Halo sobat, Apa kabarmu hari ini ? Semoga baik – baik saja. Hari ini kita akan membahas kisah legenda Terbentuknya Danau Toba dan Pulau Samosir di Sumatera Utara.

Danau Toba sendiri adalah sebuah Danau tekto-vulkanik yang merupakan danau terbesar di Asia Tenggara karena memiliki panjang 87 kilometer, lebar 27 kilometer, lokasi ketinggian 904 meter di atas permukaan laut.

Dari Kisah Legenda Terbentuknya Danau Toba ini adalah kisah turun temurun dari warga Sumatera Utara, yang memiliki banyak sekali nilai moral dan budaya yang dapat kita ambil manfaatnya.

Untuk itu, Mari kita simak sama – sama kisahnya.

Legenda Terbentuknya Danau Toba dan Pulau Samosir

Kisah Toba dan Ikan Mas.

Legenda Terbentuknya Danau Toba
sumber : indonesia-tourism.com

Alkisah, zaman dahulu kala di sebuah desa di Sumatera Utara hiduplah petani bernama Toba yang tinggal menyendiri di sebuah lembah yang subur.

Selain membajak ladang, kadang-kadang Toba pergi memancing ke sungai yang berada tak jauh dari rumahnya. sungai tempat dia memancing sangat jernih hingga dia dapat dengan mudah mendapatkan ikan untuk dimakan.

Suatu hari Setelah capek bekerja di ladang, dia sangat ingin sekali memakan ikan, hingga dia putuskan untuk pergi memancing ke sungai.

Beruntung sekali dia sore itu, dia mendapatkan seekor ikan Emas yang berukuran cukup besar untuknya makan malam. Akan tetapi, Toba pun merasa ada sesuatu yang aneh pada ikan tersebut. Tapi karena lapar dia ingin buru – buru pulang.

Setibanya di rumah, lelaki itu langsung membawa ikan besar hasil pancingannya itu ke dapur. Ketika dia hendak menyalakan api untuk memanggang ikan itu, tapi kayu bakar di rumahnya habis. Hingga terpaksa harus mencari kayu bakar di hutan.

Tapi setelah mengumpulkan kayu bakar betapa terkejutnya dia, ikan besar di dapurnya tiba – tiba hilang.

Baca juga : Legenda Sangkuriang

Ikan itu berubah menjadi seorang Putri.

images 23 copy 1280x754 min

Awalnya Toba marah karena ikan miliknya hilang. Tapi dia malah menjadi terkejut karena di tempat ikan tangkapannya yang tadi hilang terdapat beberapa keping uang emas. Hingga dia menyangka ada seseorang yang masuk ke rumahnya dan benar saja, di dalam kamarnya terdapat seorang wanita yang berparas cantik tengah menyisir rambut.

Toba langsung terpesona melihat kecantikan wanita itu. Setelah itu secara mengejutkan wanita itu berkata jika dia adalah jelmaan ikan Emas yang ditangkap oleh Toba dan emas – emas tadi adalah sisik dari ikan emas itu.

Setelah beberapa hari tinggal bersama, Toba yang sudah jatuh hati pada wanita itu melamarnya menikah dan wanita itu setuju, tapi dengan satu syarat jika dia tak boleh menyinggung asal usul dari wanita itu. Toba pun setuju.

Samosir Tumbuh menjadi Anak yang Nakal

Setahun kemudian, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki yang mereka beri nama Samosir. Anak itu sangat dimanjakan ibunya yang mengakibatkan anak itu bertabiat kurang baik dan pemalas. Selain itu Samosir badannya gendut dan suka makan serta selalu lapar.

Suatu hari Samosir diminta ibunya mengantarkan makanan untuk sang ayah, Toba. Di tengah perjalanan, Samosir merasa lapar dan tanpa pikir panjang Samosir memakan makanan untuk ayahnya.

Sang ayah yang kelaparan terkejut melihat makanannya telah sedikit. Toba merasa sangat marah akan kelakuan Samosir dan melupakan janji pada istrinya. Tanpa pikir panjang Dia mengumpat dan menyebut Samosir sebagai anak ikan yang tak tahu diuntung.

Baca Juga : Legenda Lutung Kasarung

Janji dilanggar Sang Putri Kembali Menjadi Ikan.

images 22 copy 1280x736 min

Mendengar cerita anaknya samosir, si ibu sedih sekali, karena suaminya sudah melanggar sumpahnya dengan kata-kata cercaan kepada anak mereka.

Si ibu akhirnya menyuruh Samosir untuk mendaki bukit yang terletak tidak begitu jauh dari rumah mereka dan memanjat pada pohon kayu tertinggi yang terdapat di puncak bukit.

Tanpa bertanya lagi, Samosir langsung mematuhi perintah ibunya dan segera pergi berlari-lari menuju ke bukit tersebut dan mendaki pada pohon di puncak tertinggi.

Pak Toba yang menyesal telah melanggar janji pada istrinya berlari menuju ke rumahnya, tapi istri dan anaknya sudah pergi. Tiba – tiba bencana besar datang. Air keluar dengan sangat deras dari dalam rumahnya. Dia melihat istrinya melompat ke dalam air itu dan berubah kembali menjadi ikan.

Pak Toba tak bisa menyelamatkan dirinya, ia mati tenggelam oleh genangan air. Lama-kelamaan, genangan air itu semakin luas dan berubah menjadi danau yang sangat besar yang di kemudian hari dinamakan orang Danau Toba. Sedangkan pohon kecil berubah menjadi pulau yang dinamakan pulau Samosir.

Dan itulah sobat kisah Legenda Terbentuknya Danau Toba dan Pulau Samosir. Semoga dengan ini kita bisa mendapatkan pelajaran yang berharga untuk selalu menepati janji.

Sampai jumpa di kisah – kisah menarik lainnya.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks