Isolasi Reproduksi adalah – 11 Isolasi Intrinsik dan Contoh

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Isolasi Reproduksi adalah dan 10 mekanisme Isolasi Reproduksi yang terjadi di alam. Beberapa hal ini dapat mempengaruhi seleksi alam dan mutasi gen yang terjadi pada makhluk hidup.

Seleksi alam adalah seleksi yang terjadi di alam melalui kelangsungan hidup dan reproduksi makhluk hidup dan menjadi mekanisme kunci dari teori evolusi. Seleksi alam menjelaskan tentang perubahan sifat-sifat yang diwariskan yang menjadi karakteristik suatu populasi dari generasi ke generasi.

Nah, bagaimana Seleksi Alam terjadi dan mempengaruhi keberlangsungan sebuah spesies dalam mewarisi karakteristik pendahulu ataupun bagaimana cara spesies dapat bertahan hidup di alam di tentukan salah satunya melalui reproduksinya dan kali ini kita membahas tentang mekanisme isolasi reproduktif.

tapi apa sih isolasi reproduksi itu ? dan apa saja 10 mekanisme intrinsik dari isolasi tersebut ? Untuk tahu lebih banyak, mar kita simak materinya bersama sama.

Isolasi Reproduksi adalah – 10 Isolasi dan Contoh
Contoh hasil isolasi

Pengertian Isolasi Reproduksi adalah

Isolasi reproduksi adalah hambatan terjadinya perkawinan silang antara dua spesies simpatrik. Spesies simpatrik adalah dua spesies berbeda yang tinggal atau menghuni daerah yang sama isolasi reproduksi ini disebut juga sebagai penghalang hibridisasi.

Sedangkan Spesias simpatrik adalah suatu proses ketika spesies baru berevolusi dari satu spesies nenek moyang yang tinggal di wilayah yang sama

simpatrik adalah suatu proses ketika spesies baru berevolusi dari satu spesies nenek moyang yang tinggal di wilayah yang sama simpatrik adalah suatu proses ketika spesies baru berevolusi dari satu spesies nenek moyang yang tinggal di wilayah yang sama.

Menurut Brooklyn.cuny.edu Secara umum isolasi dasar dibagi menjadi dua yaitu isolasi Ekstrinsik dan Intrinsik.

Isolasi Ekstrinsik adalah ketika spesies dipisahkan oleh hal fisik seperti wilayah, gunung dan lainnya. Mereka secara fisik tidak dapat bertemu satu sama lain, jadi tidak ada kemungkinan gen diturunkan di antara mereka.

Sedangkan Isolasi Intrinsik adalah ketika spesies dipisahkan oleh hal yang terjadi di dalam dirinya.

Baca juga : 4 Teori Evolusi.

3 Mekanisme Isolasi Intrinsik

Isolasi reproduksi dapat terjadi melalui isolasi intrinsik. Mekanisme isolasi intrinsik dapat di bagi menjadi tiga macam, yaitu:

Mekanisme yang mencegah terjadinya perkawinan

Mekanisme yang mencegah terjadinya perkawinan sehingga mencegah terjadinya fertilisasi. Biasanya Mekanisme yang beroperasi pada orang tua/induk (mencegah fertilisasi). Isolasi reproduksi yang terjadi karena isolasi intrinsik, antara lain:

  • isolasi ekogeografi
  • isolasi habitat
  • isolasi iklim
  • isolasi perilaku
  • isolasi mekanik

Mekanisme yang mencegah terbentuknya hibrida

Mekanisme yang mencegah terbentuknya hibrida Mekanisme ini beroperasi dengan mencegah terbentuknya hibrida. Isolasi reproduksi yang terjadi karena isolasi intrinsik, antara lain:

  • isolasi gamet
  • isolasi perkembangan
  • ketidakmampuan hidup suatu hibrida

Mekanisme yang mencegah kelangsungan hibrida

Mekanisme yang mencegah kelangsungan hibrida adalah Mekanisme yang beroperasi pada hibrida, mencegah terjadinya keberhasilan. Isolasi reproduksi yang terjadi, antara lain:

  • kemandulan hibrida
  • eliminasi hibrida yang selektif.

Baca juga : Kualifikasi Makhluk hidup

11 Macam Isolasi Intrinsik

Untuk lebih memahami mekanisme intrinsik, mari cermati uraian tentang 11 macam isolasi intrinsik.

Isolasi ekogeografi

Isolasi ekogeografi terjadi ketika Dua populasi spesies yang terpisah oleh letak geografik. pada suatu waktu menjadi sangat berbeda secara morfologik ataupun anatoik.

Sebab masing-masing mengalami perubahan genetik karena pengaruh lingkungan. Bila suatu ketika dua populasi tersebut berada pada satu lingkungan, tidak akan mampu mengadakan hibridisasi.

karena masing-masing tidak mampu menyesuaikan diri pada linkungan mereka yang baru. Contohnya sycamore Amerika dan Oriental plane (the old world sycamore) yang secara alami tidak bisa melakukan penyerbukan (tapi bisa dilakukan secara artifisial).

Bisa juga misalnya, spesies monyet yang terletak di sebuah pulau tidak dapat berkembang biak dengan spesies monyet lain di daratan.

Isolasi Habitat

Isolasi habitat, yaitu isolasi reproduksi yang terjadi akibat dua populasi simpatrik memiliki habitat berbeda. Contohnya ketika buaya air tawar lebih memilih spesies yang sama dari pada buaya air laut.

Atau Cemara kipas atau dikenal dengan nama whitecedar merupakan jenis cemara yang menyukai kondisi lingkungan yang lembap dan tumbuh di Eropa tak bisa kawin dengan pohon Cemara laut yang tumbuh di pantai.

Isolasi iklim

Isolasi iklim, yaitu isolasi reproduksi yang terjadi apabila dua spesies simpatrik memiliki masa inkubasi kelamin pada musim yang berbeda. Misalnya contoh pohon Pinus radiata dan Pinus muricata yang berbeda masa tumbuh Pinus Radiata atau Pinus Monterey di bulan februari sedangkan Pinus Muricata atau Pinus bishop hanya tumbuh pada bulan April.

Isolasi perilaku

Isolasi perilaku, yaitu isolasi reproduksi yang terjadi apabila dua spesies simpatrik mempunyai pola tingkah laku kawin berbeda. Misalnya bagaimana tarantula black widow memakan pasangannya sendiri, berbeda dengan tarantula lain.

Dan bagaimana Belalang sembah betina akan menyebarkan feromon untuk menarik perhatian pejantannya kemudian memutus, mengunyah dan memakan kepala pejantannya selama atau setelah mereka kawin.

Perbedaan perilaku kawin pada hewan dapat bersifat visual, artinya dapat dipertunjukkan dan dapat bersifat auditif atau berupa perbedaan suara.

Misalnya burung merak mengembangkan bulunya saat akan musim kawin, dan beberapa jenis burung yang menggunakan suaranya.

Isolasi mekanik

Isolasi mekanik adalah isolasi reproduksi yang terjadi apabila dua populasi simpatrik mempunyai bentuk morfologi alat reproduksi yang berbeda.

isolasi mekanik menyangkut struktur yang menyangkut peristiwa perkawinan. Isolasi mekanik pada hewan dapat terjadi, antara lain hewan jenis jantan berukuran jauh lebih besar dari betinanya.

Misalnya bagaimana Myriapoda jantan memiliki berbagai bentuk jenis kelamin sedang betinanya bentuknya sama.

Isolasi gamet

Isolasi gamet, yaitu isolasi reproduksi yang terjadi apabila dua spesies simpatrik tidak dapat melakukan fertilisasi. Hal ini terjadi karena sel gamet jantan tidak mempunyai kemampuan hidup pada saluran kelamin betinanya.

Isolasi perkembangan

Isolasi perkembangan adalah isolasi yang terjadi karena embrio hasil fertilisasi dua spesies simpatrik tidak dapat tumbuh dan langsung mati. Isolasi seperti ini banyak dijumpai pada berbagai jenis ikan dan katak.

Ketidakmampuan hidup suatu hibrida.

Liger ( sumber : detik.com)

Beberapa Spesies dapat melakukan reproduksi tapi banyak anak hasil perkawinan tersebut mengalami cacat ataupun hibridanya lemah, hingga mati sebelum mampu melakukan reproduksi.

Dengan demikian, walaupun berlangsung perkawinan antara dua populasi simpatrik, tetapi tidak terjadi pertukaran informasi antar gen.

Seperti contohnya hewan Liger hasil perkawinan antara Harimau dan Singa. Yang mengalami banyak kecacatan hingga akhirnya mati.

Kemandulan hibrida.

Zonkey (Sumber : idntimes.com)

Beberapa jenis spesies dapat dikawinkan loh, contohnya Kuda dan Keledai dan zebra dan keledai dapat dikawinkan menjadi Zonkey seperti dilansir kompas.com.

Meski dapat tumbuh besar, Tapi sayang spesies hasil perkawinan ini tak bisa berkembang biak Karena biasanya steril atau mandul.

Eliminasi hibrida karena seleksi

Eliminasi hibrida ini terjadi apabila Dua populasi simpatrik yang dapat melakukan perkawinan hibrida yang fertil. Tapi karena jumlah mereka sedikit akhirnya mereka harus bereproduksi dengan Spesies asal hingga akhirnya punah (tereliminasi)

Baca juga : Teori Asal Usul makhluk hidup.

Dan itulah kawan materi tentang isolasi reproduksi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version