Kontemporer adalah – 4 Jenis Seni Kontemporer dan Contohnya

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang kontemporer adalah – 4 Jenis seni kontemporer dan contohnya. Kalian pasti sering kan mendengar kata “kontemporer” atau “seni kontemporer” ataupun “musik kontemporer” tapi tak tahu artinya.

Padahal Kontemporer sendiri telah dimulai sejak awal abad ke-20 sampai sekarang. Dan bahkan tetap menjadi sebuah hal yang populer di kalangan penikmat seni.

Tapi apa sih Pengertian dari Kontemporer itu sendiri ? dan apa sajakah jenis seni kontemporer itu?

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak uraian materi tentang kontemporer adalah, di bawah ini.

Pengertian Kontemporer adalah

Kontemporer adalah
Sumber : freepik.com

Kontemporer adalah cabang seni dipengaruhi oleh budaya modern atau hal yang tengah berkembang di masyarakat. Kontemporer sendiri artinya kekinian, modern atau lebih tepatnya adalah sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini.

Jadi, kontemporer adalah sebuah seni yang tidak terikat oleh dogma aturan-aturan masa lalu dan berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.

Maka dari itu mungkin akan sedikit sulit untuk mendefinisikan atau menggambarkan satu gaya umum seni kontemporer, karena Seniman kontemporer akan membuat karya mereka dalam banyak cara.

Beragam media dan bahan dapat digunakan untuk menyampaikan beragam konsep, tema, dan materi pelajaran tanpa terikat aturan.

Berbeda dengan seniman masa lalu yang banyak dipengaruhi oleh agama, mitologi, Kekuasaan ataupun pelanggan mereka yang membayar.

Karena Kontemporer yang merupakan gerakan kekinian, mencerminkan bahwa adanya kebebasan dalam menentukan sesuai apa yang berlaku pada saat itu.

Kontemporer juga merupakan bagian dari dialog budaya yang menyangkut kerangka kontekstual yang lebih besar karena mencakup identitas pribadi dan budaya, keluarga, komunitas, dan kebangsaan.

Baca juga : Pengertian Seni adalah.

Ciri-ciri Seni Kontemporer.

Untuk mengetahui apakah sebuah karya seni termasuk ke dalam seni kontemporer, kita harus mengetahui ciri – cirinya. Seperti yang berikut ini.

  • Mengikuti Perkembangan Jaman.
  • Tidak terikat aturan atau pakem zaman dulu
  • Tidak ada sekat antar disiplin seni
  • Kadang kala meleburkan batas-batas antara seni, omong kosong, anarki, hingga ideologi politik.
  • Memiliki gairah
  • memiliki nafsu “moralistik”
  • Diminati media massa
  • Menyesuaikan kehendak seniman
  • Sering dijadikan komoditas pewacanaan

4 Jenis Seni Kontemporer

Sebenarnya tak ada batasan dalam seni kontemporer, tapi kita bisa mengetahui macam – Macam jenis seni kontemporer yang mengikuti ciri – Ciri di atas, seperti berikut ini.

Seni Rupa Kontemporer

Seni rupa kontemporer merupakan salah satu cabang seni rupa yang udah dipengaruhi oleh dampak dari sebuah modernisasi. Salah satu Tokoh yang mempengaruhi seni rupa Kontemporer adalah Andy Warhol.

Berikut ini macam – macam Seni Rupa Kontemporer

Pop Arts.

Pop art adalah gerakan seni yang memasukkan citra dan image dari budaya populer yang tengah nge-trend di masyarakat.

Seni rupa kontemporer pop art
Sumber : visionhelup (vecteezy.com)

Fotorealisme.

Sebuah jenis seni rupa lukis yang membuat sebuah karya seni lukis yang sangat realistis bahkan sesuai dengan kualitas foto.

375px Johns Diner by John Baeder min
Sumber : @John baeder (Wikipedia.com)

Minimalisme.

Minimalisme adalah bentuk estetika dan seni abstraknya yang sederhana yang digunakan untuk mengundang imajinasi pemirsa untuk menanggapi apa yang mereka lihat

Minimalis
Sumber : widewalls.com

Seni Instalasi.

seni instalasi adalah media seni yang penuh imersi hingga dapat membawa penikmat seni kedalamnya. Seni Instalasi adalah konstruksi tiga dimensi yang mengubah lingkungan mereka dan mengubah persepsi penikmat tentang ruang

Seni instalasi
Sumber : albanymuseum.com

Performance Art.

Dimulai pada 1960-an dan tetap populer sampai saat ini, seni pertunjukan adalah pendekatan seni rupa pada seni drama. Dimana manusia menjadi objek seni rupanya.

Performance art
Sumber : kooness.com

Seni Bumi (seni lingkungan/enviromental Art)

Sebuah jenis yang berbeda dari seni instalasi, Seni Bumi (atau Seni lingkungan) adalah sebuah gerakan seni di mana seniman mengubah lanskap alam menjadi situs karya seni khusus.

Enviromental Art
Sumber : sessions.edu

Konseptualisme

Konseptualisme adalah cabang seni rupa yang mengutamakan konsep daripada menggambarkan obyek seninya.

images 23 min
Sumber : artsy.net

Street Art

Seni Jalanan adalah genre seni rupa yang muncul berbarengan dengan grafiti di tahun 1980-an dimana penyajian karyanya di jalanan atau ruang publik. Contoh seni jalanan adalah mural, instalasi, gambar stensil, dan stiker yang dipasang di ruang publik.

download min
Sumber : detik.com

Baca Juga : Aliran Realisme adalah

Musik Kontemporer

Musik kontemporer adalah karya musik yang mengikuti perkembangan jaman, dengan menggunakan beragam sumber bunyi dan beragam teknik bermain yang tidak mengikuti musik konvensional pada masa lalu.

Jenis Musik Kontemporer

Menurut themusicresource.com, ada beberapa jenis musik kontemporer diantaranya :

  • Musik Klasik.
  • Musik Pop.
  • Musik R&B.
  • Musik Jazz.
  • Musik Rock.
  • Musik Blues

Seni Teater Kontemporer

Seni Teater kontemporer merupakan salah satu dari cabang seni teater yang mengandung unsur modernitas. Hingga tidak terpengaruh oleh aturan masa lalu.

Ciri – Ciri Seni Teater Kontemporer

Menurut Jacob Sumarjo (1992) teater kontemporer di Indonesia mempunyai ciri sebagai berikut :

  • Cenderung puitis yang dinamik, energik, bebas, dan tidak mempunyai aturan yang baku
  • Memiliki Unsur humor yang menonjol
  • Memiliki unsur-unsur teater rakyat
  • Bersifat simbolik dari keseluruhan pentas
  • Dominasi sutradara dalam sebuah karyanya, bukan pemain ataupun tokoh.

Seni Tari Kontemporer

Tari kontemporer adalah cabang sebi tari yang mengikuti modernisasi. Tari kontemporer cenderung bebas serta tidak ada peraturan khusus tentang pola gerak atau unsur tari lainnya.

AS dan Eropa. Meskipun awalnya seni tari kontemporer banyak meminjam dari gaya klasik, modern , dan jazz, tapi sekarang telah memasukkan unsur-unsur dari banyak gaya tari.

Contoh Tari Kontemporer sebagai berikut :

Tari Setan Bercanda.

images 24 min

Tari Setan Bercanda diperkenalkan pertama kali oleh I Wayan Dibia. Tarian ini merupakan kolaborasi alat musik pengiring sederhana yang terbuat dari pecahan bebatuan dan angklung.

Tari Cak Rina.

Sumber : Channel (i wayan gandita)

Tarian ini karya seniman Bali bernama Sardono W. Kusumo. Diperkenalkan di pulau Bali tepatnya di daerah Banjar Teges, Giyannyar pada tahun 1972.

Contemporary ballet (Ballet Kontemporer).

images 25 min
sumber : grandballet.com

Merupakan Jenis Balet yang menggabungkan gerakan balet dengan seni kontemporer yang cenderung bebas dan lepas dari aturan. Biasanya dalam Balet kontemporer terdapat sebuah cerita yang ingin di ceritakan.

Lyrical dance

images 26 min
Sumber : http://www.ascendingstardance.com

Lyrical Dance atau Tarian Lirik atau Tari liris adalah gaya tari yang menggabungkan berbagai aspek dari berbagai macam tari seperti balet , jazz , akrobatik , dan tari modern.

Baca juga : Jenis Pameran Seni rupa.

Dan itulah kawan materi kita tentang Kontemporer adalah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya. Hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com