dapat dikelola bisa – bisa menjadi sebuah resep kerugian yang besar.

Stop-loss sendiri adalah ketika kamu harus membeli atau menjual saham, atau Crypto atau forex tertentu setelah saham mencapai harga tertentu, untuk mengurangi kerugian dan mendapatkan keuntungan.

Selalu ingat beli saat murah dan jual saat harga tinggi.

Berharapan Terlalu Tinggi

Siapa sih yang tidak berharap untuk mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi sekecil apapun itu. Tapi kadang kita sebagi seorang investor menaruh harapan kita terlalu tinggi, hingga dapat membuat kecewa.

Yang paling penting sebagai seorang investor adalah mendapatkan return walau itu sedikit, hingga uang yang kita miliki tetap berputar dan menghasilkan untuk kita di masa depan, dibandingkan hanya disimpan lalu hangus begitu saja.

Ragu-Ragu.

images 10 min 1
Sumber : petercavanna.com

Sebagai seorang Pemula Ragu – Ragu itu Wajar, tapi kadang hal itu dapat menghalangi kita untuk berkembang dan akhirnya kehilangan keuntungan yang seharusnya bisa kita dapatkan jika kita memiliki rasa percaya diri.

Ragu-ragu berarti menghabiskan waktu, kehabisan waktu berarti kehilangan kesempatan. Untuk mengurangi keraguan ini yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset dan mempelajari seluk-beluk informasi tentang Investasi yang akan kamu lakukan.

Baca juga : Hati – hati : Investasi Bodong, Skema Ponzi Adalah.

Terlalu Berani Ambil Resiko tanpa Pikiran yang Matang

Kesalahan fatal dalam Investasi adalah tidak berpikir secara matang dan tanpa pikir panjang berani mengambil resiko. Dia akan membiarkan emosi membawanya dalam mengambil keputusan. Hingga tentu saja langkah itu dapat membuatnya menyesal dikemudian hari.

Mau kamu menjual, membeli ataupun berinvestasi semuanya perlu kehati-hatian dan pemikiran yang matang.

Tidak Mendiversifikasi

Kesalahan terakhir investor pemula adalah tidak melakukan diversifikasi atau tidak membagi modalnya untuk Investasi – Investasi yang lainnya. Hingga jika terjadi kerugian, dia akan sengat menderita.

Tapi untuk orang yang sudah siap untuk menjadi kaya, biasanya akan membagi modalnya ke kantung – kantung Investasi yang berbeda. Karena jika ada satu yang Rugi, dia masih memiliki rencana cadangan yang bisa berjalan.

Baca juga : 5 Cara Mining Bitcoin.

Dan itulah kawan materi kita hari ini, semoga dengan informasi ini, kamu dapat siap berinvestasi. Hingga dapat dijadikan pembelajaran dan pedoman awal agar tidak salah melangkah dalam berinvestasi.

Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com